Lirik Spesifikasi Citroen e-C4, Calon SUV Listrik Baru di Indonesia

  • 2022/10/Citroen-e-C4-Electric-4.jpg
  • 2022/10/Citroen-e-C4-Electric-6.jpg
  • 2022/10/Citroen-e-C4-Electric-3.jpg
  • 2022/10/Citroen-e-C4-Electric-5.jpg
  • 2022/10/Citroen-e-C4-Electric-2.jpg
  • 2022/10/Citroen-e-C4-Electric-1.jpg

JAKARTA, Carvaganza - Kembalinya merek Citroen ke pasar Indonesia akan disertai dengan dibawanya model elektrifikasi mereka. Di antara beberapa model yang telah dijanjikan, PT Indomobil Wahana Trada sebagai distributor resmi Citroen, mengumumkan akan memasarkan e-C4 di Indonesia, mulai tahun depan.

Pada perkenalan kembalinya, Selasa (4/10/2022), Citroen memperlihatkan tiga model yang cukup meyakinkan. Mulai dari New C3, C5 Aircross dan mobil listrik e (aslinya dengan karakter ë)-C4. Model terakhir ini cukup menarik, sebab menjadi cara Citroen memperlihatkan keseriusannya di segmen kendaraan listrik.

Model e-C4 pertama kali diperkenalkan pada Juni 2020, dan ditawarkan secara resmi setahun kemudian di 2021. Model ini menemani varian non elektrik, bensin dan diesel, C4 yang juga ditawarkan di waktu yang sama. Selama enam bulan penjualannya, C4 sudah menarik minat lebih dari 30.000 konsumen di benua Eropa. Kehadirannya di Indonesia, jika benar akan ditawarkan, akan menjadi catatan tersendiri di luar benua biru tersebut.

Citroen e-C4

Eksterior

Bicara desain, Citroen mengungkapkan bentuk C4 adalah pendekatan revolusioner untuk model hatchback. Citroen C4 sendiri memang mulanya adalah produk hatchback dan sudah hadir sejak 1928 dan kini pada model generasi ke-10 ini, pendekatan hatchback yang kompak tetap dipertahankan tentu ditambah bumbu SUV agar terkesan modern.

Baca Juga: Citroen Resmi Comeback ke Indonesia, Siapkan 5 Model Baru

Desainnya mengedepankan aura Eropa. e-C4 terlihat elegan,  garis desainnya fluid, dan dinamis. Selain itu karakter tangguh juga kekuatan SUV hadir pada penggunaan ban berukuran besar dan bodi berotot hampir di seluruh bagian. Ukuran dimensi panjangnya 4.360 mm, lebar 1.800 mm, tinggi 1.525 mm dengan sumbu roda sejauh 2.670 mm dan jarak pijak ke tanah 156 mm. 

Bagian depannya hadir desain V-shape khas Citroen dengan penempatan lampu DRL yang tinggi di ujung kap mesin. Penerangan utamannya menggunakan LED tiga modul berukuran besar serta tambahan fog lamp juga dengan LED di bagian bumper depan bagian bawah. Bentuk depannya ini terinspirasi dari mobil konsep CXPerience dan Ami One yang juga menjadi dasar desain untuk model C3. Kap mesinnya menghadirkan garis tebal serta ambahan lower skirt berwarna hitam doff dan air intake dengan detail berbentuk chevron di depan membuat tampilannya terkesan futuristik juga tangguh.

Soal kaki-kaki C4 elektrik ini menggunakan velg berukuran 18 inci. Kesan sportynya juga didapat berkat wheel arch berwarna hitam yang menegaskan bentuk bodi kendaraan di bagian samping. Garis pada atap yang melandai hingga ke kaca belakang memperlihatkan sisi aerodinamis kendaraan ini. Belakangnya juga ditambah dengan spoiler menegaskan kesan sporty. Stoplampnya juga menggunakan LED V-shaped yang ikonik plus C4 menawarkan ruang bagasi dengan ukuran 380 liter.

Citroen e-C4

Interior

Masuk ke interior, kesan futuristik cukup terasa. Ini terlihat dari desian dashboard yang clean juga modern dengan beberapa ruang penyimpanan dan tentunya sentuhan material soft touch untuk kesan premium. Hadir juga fitur Smart Pad Support dimana penumpang baris pertama dapat menempatkan tablet miliknya sebagai layar hiburan tambahan. Ini membuat pengemudi tidak terganggu dengan keperluan hiburan pada layar utama. Selain itu desain dashboardnya seperti melebar hingga ke panel pintu, membuat kesan perlindungan selama berkendara. 

Fitur

Area konsol tengahnya nampak lebih tinggi yang mempertegas status hatchback kompak. Pada detail interior terdapat grafis pola chevron di bagian dashboard. Hadir juga pola di bagian jok, dengan perpaduan warna yang diberikan pada trim panel. Pewarnaan hitam gloss didapat di lingkar kemudi, ventilasi AC, panel instrumen, dan tombol pengaturan AC dan infotainment. Layar 10 inci borderless membuat tampilannya makin modern. Layar ini memperlihatkan informasi seputar kendaraan termasuk soal status baterai dan jarak yang masih bisa ditempuh. Saat kendaraan mengisi daya, layar ini memperlihatkan informasi seperti waktu pengisian daya, jarak tempuh terkini dan kecepatan pengisian daya. Head unit ini juga menawarkan sambungan telepon genggam Android Auto dan Apple CarPlay juga kemampuan menampilkan navigasi, pesan serta perintah suara.

Baca Juga: Hyundai Buka Dealer Baru di BSD, Langsung Gelar Promo

Soal fitur keselamatan, e-C4 menawarkan fitur ADAS terkini. Sebut saja kehadiran fitur adaptive cruise control dengan stop and go, collision risk alert, active safety brake, highway driver assist. Masih ada fitur head up display berwarna, keyless entry and start, extended traffic sign detection, park assist, kamera mundur dengan berbagai sudut pandang, electric parking brake, trailer stability control, hill start assist, fog light cornering function, dan bay parking assistance. Hadir juga fitur lane departure warning, coffe break alert, driver attention alert, bling spot monitoring system, kamera 360, juga intelligent beam headlight.

Citroen e-C4

Powertrain

Kini bicara mengenai sisi performa. Citroen e-C4 mengusung baterai lithium-ion berukuran 400 v 50 kWh. Motor listriknya menghasilkan tenaga 136 hp dan torsi 260 Nm dengan kecepatan maksimum 150 km per jam dan catatan diam sampai 100 km per jam dalam waktu 9,7 detik. Berdasarkan klaim WLTP, jarak tempuhnya mencapai 350 kilometer. 

Soal waktu pengisian daya, lewat SPKLU dengan daya lebih dari 100 kW dapat mengisi baterai dari kosong ke 80 persen dalam waktu 30 menit. Pengisian lewat wall box 32 A akan memakan waktu lima jam sampai tujuh jam 30 menit. Pada pengisian daya lewat soket rumahan, mencapai 15 jam untuk high power soket dan 24 jam untuk soket standar.

Harga

Pertanyaannya kini soal harga. Belum ada harga resmi dari model listrik ini namun di Inggris, e-C4 ditawarkan mulai Rp 530 jutaan. Pastinya jika tiba di Indonesia, harganya akan lebih dari itu.

Vincent Cobee, CEO Citroen Indonesia, mengungkapkan Indonesia adalah pasar potensial. Pihaknya akan menghadirkan beragam model termasuk kendaraan di bawah Rp 300 jutaan.

“Dari semua segmen itu kami ingin tetap memberikan kualitas terbaik, teknologi tercanggih dan kenyamanan tertinggi,” ucap Cobee di acara perkenalan.

Pihak Indomobil yang sudah dikenal dengan beragam bisnis otomotifnya juga yakin Citroen akan menghadirkan produk terbaik, termasuk layanan purna jual andal untuk membangun merek di Indonesia.
(SETYO ADI / WH)

Baca Juga: Model Baru Lexus Siap Beri Kejutan di Black Panther: Wakanda Forever

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature