Beranda Features Lewat 992 Carrera S, Porsche Kenang Kedatangan 911 Pertama di Australia

Lewat 992 Carrera S, Porsche Kenang Kedatangan 911 Pertama di Australia

STUTTGART, Carvaganza.com – Edisi sangat terbatas di merek sportscar identik dengan peningkatan performa. Tapi tidak bagi Porsche Australia. Bertajuk ‘1965 Reimagined’, dua model 911 generasi 992 dikenalkan sebagai penghormatan kepada Neunelfer paling pertama di Negeri Kangguru 55 tahun lalu. Dibuat menyerupai lewat program Porsche Exclusive Manufaktur.

Adalah 911 berkelir Stone Grey lansiran 1965 menjadi Porsche 911 pertama yang mendarat di Australia. Hal visual pun dikonfigurasi dalam tubuh 992 Carrera S agar menyerupai, terutama lewat skema warna. Bikin model teranyar melenggok sebagai interpretasi modern dengan kombinasi teknologi terkini. Stone Gray mungkin tidak ada di palet modern, namun Crayon dianggap menjadi pilihan ekuivalen 2020.

Di samping kelir tubuh, set sepatu pun turut mengikuti. Ia mengenakan pelek 20/21 inci Carrera Exclusive Design, menutup kaliper rem hitam persis gebyuran cat 1965. Rancangan eksterior versi modern kemudian disudahi oleh SportDesign side skirt, spion sewarna bodi, dan lis mengilap. “Konsepnya mengacu pada 911 keluaran 1965, mengimajinasikan apa yang dapat kami lakukan pada 2020,” komentar Dean Williams, New Vehicle Sales Manager Porsche Centre Melbourne.

Interior model pertama 911 di Australia sendiri mengenakan paduan warna klasik. Bangku dibungkus kulit berwarna hijau, dikombinasi aksen kayu Maple Yellow di dasbor. Sebuah kombinasi unik yang sudah sangat jarang ditemui lagi. Bahkan ditemani pula oleh lingkar kemudi kayu. Mungkin nuansa seperti ini agak sulit untuk direplikasi.

Kendati begitu bukan tidak mungkin dieksekusi. Improvisasi modern memanfaatkan Agave Green Club Leather, membungkus sport seat elektris dengan pengaturan 14 arah. Lengkap sabuk pengaman senada, jahitan Crayon, berikut emboss lambang Porsche di headrest. Tajuk ‘1965 Reimagined’ dituliskan pada pelindung door sill sekaligus memancarkan cahaya (illuminated). Nah, tak ketinggalan aplikasi elemen kayu dekoratif, ditutup oleh panel Paldao Dark.

Jelas enjin enam silinder Aircooled dan transmisi opsional manual 5-speed tidak dibawa. Dengan basis Carrera S, 992 ‘1965 Reimagined’ menggendong pemacu flat six twin-turbo di buritan. Imbuhan S menandakan ekstraksi lebih dari Carrera standar. Catatkan tenaga 450 PS pada 6.500 rpm dan torsi puncak 530 Nm sejak 2.300 rpm. Penyaluran terlaksana ke roda belakang lewat girboks Porsche Doppelkupplung (PDK) 8 percepatan.

Dua model saja diciptakan sebagai selebrasi 55 tahun Porsche 911 pertama di Australia. Tersedia via Porsche Centre Melbourne dan Porsche Centre Sydney South yang merupakan partner khusus Porsche Exclusive Manufaktur. Keduanya menjamin kompetensi tinggi bila menyoal opsi kustomisasi. Disebutkan bakal adal model 992 eksklusif lainnya di sana pada bulan mendatang.

Neunelfer Pertama Australia

Porsche 911 paling pertama di Negeri Kangguru dimiliki oleh penggembala Ron Angas. Dikirim oleh distributor Norman Hamilton pada 1965. Pemesanan sebenarnya dilakukan untuk model enam silinder teranyar Porsche pada 1964: 901. Namun ketika sampai di tahun berikutnya, penamaan diubah menjadi 911 lantaran tersangkut kasus merek dagang dengan Peugeot.

Tepatnya 1 September 1965 sampai ke rumah Angas. Diracik sesuai keinginannya seperti cat Stone Grey, transmisi opsional manual 5 speed, dan modifikasi silencer. Berkat modifikasi, output diketahui meningkat 4 PS menjadi 135,86 PS. Selain tunggangan harian, 911 ini juga sering ‘olahraga’ di sirkuit hillclimb ‘Collingrove’.

Dari Angas kemudian berpindah tangan ke kawannya, Roy Wilson pada 1969. Kala itu sang 911 berkelir abu sudah menempuh jarak sekitar 86,9 ribu km (54 ribu mil). Nah, penggemar Porsche asal Adelaide, Stewart Kay, melihat keberadaan 911 di rumah Wilson pada akhir 1980-an. Diketahui waktu sedang mewawancarai Wilson untuk menyelesaikan tugas kuliahnya. Diselidiki terbukti merupakan salah satu 911 setir kanan yang pertama dibuat. Baru pada 1992 ia sukses meminang sang Neunelfer tertua Australia itu.

Orisinalitas bertahan meski telah berpindah tangan dua kali. Bahkan dokumen komplet seperti buku manual dan servis serta kunci bawaan. Hingga saat ini sang Neunelfer masih dimiliki Kay dan menempati museum di The Bend Motorsport Park, bagian Selatan Australia.

Sumber: Porsche

AHMAD KARIM

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

TEST DRIVE: Nissan Kicks e-Power, Maximum Trip Ke Timur Jawa (Bagian 2)

JAKARTA, Carvaganza.com - Dalam pengujian Maximum Power bersama Nissan Kicks e-Power, kami mencoba mencari jawaban atas pertanyaan; Apakah benar ia adalah crossover terhebat? Atau...

Toyota Virtual Expo, Beli Mobil Berhadiah Kalung dan Emas

JAKARTA, Carvaganza -- Toyota makin gencar melakukan strategi pemasaran lewat digital selama masa pandemi Covid-19. Kali ini, Toyota menggelar Toyota Virtual Expo berskala nasional...

Mercedes-Benz GLA & GLB Terbaru Meluncur, Lengkapi Line-Up SUV di Indonesia

JAKARTA, Carvaganza.com – Keluarga model SUV kompak Mercedes-Benz di Indonesia semakin lengkap, dengan resmi hadirnya dua model baru. Generasi baru Mercedes-Benz GLA telah meluncur...

Tesla Kembangkan Baterai Baru Demi Mobil Listrik Murah

SAN CARLOS, Carvaganza.com – Sebagai salah satu pionir di pasar otomotif elektrifikasi, Tesla Motors mengumumkan sedang mengembangkan teknologi baru. Inovasi yang tengah dikembangkan ini...

TEST DRIVE: Nissan Kicks e-Power, Maximum Trip Ke Timur Jawa (Bagian 1)

JAKARTA, Carvaganza.com - Nissan Indonesia kini punya strategi baru. Tahun lalu, di Hong Kong, rencana besar mereka untuk Indonesia di 2020 adalah merilis model...