Lengkapi Versi Hybrid, Honda CR-V PHEV Mendebut Di Pameran Beijing

BEIJING, Carvaganza.com – Ketika Indonesia masih sibuk dengan pandemi COVID-19, Cina sudah berencana menggelar pameran off-line otomotif. Bukan lagi secara virtual, melainkan sebuah kegiatan mengumpulkan crowd.

Gelaran otomotif tersebut adalah Beijing International Automotive Exhibition 2020 yang bakal digelar pada 26 September – 5 Oktober nanti. Diselenggarakan di China International Exhibition Center di Beijing, ibukota negeri Tirai Bambu.

Honda Motor (China) Investment Co., Ltd., anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Honda di Cina, berpartisipasi pada event itu. Keikutsertaan ini merupakan pameran pertama yang diikuti Honda China di masa pandemi.

Baca juga: SUV JDM Sejati, Honda CR-V Black Edition Tampil Sangar



Honda China bakal menampilkan mobil konsep untuk pertama kalinya di dunia mobil EV pertama yang akan diproduksi secara massal di masa yang akan datang. Honda China juga akan menampilkan Honda CR-V PHEV yang merupakan mobil pertama Honda yang dilengkapi sistem plug-in hybridAtkinson yang akan diperkenalkan di Cina. Kemungkinan besar model ini akan diproduksi oleh Dongfeng Honda di Wuhan, Cina. Namun belum ada informasi resmi mengenal hal ini.

Kehadiran CR-V PHEV ini merupakan untuk pertama kalinya dan bisa jadi merupakan strategi merebut pasar mobil listrik di Cina yang memang besar. Sebelum lompat ke PHEV, Honda sudah meluncurkan CR-V versi hybrid. Kendaraan yang memadukan mesin konvensional dengan motor listrik ini mengadopsi mesin bensin Atkinson-cycle 4 silinder segaris 2.0 liter.

Rasio kompresinya sama dengan Accord Hybrid yaitu 15,5:1 dan memakai sistem resirkulasi saluran gas buang yang baru. Mesin konvensional dan dua motor listriknya mampu menghasilkan total tenaga 212 hp dan torsi puncak 315 Nm. Sama dengan Accord Hybrid.

Baca juga: TEST DRIVE - Rayakan Ultah Honda CR-V Turbo, Jalan-Jalan Jakarta-Ciwidey

 



Baca juga: Honda CR-V Hybrid, The Hybrid Sensation

CR-V Hybrid ini merupakan versi performamce dari CR-V karena tenaga yang dihasilkan di atas 190 hp dan torsi 143 yang dihasilkan oleh mesin 1.5 liter turbo.

Lantas merujuk pada CR-V PHEV,  sejauh mana tenaga dan torsi yang dihasilkan oleh kendaraan tersebut? Honda belum mengeluarkan informasi secara detail. Baru akan disiarkan kepada publik pada pameran di Beijing nanti. Tentunya kehadiran versi plug-in ditunggu-tunggu oleh konsumen dan kalangan otomotif, terutama mereka ingin tahu teknologi yang bakal disandang.

Honda sendiri telah berkomitment untuk menghasilkan 20 model kendaraan elektrik sampai tahun 2025 mendatang. Salah satunya adalah CR-V PHEV yang diluncurkan di Cina.

Pada event Beijing ini, Honda China juga akan menampilkan sejumlah model mobil listrik, serta model mobil terbaru lainnya. Selain membawa booth Honda, pabrikan Jepang ini bakal mengusung booth Acura. Booth ini juga akan menampilkan berbagai model produksi massalnya.

Baca juga: Honda CR-V Facelift, Tampilannya Makin Gaya

Sehubungan dengan pandemi COVID-19, pabrikan Honda dan Acura akan mematuhi pedoman yang diberikan pemda setempat dan penyelenggara. Juga akan memberlakukan langkah-langkah perlindungan secara menyeluruh sehingga event berlangsung dengan aman.

EKA ZULKARNAIN

 

Artikel yang direkomendasikan untuk anda