Lebih Buas Dari Bugatti Veyron, Lamborghini Huracan Paling Kencang Di Dunia Ini Road Legal

JAKARTA, Carvaganza.com – Belum lama ini Lamborghini menampilkan Huracan STO, versi yang dibuat setelah mengadopsi teknologi hasil pengalaman balap Lamborghini selama ini. Menghasilkan tenaga sekitar 630 hp dan paket aerodinamika ekstrim di sekujur tubuh STO adalah Huracan paling buas yang boleh melintas di jalan raya.

Tetapi rumah modifikasi asal Norwegia benrama Zyrus Engineering punya pendapat berbeda. Penghujung 2020 lalu mereka memperkenalkan karya terbarunya, LP1200 Strada. Hypercar yang mereka tampilkan itu sebetulnya adalah Lamborghini Huracan LP640-4 yang sudah disuntik steroid. Meskipun agak sulit mempercayai wujudnya yang berotot ini adalah Lamborghini Huracan yang sudah dipasangi bodi kit sedemikian rupa. LP1200 karya Zyrus Engineering dibuat hanya dengan satu tujuan, kencang!



Lamborghini Huracan LP640-4 bukanlah mobil yang punya bobot berat. Produsen supercar asal Italia itu telah menghabiskan jutaan dolar untuk meriset bagaimana caranya mengurangi bobot kendaraan. Walaupun begitu Zyrus ternyata masih bisa mengurangi bobot mobil ini hingga 77 kg. Zyrus mengganti lebih dari 600 komponen standar dengan komponen baru yang diciptakan dari material spesial serta proses konstruksi yang seluruhnya dikerjanan dengan tangan.

Rumah modifikasi asal Norwegia itu mempertahankan mesin 5,2 liter twin-turbo V10 Huracan dan menyulapnya hingga menghasilkan tenaga 1.200 hp. Tenaga sebesar itu hampir dua kali lipat dari outpun Lamborghini Huracan 640-4 yang hanya 631 hp (640 PS). Tapi tentu sia-sia performa sehebat itu kalau dipakai di jalan raya. Makanya agar tak terlalu brutal digunakan di jalanan umum, ada tombol yang kalau dipencet membuat tenaganya menurun sampai 900 hp saja.



Zyrus Engineering memang tak merilis catatan akselerasi 0-100 km/jam LP1200 Strada. Jelasnya sih sudah pasti lebih cepat dari Huracan 640-4 Performante yang mencatat 2,2 detik. Kecepatan maksimumnya tentu juga lebih tinggi dari 325 km/jam milik Huracan 640-4 Performante.

Ada paket aerodinamika termasuk sayap berukuran raksasa di belakang yang menghasilkan downforce maksimum hingga 2 ton saat melintas kencang di sirkuit. Hebatnya, walaupun sudah melewati banyak tahapan modifikasi ekstrim, Zyrus Enginneering tetap mampu membuat LP1200 Strada legal digunakan di jalan raya.

Lantas berapa harganya? Zyrus Engineering membanderol LP 1200 Strada US$ 727 ribu atau sekitar Rp 10,2 miliar kalau dikurskan ke Rupiah saat ini. Harganya ini jauh lebih mahal bahkan dari Huracan STO sekalipun yang harganya saja sudah mencapai US$ 327 ribu atau sekitar Rp 4,6 miliar.
RIZKI SATRIA



Baca juga: Setingkat Lebih Ekstrem, Lamborghini Huracan STO Siap Pecahkan Rekor Lap Time

Artikel yang direkomendasikan untuk anda