Lamborghini Huracán STO Gunakan Bridgestone Potenza Sebagai Ban OE

JAKARTA, Carvaganza -- Lamborghini baru saja mengumumkan supersport car terbarunya yang diberi nama Lamborghini Huracan STO (Super Trofeo Omologata). Mobil yang rencananya akan dipasarkan resmi pada 2021 mendatang dilengkapi serangkaian perangkat kelas satu. Salah satunya penggunaan ban yang menunjang. Lamborghini telah memilih Bridgestone sebagai pemasok ban resmi mereka.

Bridgestone menciptakan ban Potenza yang dirancang khusus untuk Huracán STO milik Lamborghini. Ban Potenza tersebut mampu memaksimalkan traksi, handling, kontrol dan keseluruhan performa ekstrim dari mobil supersport terbaru ini. Seperti halnya Huracán STO, ban Potenza milik Bridgestone merupakan sebuah perpaduan yang sempurna antara teknologi dan desain yang menawan.

“Merupakan sebuah kebanggaan bagi tim Bridgestone untuk dapat bekerja sama dengan Lamborghini pertama kalinya dalam sebuah projek yang besar,” ujar Steven De Bock, VP Consumer Replacement Bridgestone EMIA.

“Huracán STO merupakan sebuah hasil karya luar biasa yang pantas mendapatkan ban yang mampu memaksimalkan performa mobil. Dapat saya katakan bahwa Bridgestone sangat bangga untuk dapat menciptakan ban dengan performa tinggi. Kami senang dapat terlibat dalam sebuah projek yang mengedepankan kecanggihan teknologi dalam banyak hal,” tambahnya.

Kunci keberhasilan sebuah ban dalam memaksimalkan performa mobil supersports adalah penggabungan antara desain pola dan rongga telapak ban serta penggunaan teknologi paling canggih. Ban Potenza dilengkapi dengan pola telapak asimetrik yang dapat meningkatkan respon kemudi dan stabilitas saat menikung. Kelebihan-kelebihan tersebut dipadukan dengan teknologi kompon terbaru yang dapat memaksimalkan daya cengkram dari Huracán STO sehingga memberikan sensasi balap bagi pengguna di jalan raya.

Dalam pengembangannya, Bridgestone mengkombinasikan metode pengujian secara virtual serta integrasi performa ban dalam sistem kendaraan melalui metode virtual simulator dilakukan dalam rangka menemukan pasangan yang cocok bagi Lamborghini. Seluruh proses pengembangan dari awal hingga akhir terbukti lebih efisien dan mengurangi dampak negatif bagi lingkungan.

Lamborghini Huracan STO 2021

Huracan STO


Lamborghini Huracan STO merupakan supercar yang terinspirasi oleh mobil balap Huracán Super Trofeo EVO dan Huracán GT3 EVO. Dengan mesin V10 bertenaga 640 dk dan 565 Nm pada 6.500 rpm, penggerak roda belakang Huracán STO memberikan akselerasi dari 0-100 kpj dalam waktu 3,0 detik, 0-200 kpj dalam 9,0 detik dan kecepatan tertinggi 310 kpj.

"Huracán STO adalah warisan dari Lamborghini Squadra Corse, yang secara langsung mentransfer teknologi dari Huracan Super Trofeo EVO dan menggambarkan pencapaian unik Huracán GT3 EVO dengan memenangkan tiga kali berturut-turut di Daytona 24 jam," kata Chairman dan CEO Automobili Lamborghini, Stefano Domenicali.

Seperti juga produk Lamborghini lainnya, Huracán STO menampilkan desain eksterior yang baru, merevisi profil Lamborghini yang tak ada bandingannya untuk mengoptimalkan aliran udara.

Lamborghini Huracan STO 2021

Ada teknologi menarik yang diterapkan. Kap depan, spatbor, dan bemper depan terdiri dari satu komponen tunggal: 'cofango' yang dibuat oleh insinyur Lamborghini menggabungkan 'cofano' (kap) dan 'parafango' (fender) termasuk bemper depan, yang terinspirasi oleh Lamborghini Miura dan lebih baru Sesto Elemento.

Hasilnya, saluran udara baru di kap depan meningkatkan aliran udara melalui radiator pusat untuk meningkatkan pendinginan engine serta membantu menghasilkan downforce. Cofango juga menggabungkan splitter depan baru, mengarahkan aliran udara ke bagian bawah bodi mobil yang baru dirancang dan ke diffuser belakang.

Di bagian interior, Lamborghini Huracan STO mencerminkan kepribadian ringan dari eksterior. Tampilannya sangat sporty klas supersport. Pabrikan menggunakan ekstensif fitur serat karbon di seluruh kokpit, termasuk kursi sport dalam serat karbon penuh.

RAJU FEBRIAN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda