Beranda Features Kisah Evolusi VW Golf Hatchback 1974 – 2021 (Bagian 2)

Kisah Evolusi VW Golf Hatchback 1974 – 2021 (Bagian 2)

WOLFSBURG, carvaganza.com – Setelah kehadiran Country menggetarkan pasar dengan gaya off-road, pada tahun 1991 Golf memasuki generasi ketiga. Tepatnya pada Agustus 1991. Mk3 ini untuk pertama kalinya dibekali dengan diesel Turbocharged Direct Injection (TD) dan mesin VR6 2.8 liter. Salah satu variannya yang terkenal pada generasi ketiga adalah VW Golf VR6 GTI 1995.

Volkswagen Golf VR6 1995 (MkIII)
Di bawah kap mesin terpasang engine VR6. Mesin dibuat lebih kompak namun tenaga lebih besar. Bertenaga 172 hp, VR6 GTI dianggap lebih ‘hot’ dari GTI sebelumnya. Bagi pasar Amrik, kehadiran VR6 menjadi angin segar meskipun harganya lebih mahal daripada VW Corrado.

Volkswagen R32 2004 (MkIV)
Merupakan bagian dari Golf Mk4 yang diproduksi secara terbatas. Kelebihannya selain mesin VR6 dan AWD, ia juga disediakan dalam opsi transmisi manual. Tujuannya agar masuk homologasi khusus reli di Jepang.

Kendaraan ini berbagi bushing suspensi depan dan spindle depan dengan Audi TT agar handling dan steering lebih presisi. Meskipun menghasilkan tenaga 240 hp, masih kalah performa dari rival kuatnya seperti Mitsubishi Lancer Evolution.

Foto: www.motortrend.com

Volkswagen Golf GTI W12-650 (MkV)
Golf generasi kelima ini sangat dicintai car enthusiast. Penyempurnaan yang dilakukan pabrikan luar biasa, tak heran mendapat banyak pujian. Tapi mobil yang Anda sedang tatap sekarang bukanlah GTI 2006, namun mobil konsep Golf GTI W12-650.

Mobil ini sudah menjadi prototipe dan dipamerkan di GTI Festival di Austria tahun 2007. Jadi bukan sekedar gambar desain belaka. Dibangun dengan basis GTI MkV, mesin W12 terletak di posisi jok belakang. Pabrikan mengklaim menghasilkan tenaga 650 hp dan mampu sprint 0 – 100 km/jam dalam waktu 3,7 detik. Top speed 325 km/jam.

Volkswagen GTD 2012 (MkVI)
Mungkin masih ingat Dieselgate VW? Pasti belum pada lupa. Kasus cheating software emisi mesin diesel oleh pabrikan VW yang bikin gempar otomotif dunia. Salah satu yang terkena dampak adalah  TDI milik VW Golf. Menurut www.motortrend, sebelum mereka tahu kasus ‘clean’ diesel ini, performa kombinasi antara torsi dan konsumsi BBM mesin TDI memang paten.

Termasuk untuk mesin GTD. Apa itu GTD? VW Golf GTI dengan mesin diesel dan merupakan singkatan dari Gran Turismo Diesel. Sebelum skandal ini terkuak, konsumsi BBMnya memang rendah. Tapi setelah terbongkar, konsumsi BBM Golf GTD ternyata tidak sehebat angka cheating. Meski demikian, dengan fascia berkelas dan performa jempolan, mobil ini sangat diperhitungkan.

Volkswagen e-Golf 2017 (MkVII)
Golf generasi ketujuh punya banyak varian yang menarik. Yang paling fenomenal di kalangan enthusiast adalah Golf R. Pilihan ini sulit dipungkiri. Tapi kalau kita melihat ke masa depan industri otomotif, di antara varian generasi ketujuh VW Golf yang juga punya daya pikat adalah VW e-Golf.

Pada awal kehadiran, e-Golf hanya sekadar mobil yang diproduksi untuk memenuhi tuntutan regulasi. Jarak tempuhnya pun masih pendek. Pabrikan mulai memberikan penyempurnaan sentuhan estetika pada e-Golf model tahun 2017. Jarak tempuhnya pun sudah disempurnakan, bisa lebih diterima oleh logika konsumen.

Kemungkinan pabrikan ingin memanfaatkan e-Golf sebagai kendaraan transisi dari era ketergantungan pada engine diesel kepada mobil listrik di masa depan.

Foto-foto: www.motortrend.com

Volkswagen GTI 2021 (MkVIII)
Sebelum ID 3 dan ID 4 merambah ke pasar dunia, mobil bermesin bensin dan diesel seperti Golf generasi ke-8 harus membantu proses transisi ke arah itu. Bodi Golf terbaru ini dianggap yang terbesar sepanjang sejarah evolusi kendaraan tersebut.

Meski bongsor, Golf adalah tetap Golf dan bakal hadir lewat versi GTI juga. Kabarnya bakal dibekali mesin 4 silinder segaris turbo plus versi manual. Dengan mesin listriknya menghasilkan tenaga 240 hp. Versi pasar Eropa dan Amerika akan sama. Penyempurnaan pun akan banyak dilakukan pada bagian interior, di antaranya memakai instrument cluster digital sebagai peranti standar.

Sebagai catatan, ID 3 dan ID 4 adalah kode untuk penyebutan mobil listrik compact segment C yang dimanufaktur oleh Volkswagen dengan platform MEB (Modularer Elektrobaukasten). Penyebutan itu merupakan bagian dari keluarga I.D Series. Mobil konsep I.D pertama kali diperkenalkan kepada publik pada Paris Motor Show 2016. (Tamat)

EKA ZULKARNAIN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Banyak Mobil Listrik Datang ke Indonesia, Sudah Tepat Waktunya?

JAKARTA, Carvaganza.com -  Satu per satu Battery Electric Vehicle (BEV) mulai berdatangan ke Tanah Air. Ada kontestan premium seperti BMW i3s dan Lexus UX...

Kampanye Michelin Safe Mobility 2020, Berbagi Tips Aman Berkendara

JAKARTA, Carvaganza -- Michelin kembali mengadakan webinar dari rangkaian kampanye keselamatan dalam mobilitas atau Michelin Safe Mobility 2020 #AmanBersamaMichelin #Bergerak Aman. Kampanye yang didukung oleh...

TEST DRIVE: MG HS, Fitur Oke dan Punya Cita Rasa Sport (Bagian 1)

JAKARTA, carvaganza - Kehadiran Morris Garage (MG) ke kancah pasar nasional memang sempat dipandang sebelah mata. Pasalnya, ada embel-embel sebagai mobil Tiongkok dan stigma...

F1: Diwarnai Kebakaran Mobil Grosjean, Hamilton Menang di GP Bahrain 2020

SAKHIR, Carvaganza.com – Balapan penuh drama dan insiden terjadi pada seri Formula 1 Grand Prix Bahrain 2020, hari Minggu (29/11/2020). Mulai dari kecelakaan hebat,...

Mobil Konsep Peugeot Gambaran Masa Depan Mobilitas

JAKARTA, Carvaganza -- Peugeot menghebohkan gelaran Geneva Motor Show 2017. Mereka melansir mobil konsep unik yang diberi nama Instinct. Mobil ini langsung menarik perhatian karena...