Beranda EDITOR'S PICKS Kisah Dibalik Kesempurnaan Restorasi Mercedes-Benz 300SL Gullwing

Kisah Dibalik Kesempurnaan Restorasi Mercedes-Benz 300SL Gullwing

LONDON, carvaganza.com – Tak ada kata menyerah bagi kalangan kolektor untuk merestorasi mobil. Apalagi kalau mobil itu kendaraan vintage yang bernilai tinggi. Apapun dilakukan untuk mengembalikan kondisi mobil seperti semula dengan part orisinilnya. Meskipun mungkin cara restorasinya pakai jalan yang agak berbeda.

Salah satu mobil klasik yang harganya selangit adalah Mercedes-Benz 300SL Gullwing. Sportscar dua penumpang ini diproduksi oleh Mercedes-Benz dengan model coupe gullwing tahun 1954 – 1957 dan roadster (1957 – 1963).  Memakai kode chassis W 198, pengembangannya berbasiskan pada W 194 tahun 1952.  SL sendiri merupakan singkatan dari ‘super-light’, yang memang dibuat sebagai mobil khusus balap dengan konstruksi rangka tubular alias pipa yang enten.

Dulu sih masih dianggap sebagai sportscar klasik biasa. Tapi setelah harga pasarannya meledak sampai kisaran US$ 1,5 juta, kendaraan ini masuk kategori mobil klasik luar biasa.

Baru-baru ini ada mobil  300 SL Gullwing coupe 1954 yang bikin gempar jagat otomotif klasik. Dinilai oleh banyak kalangan merupakan mobil dengan hasil restorasi  poin 100 alias sempurna. Direstorasi oleh pemiliknya lewat tangan spesialis bengkel restorasi mobil klasik dan vintage terkenal di Inggris, Thornley Kelham. Bahkan digadang-gadang berpeluang menjadi yang terbaik di kontes mobil klasik super mewah, Pebble Beach Concours d’Elegance.

Baca juga: Wow, Mobil Klasik Rolls-Royce Phantom V 1961 Diubah Jadi Mobil Listrik

Mobil klasik tersebut milik seorang anggota dewan juri Pebble Beach yang tak disebutkan namanya. Sebelum sampai ke Inggris, kendaraan ini punya kisah yang sangat menarik.

Sebelum masuk London tahun 1981, mobil menghabiskan waktunya cukup lama di Prancis. Waktu tahun itu,  300SL Coupe masih dalam kondisi bagus.  Tapi banyak komponennya yang tidak orisinil, misalnya lampu depan dan belakang memakai bawaan dari model Roadster.

Mobil juga pernah penyok karena kecelakaan.Setelah di tangan sang juri yang juga kolektor,  300SL diserahkan ke Thornley Kelham untuk direstorasi. Kelham dikenal sebagai spesialis restorasi mobil vintage terkenal di UK, berlokasi di bilangan Cirencester.

Kelir bodi Horizon Blue

Sang pemilik berpesan agar mobil direstorasi “sesempurna mungkin, seluruh komponen presisi sesuai tahun pembuatan dan boleh dicat apa saja kecuali silver.” Padahal silver merupakan warna asli 300SL. Untungnya chassis tubular 300 SL model coupe ini masih dalam kondisi bagus, tapi beberapa komponen mekanis, termasuk mesin, harus direbuild karena pemakaian dan usia.

Mesin dan sektor drivetrain harus dibersihkan dan ditata lagi dari nol agar betul-betul seperti baru. Sejumlah komponen diganti agar mobil bisa jalan lagi. Bumper yang lama dibuang, diganti dengan yang baru yang dibuat sendiri oleh Thornley Kelham yang betul-betul mirip dengan orisinalnya baik dari sisi material maupun finishing.

Baca juga: Gemar Mobil Klasik, Ini Dia 25 Mobil Koleksi Kid Rock Yang Unik

Akhirnya setelah melakukan pemilihan warna, dipilihlah kelir Horizon Blue yang presisi sesuai tahun pembuatannya. Interior pun di tata ulang dengan menggunakan opsi material bukan kulit dan dipilih warna senada dengan cat eksterior. Sang pemilik memang tidak mau mengecat mobil dengan warna flagship, silver.

“Merestorasi Gullwing merupakan tanggung-jawab besar. Dan Merestorasi Gullwing untuk juri Pebble Beach Concours d’Elegance memang bikin agak tertekan,” ujar Simon Thornley, co-founder Thornley Kelham. “Kalau kita merestorasi mobil langka dan ikonik seperti ini, orisinalitas dan akurasi itu sangat penting.”

Menurut Simon, membutuhkan waktu ratusan jam untuk mengerjakan mobil 300 SL klasik ini sampai sedetail mungkin, agar mobil yang direstorasi memenuhi standar yang sama dengan versi orisinalnya dulu. Baik secara tampilan, pada saat dikendarai maupun hasil akhirnya. “Mobil ini sudah dinikmati selama 60 tahun, kami merasa senang bisa memperpanjang usianya sampai beberapa tahun lagi ke depan demi para pemiliknya nanti.”

Untuk diketahui saja, dua tahun lalu sebuah 300SL model roadster keluaran tahun 1957 terjual seharga US$ 1.512.500 di acara lelang Scottsdale di Amerika. Kenapa setinggi itu harganya, karena mobil itu menjadi roadster pertama yang masuk ke AS.

EKA ZULKARNAIN

 

 

 

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Honda HR-V 1.5L Special Edition Jadi Hadiah Indonesia’s Next Top Model 2020

JAKARTA, Carvaganza -- Banyak cara untuk mengenalkan merek dan membuatnya diingat orang. Salah satu yang sering dilakukan para pemegang mereka adalah menjadi sponsor atau...

Honda Resmi Kenalkan City Hatchback, Bakal Gantikan Jazz?

BANGKOK, Carvaganza -- Satu model baru Honda melakukan debut dunia. Lewat Honda Automobile (Thailand) Co., Ltd. All New Honda City Hatchback -- bersama New Honda...

Mobil Sultan, Mercedes-Benz S-Class Terbaru Punya Versi Maybach

STUTTGART, Carvaganza.com – Belum lama lalu, Mercedes-Benz baru saja melansir generasi terbaru untuk S-Class yang semakin canggih dan mewah. Sebagai flagship sedan, tentunya S-Class...

Semakin Mahal, BMW Segera Stop Jual Varian Diesel di Inggris

MUNICH, Carvaganza.com – Segmen dan pasar diesel akan segera ditinggalkan oleh BMW dalam waktu dekat. Baru-baru ini, BMW Group mengumumkan akan menyudahi produksi dan...

Mobil Tanpa Sopir Di Cina Keliling Jualan Ayam Goreng KFC

JAKARTA, Carvaganza.com – Banyak yang beranggapan kalau pandemi Coronavirus bikin perkembangan mobil otonom ikutan digembleng belakangan ini. Tentu saja perkembangan teknologi masih sepenuhnya diarahkan...