Beranda EDITOR'S PICKS Gemar Mobil Klasik, Ini Dia 25 Mobil Koleksi Kid Rock Yang Unik

Gemar Mobil Klasik, Ini Dia 25 Mobil Koleksi Kid Rock Yang Unik

JAKARTA, Carvaganza.com – Robert James Ritchire atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kid Rock atau kadang-kadang Bobby Shazam adalan seorang penyanyi Amserika Serikat. Musisi ini menggemari banyak genre musik, mulai dari rock, hip hop, country, metal sampai musik klasik.

Saking cintanya pada musik klasik, pada 2011 rocker kelahiran Michigan ini sampai mengadakan konser musik klasik. Pada saat itu Detroit Symphony Orechestra sempat mengalami kesulitan keuangan, berkat konser amal yang digalan Kid Rock, ia telah menyelamatkan masa depan musik klasik di Detroit.

Kecintaannya pada hal-hal yang berbau klasik juga rupanya mempengaruhi kegemaran Kid Rock saat membeli mobil. Begini, kalau kecintaan Kid Rock pada dunia otomotif tak usah diragukan lagi. Pasalnya ayahnya adalah seorang pemilik beberapa showroom mobil di Michigan. Tak aneh kalau sang anak punya kegemaran yang tak jauh-jauh dari mobil. Sudah jelas hypercar dan supercar sepert Bugatti serta Ferrari tak kelupaan diboyong ke garasi rumahnya.

Tapi yang paling menarik, Kid Rock suka mengumpulkan muscle car klasik dan mobil vintage. Tak Cuma itu, ia juga memiliki sejumlah kendaraan offroad hingga pickup bergaya vintage. Beberapa diantaranya bahkan dimodifikasi di bengkel modifikasi terkenal. Nah kalau Anda penggemar mobil berotot khas Amerika dan penggemar mobil vintage yang unik, wajib simak 25 koleksi Kid Rock berikut ini.

25. Chevrolet Camaro SS 2011

Tak banyak orang yang mendapat hadiah ulang tahun berupa American muscle car. Tapi nama besar Kid Rock memicu Chevrolet menghadiahi selebriti yang juga pernah beberapa kali membintangi layar lebar ini satu unit Camaro SS. Hebatnya lagi, hadiah ini diserahkan oleh pembalap profesional NASCAR Jimmie Johnson pada selebrasi ulang tahun Kid Rock yang ke-40.

Istimewanya Camaro SS milik Kid Rock, seluruh bagian mobil dicat hitam. Tak Cuma bodi, sampai velg dan logo dasi kupu-kupu di grille pun ikutan dikelir hitam. Lalu di pintunya ada nomer 40 lengkap dengan tulisan ‘Made In Detroit’. Ketika itu Kid Rock sangat terkejut sampai-sampai mengira ia sedang dikerjai Johnson.

24. Custom GMC Sierra 1500 4×4

Bukan hal yang tak biasa kalau seorang penyanyi country punya mobil pickup. GMC Sierra Kid Rock dibuat custom khusus untuk dirinya. Truk bermesin 577 hp supercharged itu memiliki emblem spesial ‘Detroit Cowboy’. Walaupun kelihatannya terlalu sayang membawa mobil ini mandi di kubangan lumpur, tapi tetap saja mobil ini dilengkapi kelengkapan offroad. Suspensinya dapat ditinggikan 6-inci. Ban Mikey Thompson Baja ATZ membalut velg offroad Blak Havoc berukuran 35-inci. Mobil ini juga dibekali ornamen spesial Kid Rock seperti bagian kap mesin hingga bempernya.

23. West Coast Custom Cadillac Limousine 1975

Pertama kali keluar dari pabrik pada 1975, Cadillac klasik ini dibekali mesin V8 yang bertenaga 210 hp. Angka yang tak bisa dipandang sebelah mata ketika itu. Versi standarnya saja sudah membanggakan, apalagi mobil ini sudah mendapat sentuhan rumah modifikasi West Coast Custom yang terkenal seantero jagad. West Coast Custom mengecat mobil ini dengan warna hitam yang spesial. Velgnya diganti model klasik yang pas. Lalu bagian dalamnya diberi sentuhan jahitan berwarna emas. Tak ketinggalan tentunya sistem audio dengan televisi 32-inci tersembunyi.

22. Pontiac Bonneville 1964

Siapa yang menoleh ketika melihat mobil ini. Sudah bentuknya begitu retro, di bagian grille terpasang tanduk sepanjang 182 cm. Pontiac Bonneville inilah yang digunakan Kid Rock dalam video klip dari lagu berjudul ‘Born Free’. Mobil buatan tahun 1964 ini punya sejarah yang baik bagi Kid Rock. Awalnya mobil ini punya Audrey Williams, ibunda dari Hank Williams Jr, seorang musisi blues legendaris Amerika Serikat. Kid Rock membelinya seharga US$ 225 ribu atau sekitar Rp 3,3 miliar. Kemudian mobil ini direstorasi oleh Nudie Cohn yang juga seorang modifikator terkenal Amerika Serikat. Dirinyalah yang menambahkan tanduk dan interior menyerupai saddle kuda ala cowboy. Satu lagi, 350 keping koin dolar asli dijadikan ornamen interior.

21. Cadillac V16 1930

Suatu saat Kid Rock pernah mengatakan kalau uang tak bisa membeli selera. Ia menyindir beberapa selebriti yang lebih memilih Lambroghini dengan memberli Cadillac klasik tahun 1930 ini. Ia menilai mobil tua miliknya itu kalau dinilai punya poin sempurna alias ‘100’. Tak ada satupun baret di bodinya. Harga lebih dari setengah juta dolar menjadi bukti bahwa mobil Cadillac ini memang benar layak dijadikan simbol keberhasilan.

20. Slingshot Kid Rock SS-R

Ini juga kendaraan koleksi Kid Rock yang aneh. Sebetulnya Slingshot SS-R adalah sepeda motor roda tiga. Di balik kap mesinnya tertanam mesin 2,4 liter turbocharged yang bertenaga 400 hp. Melihat dari parasnya, tentu saja kendaraan ini menawarkan kesenangan mengemudi yang tiada duanya. Ia dibekali semua komponen yang biasa dipakai pada mobil balap sungguhan. Tak ketinggalan logo Kid Rock di bagian kap mesinnya.

19. Ford GT 2006

Apresiasi Kid Rock pada mobil klasik sungguh tinggi. Salah satu koleksinya Ford GT tahun 2006. Mobil ini memang jarang sekali tertangkap kamera. Alasannya mungkin karena mobil ini sangat langka. Tapi lantaran ayah Kid Rock dulunya salah satu pemilik jaringan diler Ford terbesar di Michigan, agaknya tak sulit baginya untuk mendapat jatah satu unit. Hanya ada 4.038 unit yang dibuat Ford sepanjang masa. Konon salah seorang asisten Kid Rock tertangkap membawa mobil ini ke diler Ford untuk perbaikan.

18. Jesse James-Built Chevrolet Impala 1962

Mungkin inilah kendaraan kedua setelah Pontiac Bonneville yang paling sering dipamerkan Kid Rock. Chevrolet Impala tahun 1962 berkelir biru ini dibangun ulang oleh Jesse James dari Austin Speed Shop dan West Coast Choppers. Selain tampilan vintage dan retronya semakin kental, mobil ini juga punya performa yang beringas. Tenaga sebesar 409 hp dilahirkan oleh mesin V8 di balik moncongnya. Performanya populer di kalangan pembalap drag.

17. Pontiac 10th Year Anniversary Trans Am

Di salah satu film yang dibintangi Kid Rock, Joe Dirt, Kid Rock yang memerankan tokoh Robby terlihat sedang mengendarai Pontiac Trans Am. Di kehidupan nyata, Kid Rock sendiri memiliki Pontiac Trans Am. Malah punyanya lebih bernilai lagi karena versi edisi ulang tahun Pontiac Trans Am yang ke-10. Mobil ini hanya dibuat 7.500 unit saja di seluruh dunia. Miliknya juga punya performa yang lebih dibanding Pontiac Trans Am lainnya. Mobil bertenaga 400 hp ini punya logo Pontiac khusus edisi terbatas yang dijahit di interiornya.

16. Lincoln Continental 1967

Tampil di video klip lagu berjudul ‘Roll On’, mobil buatan tahun 1967 ini jadi bagian dari koleksi Kid Rock yang sering ditampilkan di beberapa pameran mobil. Di video klip tersebut, Kid Rock tampak mengendarai mobil ini di jalanan Detroit mengunjungi sejumlah bangunan bersejarah seperti Stadion Tiger, bekas kandang blub baseball Detroit Tiger. Lincoln Continental sendiri sebetulnya adalah versi sedan empat pintu dari Ford Thunderbird.

15. Chevrolet Silverado 3500 HD

Chevrolet berkolaborasi dengan Kid Rock saat pembuatan mobil ini. Chevrolet Silveradi buatan tahun 2016 dimodifikasi khusus untuk merayakan single terbarunya ketika itu, ‘Born Free’. Konsep mobil ini ditujukan untuk menarik perhatian kelas pekerja di Amerika Serikat. Makanya banyak ornamen chrome di sekujur tubuhnya. Lihat saja velg 22-inci dan step yang juga dikelir chrome. Lantas ditambahkan lagi dengan logo Made In Detroit. Dalam kolaborasi tersebut, Kid Rock diajak menyambangi pabrik Chevrolet di Detroit. Ia menyebut pengalaman tersebut sebagai hal yang tak akan dapat dilupakan.

14. Dukes Of Hazard Dodge Charger 1969

Dikenal sebagai seorang dengan jiwa nasionalisme yang tinggi, Kid Rock juga memiliki versi replika dari mobil ikonik yang dipakai pada serial saga-komedi televisi Dukes of Hazard. Dodge Charger dikenal memiliki top speed yang yang tinggi dan desain yang sangat menggoda. Nah serial televisi Dukes of Hazard ketika itu ikut melambungkan popularitas Dodge Charger di medio 1960-an sampai 1970-an. Menariknya sepanjang 147 episode, serial tersebut telah menghancurkan 325 unit Dodge Charger.

13. Chevrolet Apache 1957

Pickup klasik ini pernah masuk ke sosial media Kid Rock. Melihat kondisinya, pickup tua ini benar-benar telah dimodifikasi. Apache tahun 1957 adalah pickup kedua yang diproduksi Chevrolet. Meski begitu, inilah pickup pertama Chevrolet yang ditenagai mesin V8. Meski begitu, yang membuatnya terkenal bukanlah performanya. Melainkan desainnya yang ikonik. Lihat saja kaca depan besar yang melengkung. Lalu grille besarnya yang terbuka dan kap mesinnya yang gemuk. Apache bukanlah mobil yang gampang dimiliki saat ini. Menemukan mobil ini dalam kondisi sempurna, hampir tidak mungkin.

12. Ford Galaxie 500

Pada 1960-an slogan Ford adalah ‘Total Performance’. Galaxie 500 ini menggambarkan dengan sempurna slogan Ford ketika itu. Bayangkan saja, di balik kap mesinnya tertanam mesin 7,0 liter V8. Mesin ini percaya atau tidak, pertama kalinya Ford mengaplikasi teknologi overhead camshaft. Selain performa mesin V8 yang inovatif, Galaxie juga memiliki desain yang sangat menawarn.

11. Ford F100 1959

Satu lagi mobil pickup yang dikoleksi oleh Kid Rock, Ford F100 buatan tahun 1959. Mobil ini juga salah satu incaran kolektor mobil klasik di Amerika Serikat. Inilah pickup truck pertama Ford yang dibekali sistem penggerak 4×4. Mesinnya memang hanya berkapasitas 4,8 liter dan mengingat bobotnya yang besar, performa bukan andalannya. Tapi mobil ini dikenal memiliki kualitas yang sangat baik. Bodinya terbuat dari metal yang tebal. Gara-gara itu Ford F100 waktu itu dikenal tak mudah penyok.

10. Ford F-150

Dalam rangka mempromosikan perusahaan bir miliknya, Kid Rock membeli Ford F-150. Mobil yang dipilih Kid Rock sudah dilengkapi dengan paket performa khusus untuk dirinya saja. Sebut saja velg 20-inci berwarna hitam, 6-inch Rocky Ridge suspension lift kit, ban all terrain dab bullbar dengan lampu LED 20-inci. Selain itu beberapa bagian mobil ini juga dicat hitam, seperti grille, pijakan kaki, ujung knalpot hingga widebody fender. Selain itu adapula livery grafis unik di bagian baknya. Bagian dalamnya dilapis material kulit khusus.

9. Rolls-Royce Phantom 2004

Walaupun gemar mengumpulka pickup tua, rocker ini juga sangat menghargai kemewahan. Buktinya Rolls-Royce Phantom tahun 2004 ini. Rolls-Royce Phantom adalah perpaduan sempurna antara tradisional dan kontemporer, sangat pas dengan pribadi Kid Rock. Apalagi sebagai musisi, Rolls-Royce Phantom menggoda Kid Rock olewat instrumentasi musikal di dalamnya. Sistem hiburannya dioperasikan oleh switch bergaya biola. Buka-tutup ventilasi AC pun menyerupai tuts alat musik organ pipa.

8. Cadillac Eldorado 1973

Tahun 1970-an, harga minyak dunia melambung. Di saat yang bersamaan, Cadillac merilis mobil bermesin 8,2 liter V8. Jadilah Cadillac Eldoradi sebagai satu-satunya mobil beratap terbuka (cobvertible) yang rakitan Amerika Serikat yang dijual di sana ketika itu. Mobil ini adalah simbol kesuksesan tertinggi warga Paman Sam saat itu. Menariknya walaupun mesinnya besar, tapi performanya tak seberapa. Akselerasi 0-100 km/jam Cuma dapat 10,3 detik saja. Meski punya reputasi pelan, tapi mobil ini jadi incaran kolektur mobil ceper. Mobil Kid Rock ini punya suspensi udara hidrolis yang bisa menurunkan ketinggian sampai permukaan jalan.

7. Polaris Ranger XP 900

Polaris Ranger secara teknis memang tak bisa disebut sebagai mobil. Ia adalah ATV empat roda yang punya kemampuan offroad luar biasa. Apalagi Kid Rock memodifikasi mesin 875 cc 2-silinder menjadi lebih bertenaga lagi. ATV ini punya tralis besi yang melindungi pengemudi dan penumpangnya saat melindas beragam medan offroad menantang.

6. Ford Shelby Mustang GT350 2018

Sebagai penimbung mobil langka, pasti adakalanya seorang Kid Rock ingin merasakan sedikit sensasi kecepatan sesekali di hidupnya. Mustang bermesin V8 5,8 liter ini adalah muscle car era modern yang memang dibuat hanya untuk satu tujuan, kesenangan berkendara. Tenaga sebesar 526 hp yang disalurkan ke kedua roda belakang dapat meroketkan kuda poni ini melesat dari diam sampai 100 km/jam kurang dari 4 detik saja. Longlongan suara mesinnya ketika pedal gas dipijak dalam pasti membangkitkan adrenalin.

5. Chevrolet Camaro 1979

Kalau diperhatikan, banyak sekali koleksi Chevrolet di garasi Kid Rock. Alasannya sederhana, karena Chevrolet pembuat muscle car yang sukses menjadi mobil klasik bernilai tinggi. Camaro Z28 buatan tahun 1979 ini contohnya. Mobil ini dibekali mesin 5,7 liter V8 yang dibungkus kap mesin berotot. Profil Camaro yang ini mungkin adalah proporsi mobil coupe 2-pintu paling menawan di era muscle car ketika itu.

4. Bugatti Veyron

Inilah raja dari supercar, pemegang rekor dunia mobil tercepat di bumi. Mesin W16 8,0 liter miliknya mampu mencapai kecepatan maksimum 408 km/jam. Tentu saja mobil ini tak sembarang orang bisa memilikinya. Apalagi biaya kepemilikannya tentu diluar batas kewajaran. Percaya atau tidak, saat menyentuh kecepatan maksimum, keempat bannya hanya bisa bertahan selama 15 menit saja sebelum harus diganti baru.

3. Ferrari 458

Inilah Ferrari terbarik menurut penggemar Ferrari. Teknologi berkendara yang modern sanggup tak melunturkan kemurnian sensasi berkendara Ferrari klasik. Tak ayal mobil bermesin 4,5 liter V8 yang bertenaga 562 hp ini menjadi pilihan favourite seluruh penikmat otomotif di seluruh dunia. Tak terkecuali bagi Kid Rock.

2. Chevrolet 3100 Pickup 1947

Chevrolet 3100 adalah pickup ikonik dari era paska Perang Dunia ke-II (PD-II). Harganya yang hanya US$ 25 ribu atau sekitar Rp 365 jutaan menjadikannya diincar kolektor dan penggemar mobil klasik jenis ini. Mobil ini adalah mobil komersial pertama yang diproduksi Chevrolet paska PD-II. Menariknya mobil ini, lampu utamanya didesain menyatu dengan bumper depan.

1. Chevrolet Chevelle SS

Beridiri di tangga tertinggi diantara koleksi mucle car paling diburu di Amerika Serikat, jelas Chevrolet Chevelle SS. Mesin 7,4 liter V8 yang bertenaga 450 hp jadi bukti keabsahannya. Apalagi mobil yang diproduksi tahun 1970 ini hanya dibuat sebanyak 53.599 unit saja. Saat ini, Chevrolet Chevelle SS klasik dalam kondisi prima bisa bernilai lebih dari sekitar Rp 1 miliar.
RIZKI SATRIA

Sumber: Street Muscle Mag, Mlive, Hotcars, Contract Music, Maxim, Wikipedia

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Elon Musk Jadi Orang Terkaya Kedua Di Dunia, Tesla Semakin Bersinar

JAKARTA, carvaganza – Ragam terobosan yang dilakukan oleh Elon Musk telah menempatkan dirinya sebagai orang terkaya di dunia kedua. Kekayaannya sekarang mengalahkan Bill Gates,...

ROAD TEST: MINI JCW 3 Door 2020, Hot Hatch Tanpa Basa-Basi

JAKARTA, Carvaganza.com - Bicara soal merek BMW, kita pasti akan langsung terpikir soal pabrikan premium yang lebih kuat karakter kesenangan berkendaranya dibandingkan para rival....

Ingin Tampil Beda? Ini Aksesoris yang Bikin MG ZS Anda Makin Gaya

JAKARTA, Carvaganza -- MG Motor Indonesia mengandalkan MG ZS sebagai salah satu jajaran produk yang ditawarkan untuk konsumen Indonesia. SUV ini punya desain menarik...

Cerita Dibalik 15 Mobil Legendaris Yang Pernah Dikoleksi Elvis Presley Sebelum Wafat

JAKARTA, Carvaganza.com – Elvis Aaron Presley, bukanlah penyanyi dan aktor biasa. Lahir di Tupelo, Missisippi, Amerika Serikat (AS) pada 8 Januari 1935, di masanya...

Belum Mampu Beli Bugatti? Jangan Ciut, Ada Versi Juniornya

MOLSHEIM, carvaganza.com – Bugatti itu brand mobil yang super mahal. Unit yang dibangun tak banyak dan pembelinya pun berasal dari piramida paling puncak. Tapi...