Kenal Lebih Dalam Enam Model GR Sport Yang Sita Perhatian Pengunjung GIIAS 2022

Toyota Gazoo Racing GIIAS 2022

ICE BSD CITY, Carvaganza – Salah satu line-up produk yang menarik perhatian pengunjung selama GIIAS 2022 kemarin adalah keluaran Toyota. Kehadiran Toyota Gazoo Racing yang cukup masif di lantai pameran Hall 1 ICE BSD City bikin booth manufaktur Jepang itu penuh.

KEY TAKEAWAYS

  • Berapa model GR Sport yang dipamerkan Toyota di GIIAS 2022?

    Terdapat enam model yaitu All New GR 86, Agya GR Sport, Raize GR Sport, Yaris GR Sport, Fortuner GR Sport dan Hilux GR Sport.
  • Model apa yang menjadi bintang di zona GR Sport booth Toyota di GIIAS 2022?

    Tentunya All New GR 86. All New GR 86 menjadi model sports car GR global ketiga setelah GR Supra dan GR Yaris. Pengembangannya langsung ditangani langsung oleh Toyota Gazoo Racing.
  • Toyota mendisplay langsung enam model baru line-up di bawah bendera Gazoo Racing (GR). Merek ini mulai muncul secara resmi 2015 silam. Merupakan saksi kecintaan Toyota kepada motorsport yang terentang sangat lama.

    Jejak langkah TGR sudah dimulai 2007 silam saat karyawan Toyota sukarela bergabung dalam tim balap yang diberi nama Gazoo Racing. Balapan perdana langsung terjun di ajang balap ketahanan Nurburgring 24 Jam di Jerman yang dikenal sangat menantang.

    Tim ini dipimpin Akio Toyoda sebagai pembalap utama. Mobil yang digunakan saat itu adalah dua unit Altezza RS200 dan akhirnya berhasil menyelesaikan balapan. Pencapaian ini menjadi bukti Toyota Gazoo racing didirikan dengan semangat menghadapi tantangan.

    Toyota Gazoo Racing GIIAS 2022

    Era TGR kemudian dimulai dengan konsisten berpartisipasi di ajang motorsport dunia. Kompetisi seperti World Endurance Championship (WEC), World Rally Championship (WRC) dan Dakar Rally diikuti dan berhasil mencatatkan prestasi.

    Fumitaka Kawashima, Marketing Direktur PT TAM mengungkapkan di Indonesia pihaknya selalu berusaha dengan konsisten mengamankan gelar juara nasional. Beberapa target diantaranya Kejurnas Touring, Rally maupun Slalom bersama tim Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) yang diresmikandibentuk tahun initahun lalu.

    “Harapannya, partisipasi kami di berbagai ajang motorsport ini dapat mendukung realisasi dari komitmen kami untuk menyebarkan excitement dan Joy of GR ke seluruh masyarakat Indonesia,” ucap Fumitaka.

    Penyegaran Lini GR Sport

    Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT TAM mengungkapkan, sejak memperkenalkan GR Supra 2019 lalu, masyarakat semakin antusias dengan model Gazoo Racing. Perhitungan penjualan hingga Juli 2022, total sudah lebih dari 106.000 unit dari total 8 model GR Sport yang ditawarkan di Indonesia.

    “Rata-rata komposisi penjualan ritel tipe GR Sport mendominasi 67 persen. Terima kasih kami ucapkan kepada pelanggan atas antusiasme yang diberikan kepada line-up GR kami. Untuk itu, spesial di GIIAS kali ini kami tidak hanya menampilkan 1, namun 6 model baru GAZOO Racing sekaligus untuk memberikan pilihan lengkap bagi pelanggan,” ucap Anton.

    Lantas apa saja ubahan pada model GR Sport terbaru? Simak daftar berikut

    Baca juga:  GIIAS 2022: Strategi dan Pendekatan Toyota Multi-pathway Strategy dalam Mewujudkan Netralitas Karbon

    All New GR 86

    All New GR 86

    Model ini menjadi bintang utama di area GR Toyota. Toyota 86 merupakan pengembangan dari AE86 yang menjadi ikon pada era 80-an. Desain eksteriornya tampil agresif yang membuatnya menjadi salah satu basis favorit bagi para modifikator di seluruh dunia.

    All New GR 86 menjadi model sports car GR global ketiga setelah GR Supra dan GR Yaris. Pengembangannya langsung ditangani oleh TGR lewat berbagai pengalaman memenangi ajang motorsport internasional. Perkenalan perdana model ini dilakukan pada Desember 2021 dan menjadi model pertama bagi penggemar mobil sport.

    Sekarang ditawarkan dalam varian 2.4L bertransmisi A/T yang dibanderol Rp 938,5 juta. Berstatus on the road serta spot order alias tergantung jumlah pesanan.

    Baca juga:  Ini Penjelasan Toyota Soal Perbedaan Sub-Brand TRD dan GR

    Model ini menjadi bintang utama di area GR Toyota. Toyota 86 merupakan pengembangan dari AE86 yang menjadi ikon pada era 80-an. Desain eksteriornya tampil agresif yang membuatnya menjadi salah satu basis favorit bagi para modifikator di seluruh dunia.

    All New GR 86 menjadi model sports car GR global ketiga setelah GR Supra dan GR Yaris. Pengembangannya langsung ditangani oleh TGR lewat berbagai pengalaman memenangi ajang motorsport internasional. Perkenalan perdana model ini dilakukan pada Desember 2021 dan menjadi model pertama bagi penggemar mobil sport.

    All New GR 86

    Sekarang ditawarkan dalam varian 2.4L bertransmisi A/T yang dibanderol Rp 938,5 juta. Berstatus on the road serta spot order alias tergantung jumlah pesanan.

    Mesin All New GR 86 kini berkubikasi 2.400 cc. Masih jenis boxer dan menghasilkan daya maksimum lebih besar 17,5 persen dari model terdahulu, dari 200 PS menjadi 235 PS. Torsinya juga turut meningkat 22 persen dari 205 Nm menjadi 250 Nm.

    Fitur keselamatan aktif juga ada. Terdiri dari Automatic High Beam, Dynamic Radar Cruise Control, Pre Collision System, Lane Departure Warning, Lane Sway Warning dan Lane Change Assist. Masih ada Lead Vehicle Start Alert, Rear Cross Traffic Alert, Pre Collision Throttle Management and Reverse Automatic Braking juga Blind Spot Monitoring.

    Anton mengungkapkan hingga Juli 2022, lebih dari 800 unit Toyota 86 telah terjual sejak diperkenalkan 2012 silam. Bagi yang ingin tampil beda, Toyota juga menyiapkan Official GR Aeroparts dan TCO GR part yang didesain untuk makin membuat GR86 tampil sporty.

    Toyota Hilux GR Sport

    Hilux GR Sport

    Kendaraan komersial Hilux juga mendapatkan sentuhan GR Sport. Mengusung mesin 1GD yang tenaganya meningkat 37 persen dari 2GD. Unit mesin yang diusung 2.755 cc menghasilkan tenaga 204 PS pada 3.400 rpm dan torsi 500 Nm pada 1.600 sampai 2.800 rpm. Transmisinya menggunakan otomatis enam percepatan dengan sequential shift dan paddle shift.

    Toyota juga membekali suspensi rigid untuk melibas medan berat. Spesifikasinya, independent double wishbone dengan coil spring dan stabilizer bar dengan shock absorbing sorbet monotube di bagian depan. Bagian belakangnya menggunakan stacking tweezers dengan monotube absorber shock yang khusus dikembangkan untuk model GR Sport ini.

    D-cab ini juga sudah menggunakan teknologi Toyota Safety Sense (TSS). Terdiri dari Pre Collision System, Lane Departure Alert, serta Dynamic Radar Cruise Control. ada juga teknologi seperti Rear Cross Traffic Alert, Blind Spot Monitor dan Panoramic View Monitor membantu pengawasan terhadap sekeliling kendaraan. Masih ada lagi Hill Start Assist dan Trailer Sway Control.

    Belum ada harga resmi. Namun kehadirannya memastikan rencana TAM untuk membawa produk asal Thailand ini ke Tanah Air. Harga di Thailand untuk varian 4x4 dibanderol 1.324.000 baht atau sekitar Rp550 jutaan. Varian 4x2 lebih murah yakni 889.000 baht atau sekitar Rp 369 jutaan.

    Toyota Agya GR Sport

    Agya GR Sport

    Pembaruan hatchback berornamen GR yang menghias sekeliling kendaraan. Tampilan depannya lebih sporty dengan desain bumper, spoiler dan grille depan berlogo GR Sport. Ubahan juga hadir pada bemper belakang dengan lekukan sporty dan rear spoiler berwarna hitam. Plus bagian belakangnya menggunakan logo GR Sport.

    Sentuhan GR Sport lainnya hadir di pelek berwarna hitam, rumah kaca spion berwarna hitam, side visor dengan GR logo, serta side skirt dengan GR logo. Bagian dalamnya terlihat karpet kabin dengan GR logo, tombol engine start stop dengan GR logo juga lingkar kemudi berlogo GR. Mesin 1.2L NR 4 silinder 16 katup 1.197 cc masih digunakan. Memproduksi tenaga 88 PS di 6.000 rpm dan torsi 107 Nm di 4.200 rpm.

    • Agya 1.2 GR Sport M/T - Rp 164.350.000
    • Agya 1.2 GR Sport A/T - Rp 180.150.000

    Toyota Raize GR Sport

    Raize GR Sport

    Pembaruan yang diberikan pada SUV kompak ini mayoritas di bagian eksterior. Terdapat grille depan dengan logo GR yang menegaskan aura sport. Sentuhan GR juga terlihat dari side visor dengan embos GR logo, serta rumah kaca spion berwarna hitam.

    Raize GR Sport masih menghadirkan aero kit, logo GR Sport, pelek 17 inci berwarna hitam, stoplamp LED kombinasi serta pewarnaan body two tone. Masih ada headlamp LED dengan DRL dan sequential turn lamp.

    Bagian interior, ubahan terbaru hadir pada head unit berukuran 9 inci, tombol start stop GR, karpet berlogo GR serta lingkar kemudi dengan logo GR. Joknya menggunakan bahan gabungan fabric dan kulit dengan logo GR Sport pada headrest. Kenyamanannya dilengkapi dengan kehadiran paddle shift, soft pad armrest, mode berkendara serta layar MID 7 inci TFT.

    • Raize 1.0T GR CVT One Tone - Rp 280.800.000
    • Raize 1.0T GR CVT Two Tone - Rp 283.400.000
    • Raize 1.0T GR CVT TSS One Tone (Spot Order*) - Rp 302.500.000
    • Raize 1.0T GR CVT TSS Two Tone - Rp 305.100.000

    Toyota Yaris GR Sport

    Yaris GR Sport

    Hatchback ini tersemat ornamen GR Sport di beberapa bagian. Sisi depan berupa GR emblem di bemper, side visor dengan embos GR logo serta rumah kaca spion berwarna hitam. Peleknya berwarna hitam untuk menambah kesan sporty. Bagian belakang hadir desain bumper belakang baru serta logo GR Sport di bagian pintu.

    Bagian interior, sentuhan GR sport tampak di lingkar kemudi, tombol start stop, opening pada head unit, headrest serta karpet interior. Yaris GR Sport masih menggunakan mesin 1.496 cc bertenaga 107 ps dan torsi 140 Nm.

    • Yaris 1.5 S M/T GR SPORT 3 Airbags (Spot Order*) - Rp 308.100.000
    • Yaris 1.5 S CVT GR SPORT 3 Airbags - Rp 320.300.000
    • Yaris 1.5 S CVT GR SPORT 7 Airbags - Rp 325.700.000

    Toyota Fortuner GR Sport

    Fortuner GR Sport

    SUV besar terpopuler Toyota juga punya trim GR. Aksentuasi sporty terlihat di bagian grille depan yang hadir dengan spoiler serta bemper berlogo GR. Peleknya dilabur warna hitam sporty dengan pemanis stiker. Tidak lupa emblem GR Sport ada di bagian belakang untuk mempertegas model sporty SUV Fortuner.

    Masuk ke bagian interior. Sentuhan GR Sport hadir pada opening head unit 9 inci, scuff plate di pintu masuk, karpet kabin, tombol start stop serta headrest. Fitur kenyamanan lainnya antara lain wireless charger, mode berkendara Eco, Normal dan Power, electrochromic rearview mirror, rear seat entertainment juga kamera 360 derajat. Terbaru, kick sensor untuk membuka bagasi belakang, memudahkan memasukkan barang bawaan.

    Sisi keselamatannya terdiri dari 7 SRS airbags, hill start assist, traction control, vehicle stability control, trailer sway control, juga kehadiran fitur T-intouch.

    • Fortuner 4x2 2.7 GR Sport A/T (Spot Order*) - Rp 586.350.000
    • Fortuner 4x2 2.8 GR Sport A/T - Rp 621.650.000
    • Fortuner 4x4 2.8 GR Sport A/T (Spot Order*) - Rp 712.050.000
    • Fortuner 4x4 2.8 GR Sport A/T (TWO TONE) (Spot Order*) - Rp 717.050.000
    • Fortuner 4x4 2.8 GR Sport A/T LUX (Spot Order*) - Rp 715.843.000

    Improvement yang dilakukan keempat model semakin menunjukkan komitmen dalam melakukan pengembangan line-up GR Toyota. Karena sangat eksklusif memberikan excitement kepada para pelanggan dan GR Enthusiast di indonesia. (SETYO ADHI/EK)

    Baca juga:  GIIAS 2022: Serba-serbi Mobil Toyota di GIIAS 2022, Dari Konsep Sampai Listrik

    Pelajari lebih lanjut tentang Toyota Raize

    • Tampak Depan Bawah Toyota Raize
    • Tampak samping Raize
    • Tampak belakang serong Raize
    • Tampak Depan Toyota Raize
    • Tampak belakang Raize
    • Tampak Grille Raize
    • Fog lamp depan Raize
    • Lampu depan Raize
    • lampu belakang Raize
    • Toyota Raize Drivers Side Mirror Front Angle
    • handle pintu Raize
    • Pelek Raize
    • Tampak wiper Raize
    • Tampak belakang Raize
    • Toyota
    • Tampak kanan Toyota Raize
    Toyota Raize
    Rp 232,4 - 301.9 Juta Cicilan mulai dari : Rp 5,3 Juta

    Mobil Toyota Lainnya

    • Toyota Kijang Innova
      Toyota Kijang Innova
    • Toyota Fortuner
      Toyota Fortuner
    • Toyota Raize
      Toyota Raize
    • Toyota Avanza
      Toyota Avanza
    • Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EV
      Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EV
    • Toyota Agya
      Toyota Agya
    • Toyota Avanza Veloz
      Toyota Avanza Veloz
    • Toyota Calya
      Toyota Calya
    • Toyota Hilux
      Toyota Hilux
    • Toyota Rush
      Toyota Rush
    • Toyota Yaris
      Toyota Yaris
    • Toyota Alphard
      Toyota Alphard
    • Toyota Sienta
      Toyota Sienta
    • Toyota Vios
      Toyota Vios
    • Toyota 86
      Toyota 86
    • Toyota Corolla Altis
      Toyota Corolla Altis
    • Toyota Hiace
      Toyota Hiace
    • Toyota Kijang Innova Zenix
      Toyota Kijang Innova Zenix
    • Toyota Land Cruiser
      Toyota Land Cruiser
    • Toyota Vellfire
      Toyota Vellfire
    • Toyota Venturer
      Toyota Venturer
    • Toyota Avanza
      Toyota Avanza
    • Toyota bZ4X
      Toyota bZ4X
    • Toyota CHR
      Toyota CHR
    • Toyota Camry
      Toyota Camry
    • Toyota Camry
      Toyota Camry
    • Toyota Corolla Cross
      Toyota Corolla Cross
    • Toyota GR Yaris
      Toyota GR Yaris
    • Toyota Supra
      Toyota Supra
    • Toyota Voxy
      Toyota Voxy

    Don't Miss

    Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

    Mobil Toyota Pilihan

    • Upcoming

    Pilihan mobil untuk Anda

    • Daihatsu Rocky
      Daihatsu Rocky
      Rp 205,2 - 270.1 Juta
      • Petrol
      • SUV
      • 1200 cc
      • Manual, CVT
    • Honda WRV
      Honda WRV
      Rp 271,9 - 309.9 Juta
      • Petrol
      • Crossover
      • 1498 cc
      • CVT
    • Toyota Rush
      Toyota Rush
      Rp 278,8 - 302.2 Juta
      • Petrol
      • SUV
      • 1496 cc
      • Manual, Otomatis
    • DFSK Glory 560
      DFSK Glory 560
      Rp 203,9 - 275.9 Juta
      • Petrol
      • SUV
      • 1498 cc
      • Manual, CVT

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Review
    • Artikel Feature