Beranda Updates Ini Penjelasan Toyota Soal Perbedaan Sub-Brand TRD dan GR

Ini Penjelasan Toyota Soal Perbedaan Sub-Brand TRD dan GR

TOKYO, Carvaganza.com – Bicara soal divisi performa, Toyota saat ini punya dua sub-brand yaitu TRD dan GR yang tawarkan baik aksesoris maupun mobil utuh performa tinggi. Tapi, apa beda antara dua nama tersebut sebenarnya?

Seperti di pasar Amerika Serikat, Toyota punya produk yang ditawarkan melalui dua nama tersebut. TRD merupakan singkatan dari Toyota Racing Development, sementara GR singkatan dari Gazoo Racing.

Meski sama-sama fokus pada performa, Toyota tegaskan baik TRD maupun GR tidak akan saling bersaing dan melangkahi, dengan karakteristiknya masing-masing. Dari sisi historis, TRD hadir jauh lebih dulu sebelum GR didirikan oleh Toyota.

“Pada akhirnya, TRD dan GR bisa sama-sama ada. TRD punya garis keturunan yang panjang dengan truk-truk yang kami jual… dan konsumen Amerika suka merek TRD dan memiliki sejumlah warisan yang kuat di Amerika Utara,” kata Ed Laukes, Group Vice President of Marketing Toyota, dikutip Automobile Magazine.

TRD dan GR

TRD telah eksis selama lebih dari 40 tahun, yang di Amerika saat ini hadir sebagai varian kencang dari model Tacoma, 4Runner, Camry dan Avalon. Bukan hanya aksesoris seperti di Indonesia, TRD pada model-model tersebut hadir lengkap di luar dan dalam produk Toyota.

Sementara GR terbilang sangat baru dengan hadir dalam beberapa tahun belakangan, yang namanya lahir melalui tim balap ketahanan Le Mans. Sejak itu, GR kemudian ikut terlibat dalam pengembangan beberapa model baru Toyota sejak awal. Saat ini nama Toyota Gazoo Racing telah terlibat di kejuaraan balap dunia seperti WEC, WRC dan Reli Dakar.

Contoh produk baru Toyota yang pengembangannya dilakukan oleh GR adalah GR Supra dan GR Yaris. Bedanya dari produk TRD, model Toyota GR tersebut ditujukan untuk pasar yang lebih luas, terutama untuk Kawasan Eropa dan Jepang.

Lebih lanjut, Automobile Magazine menyebut bahwa TRD dan GR tidak akan saling bersinggungan. Terlebih karena GR akan menawarkan mobil-mobil bespoke, dengan pengembangan menyeluruh dalam sebuah model.

Sedangkan untuk TRD, akan menjadi varian kencang dari model Toyota yang sudah ada lebih dulu. Seperti contoh, Toyota pernah perkenalkan GR Supra dalam varian TRD, yang mendapat tambahan sejumlah aksesoris performa pada eksterior.

Varian GR Supra TRD tersebut tidak memberikan ubahan atau peningkatan sama sekali pada sisi performa. Kurang lebih sama seperti yang Toyota lakukan di pasar Indonesia, melalui line up varian TRD Sportivo yang berlaku hanya untuk aksesoris penampilan.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Morris Garage HS Punya Dua Varian, Begini Detail Perbedaannya

JAKARTA, Carvaganza.com - Morris Garage (MG) semakin menguatkan lini produk dengan meluncurkan model kedua, MG HS di Jakarta hari Kamis kemarin (13/8). Model terbaru...

Mitsubishi Merdeka Campaign, Rawat Mobil dengan Banyak Diskon

JAKARTA, Carvaganza -- PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menyambut hari kemerdekaan Indonesia yang ke-75 dengan memberikan penawaran menarik untuk perbaikan dan...

Akali Pandemi COVID-19, Isuzu Gelar Skill Competition Secara Virtual

JAKARTA, Carvaganza – Pandemi COVID-19 membuat Isuzu Astra Motor Indonesia harus meramu ulang ajang Isuzu Skill Competition yang digelar setiap tahun. Mengatasi larangan untuk...

SPYSHOT: Versi Hardcore Ferrari 812 Superfast Sedang Disiapkan

MARANELLO, Carvaganza.com – Saat ini Ferrari 812 Superfast menjadi salah satu supercar bermesin V12 yang masih bertahan di pasar. Saat ini mobil seperti 812...

10 SUV Terkencang dengan Kemampuan Setara Supercar

JAKARTA, Carvaganza.com - Bodi besar dan penggerak 4x4, sulit diharapkan untuk melaju cepat di atas aspal mulus. Itulah SUV, kendaraan yang diperuntukkan sebagai transportasi...