Toyota GR 86 Akhirnya Resmi Susul BRZ, Tawarkan Mesin Lebih Besar

JAKARTA, Carvaganza – Toyota GR 86 akhirnya dirilis sebagai penerus dari GT 86 dan menyusul Subaru BRZ yang diluncurkan pada November 2020 lalu. Toyota GR 86 dan Subaru BRZ sebelumnya menggunakan mesin 4 silinder 2,0 liter dan generasi terbarunya disematkan dengan mesin berkapasitas 2,4-liter. Mesin tersebut dikawinkan dengan pilihan transmisi manual dan otomatis 6-percepatan yang menghasilkan tenaga 232 hp dan torsi maksimal 250 Nm.

Seluruh variannya dibekali dengan penggerak belakang atau rear wheel drive dan varian bertransmisi otomatis akan tersebut fitur EyeSight autonomous emergency braking dan pre-collision warning. 

Dengan tenaga dan torsi tersebut mampu membawa Toyota GR 86 melesat 0-100 km/jam dalam 6,3 detik. Catatan tersebut lebih cepat 1,1 detik dari generasi sebelumnya. Selain tuning dan penyesuaian pada kerja mesin dan transmisi, Toyota GR 86 juga mengurangi bobot kendaraan 5 kilogram lebih ringan dari sebelumnya. Toyota GR 86 memiliki bobot kotor 1.270 kg dengan penggunaan material alumunium di bagian atap dan seluruh bagian bodi.

GR 86 BRZ

Satu hal yang dipertahankan pada Toyota GR 86 ini adalah angka dimensi yakni panjang 4.262 mm dan tinggi 1.310 mm dengan wheelbase 2.575 mm. Hal tersebut dilakukan demi menjaga low centre of gravity dan diklaim memiliki rigiditas chassis yang meningkat 50% dibanding generasi sebelumnya. Toyota GR 86 juga menampilkan unsur aerodinamika pada kendaraan melalui aliran udara depan dan samping. Toyota mengadopsi aksen tersebut dari motorsport untuk meningkatkan handling yang lebih stabil.

Sedangkan di bagian interiornya selain dibungkus dengan material kulit dan karbon di beberapa sudutnya, Toyota GR 86 juga tetap menyediakan layanan hiburan yang memudahkan pengendaraanya. Seluruh layanan hiburannya berpusat di layar sentuh berukuran 7-inci yang sudah disesuaikan dengan konektivitas smartphone. Toyota GR 86 sudah secara resmi diluncurkan di dunia dan akan segera dijual di Jepang, Inggris dan Eropa. 

Satu-satunya yang berubah dan paling terlihat adalah nama GR 86 yang sebelumnya menggunakan nama GT86. Toyota mengklaim hal tersebut untuk menandai bahwa kendaraan tersebut merupakan hasil karya dari rumah modifikasi resmi Toyota yakni Gazoo Racing. Selanjutnya Toyota GR 86 akan bergabung bersama dengan keluarga Gazoo Racing lainnya seperti Toyota GR Supra dan GR Yaris yang pada tahun lalu dirilis. 

Sebelum diluncurkan terdapat rumor tentang molornya jadwal peluncuran Toyota GR 86 yakni karena Toyota ingin membuat diferensiasi yang signifikan dibandingkan BRZ. Hal tersebut diminta langsung oleh Akio Toyoda dan tim Gazoo Racing mendapat pekerjaan tambahan untuk menghasilkan GR 86 yang berbeda dengan BRZ.
ALVANDO NOYA / WH

Sumber: Motor1

Artikel yang direkomendasikan untuk anda