Ini Hot Wheels Seharga Rp 2,1 M, Produksi Tahun 1968

JAKARTA, Carvaganza.com -  Siapa yang masa kecilnya doyan ngumpulin mobil-mobil Hot Wheels? Koleksinya masih ada enggak sampai sekarang?  Sebaiknya jangan dibuang, mendingan disimpan siapa tahu harganya jadi selangit nanti.

Berkat kecintaannya mengoleksi Hot Wheels, seorang pria Amerika mendapat untungnya sekarang setelah selang puluhan tahun. Adalah Bruce Pascal, kolektor berat Hot Wheels, yang menjadi pemilik Hot Wheels senilai US$ 150 ribu (sekitar Rp 2,1 milyar). Dulu waktu Ia beli mungkin Hot Wheels 1:64 itu paling cuma 8 dolaran.

Mobil-mobilan Hot Wheels dengan harga selangit itu adalah Volkswagen Beach Bomb yang dirilis tahun 1968 ketika dibeli oleh Pascal pada umur 7 tahun. “Susah dijelaskan bagaimana antusiasnya dulu. Hot Wheels itu mainan 'wah' pokoknya. Teman-teman saya sampai menabung untuk membeli Hot Wheels,” ujar Pascal seperti dikutip web motorauthority.com.

Baca juga: Ini Dia Desainer Mobil-Mobil Hotwheels



Menurut Pascal, mobilan Hot Wheel-nya itu Ia simpan di kotak cigar di rumah ibunya. Kecintaannya pada mobil klasik berlanjut sampai Ia beranjak dewasa. Selain senang mengoleksi mobil klasik sungguhan, Ia masih mengoleksi Hot Wheels. Selang 30 tahun kemudian, tahun 1999 Ia teringat pada kotak cigar tempatnya menyimpan mobil-mobilan waktu Ia kecil.

“Pas kotak cigar itu ketemu, perasaan senang saya sebagai anak laki-laki muncul lagi,” aku Pascal. Menurutnya, Kotak cigar itu pernah mau dibayarin sama temannya seharga US$ 200 (kisaran Rp 2,7 juta). “Tapi saya tak mau. Nah dari situ saya mulai mencari-cari nilai Hot Wheels dan mulai mengejar collector items pada waktu saya sudah besar.”

Nafsunya untuk memburu model koleksi makin besar dan Ia mulai menjalin hubungan dengan kalangan kolektor Hot Wheels. Termasuk memasang iklan di koran. Ia bahkan sampai bisa mendapatkan daftar nomor telepon karyawan Mattel tahun 1969 dan menelepon para mantan karyawan untuk menawar koleksi-koleksi langka mereka.

Saking antusiasnya, Pascal sampai memburu apapun yang ada kaitannya dengan Hot Wheels termasuk memorabilia Hot Wheel, mulai dari cetak biru, gambar orisinial, brosur penjualan sampai model-model dari kayu. Koleksinya tumbuh semakin besar sampai ribuan. Menurut Pascal, koleksinya sudah lebih dari 4.000 model Hot Wheels dan sekitar 3000 piece memorabilia. Tapi dari ribuan koleksinya itu yang sangat spesial adalah purwarupa Volkswagen Beach Bomb warna pink yang merupakan barang yang sangat langka.



Baca juga: Indonesia Diecast Expo 2020 Digelar Secara Hybrid, Ini Program Unggulannya

“Saya tak mau menyebut berapa saya beli model itu,” aku Pascal. “Tapi sekarang harganya sekitar US$ 150.000.” Harganya tersebut lebih dari 50 kali dari harga semua model yang Ia koleksi. “Model yang ini adalah koleksi saya yang paling berharga,” ujarnya.

Koleksi Bruce Pascal yang sangat langka sampai mendapat perhatian dari Volkswagen sehingga pabrikan itu memberikan apresiasi pada Bruce. Menurut VW, mobil Hot Wheels itu adalah hasil kolaborasi pertama VW dengan Hot Wheels. “Bodinya ramping dan ada papan surfing keluar menggantung di jendela belakang, karena tak bisa ditegak kalau posisinya terbalik, Hot Wheels mendesain ulang model. Kedua sisinya dibuat lebih lebar dan papan surfing dipindah ke bagian samping mobil.”

“Model baru yang didesain ulang itu kemdian diproduksi dan dijual dengan stiker bunga-bunga menghiasi mobil, melambangkan ‘Flower Power’ tahun 1970-an,” demikian isi pernyataan Volkswagen.



Sumber: motorauthority.com & newsroom.vw.com

EKA ZULKARNAIN

 

Artikel yang direkomendasikan untuk anda