Beranda Updates Indonesia Diecast Expo 2020 Digelar Secara Hybrid, Ini Program Unggulannya

Indonesia Diecast Expo 2020 Digelar Secara Hybrid, Ini Program Unggulannya

JAKARTA, Carvaganza — Gelaran para penggemar diecast terbesar Tanah Air, Indonesia Diecast Expo (IDE) akan hadir ketujuh kalinya pada tahun ini. Bedanya, di tengah kondisi pandemi Covid-19, ajang kali ini digelar dengan mengusung konsep hybrid, yaitu penggabungan antara konsep event online dan offline. IDE Hybrid Format 2020 ini bakal dilangsungkan pada 29 November – 3 Desember 2020.

“Melalui konsep hybrid, IDE berusaha beradaptasi dengan kondisi yang menuntut inovasi dan perubahan seperti sekarang ini. Konsep baru ini juga menjadi bukti bahwa IDE – pagelaran diecast yang berhasil membentuk ekosistem diecast di Indonesia – juga adalah sebuah industri kreatif yang dinamis serta bisa beradaptasi dengan segala perubahan yang ada,” papar Wahyu Prabowo, Public Relations IDE 2020 dalam konferensi pers virtual hari ini, Senin (16/11/2020).

Wahyu mengatakan dukungan platform digital ini membuat pihaknya optimstis akan menyebot 250-300 ribu pengunjung. Dilangsungkan selama lima hari, IDE akan menghadirkan berbagai program andalan.

Yang pertama adalah Toys Crazy Sale (TCS) dengan menggandeng Tokopedia sebagai platform jual-beli daring. Di program ini, para merchant yang berpartisipasi akan menghadirkan penawaran menarik bagi pecinta diecast dan mainan di seluruh Tanah Air.

Kolaborasi ini berupaya memberikan kanal bagi pegiat usaha diecast ataupun mainan secara umum untuk bisa memanfaatkan online marketplace dalam menawarkan produk mereka. Akan ada juga sarana video livestream guna menawarkan produk secara interaktif. Tak ketinggalanmelalui TCS ini pegiat usaha juga dapat mempertahankan bisnis mereka di tengah kondisi pandemi seperti ini.

“Pegiat usaha yang mengadopsi kanal digital dinilai lebih tangguh dalam mempertahankan bisnis dan menjaga ketersediaan lapangan pekerjaan, khususnya di tengah pandemi. IDE adalah salah satu contoh pergelaran offline yang beradaptasi dengan pandemi melalui pemanfaatan platform online. Kami sangat mengapresiasi kolaborasi bersama IDE sebagai upaya terus memberikan panggung seluas-luasnya ke lebih banyak pegiat usaha di Indonesia, terutama UMKM lokal. Harapannya kolaborasi ini bisa memenuhi kebutuhan masyarakat – termasuk para penggemar diecast – dan bersama-sama mendorong pemulihan ekonomi negeri yang saat ini terdampak pandemi,” kata David Kartono, AVP of Business Tokopedia di kesempatan yang sama.

IDE Hybrid Format 2020 tidak hanya menampilkan ajang jual beli, penyelenggara juga akan mengadakan Live Talks, yaitu program talk show yang ditayangkan secara langsung di Tokopedia Live dengan menghadirkan influencer di dunia diecast.

Yang menarik pada tahun ini, kompetisi balap (IDE Live Race Competition) akan disuguhkan melalui konsep diorama dengan mengambil suasana jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat. Diorama IDE Live Race Competition sendiri berukuran 4,8 meter persegi dengan total jalur balap sepanjang 8,5 meter.

Desainer Hotwheels

Tahun ini IDE kembali menghadirkan Philip Riehlman, Hot Wheels Die Cast Principal Designer. Desainer asal Amerika Serikat itu akan mengadakan acara Web-Dinner atau temu virtual. Yang istimewa dari program temu virtual ini, setiap peserta yang mendaftar akan mendapatkan dua buah special event car berupa cuztomized Hot Wheels Mini Cooper edisi terbatas yang hanya dibuat 70 unit per mobil. Serunya, setiap peserta juga berhak mendapatkan sign sheet yang akan langsung ditandatangani oleh Phil.

“Ini adalah bentuk dukungan Hot Wheels Indonesia terhadap IDE. Melalui kolaborasi ini, Hot Wheels Indonesia berharap IDE akan terus bisa berkembang dan menjadi tolak ukur pameran diecast di dunia,” kata Rani Sutedja, Senior Brand Manager Hot Wheels Indonesia.

Sejak pertama kali diselengarakan pada tahun 2014, total transaksi yang terjadi terus menunjukkan tren peningkatan. Selain itu jumlah pengunjung setiap tahunnya juga selalu mengalami peningkatan, mulai dari 10.742 pengunjung di 2014 hingga 13.815 orang pengunjung di tahun 2019.

Tak hanya itu, dalam empat tahun terakhir ajang IDE juga dihadiri oleh bintang tamu internasional seperti Hell’s Dept dari Jepang pada tahun 2016, serta diecaster internasional asal Amerika Serikat yaitu Chris Strangler pada tahun 2017, Jun Imai pada 2018 dan Brendon Vetuskey pada 2019 silam.

“Kesuksesan penyelenggaraan Indonesia Diecast Expo (IDE) sebelumnya yang telah berlangsung selama enam tahun berturut-turut menjadi pembuktian bahwa gelaran ini merupakan tolak ukur industri diecast Tanah Air. Hal ini juga semakin menguatkan bahwa industri diecast merupakan industri kreatif yang potensial di Indonesia,” pungkas Wahyu Prabowo, Public Relations IDE 2020.

Dalam perjalanan menyambut acara puncak IDE 2020, telah dilakukan kegiatan virtual “Road to IDE 2020”, diantaranya IDE Talks, yaitu live podcast bersama para komunitas diecast Tanah Air dan aksi amal untuk membantu pihak yang terdampak pandemi Covid-19 bersama Gerakan Indonesia Kuat.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Versi Siap Produksi Porsche 911 GT3 2021 Terlihat Tanpa Kamuflase

STUTTGART, Carvaganza.com – Generasi terbaru 911 GT3 sepertinya sudah mendekati waktu peluncuran, dan Porsche pun sudah tidak malu-malu menunjukkan wujudnya. Dalam rangkaian spyshot terbaru,...

Belum Paham Soal Transmisi Otomatis? Ini Tips Mudahnya

Mobil dengan transmisi jenis otomatis sudah bukan hal yang aneh lagi. Meski demikian, masih banyak yang belum memahaminya. Mungkin karena memang selama ini menggunakan...

Jeep Compass Mendapat Penyegaran, Tampil Perdana Di Guangzhou Auto Show 2020

JAKARTA, Carvaganza.com – Jeep memperkenalkan versi penyegaran dari crossover compact miliknya, Compass. Mendapat sejumlah penyegaran, Jeep Compass pertama kali ditampilkan ke publik pada Guangzhou...

TEST DRIVE: Ferrari F8 Spider, Sama Kencang dan Seasik Coupe

SINGAPURA, Carvaganza.com - Sebagian besar orang mungkin akan menganggap sports car versi atap terbuka tidak se-hardcore versi coupe. Rasanya anggapan itu banyak beredar. Ferrari...

Begini Ragam Kelebihan Jika Memiliki Hyundai Kona Electric

JAKARTA, carvaganza – Hyundai Kona Electric sudah diluncurkan oleh PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) awal November kemarin di Jakarta. Sebagai mobil listrik murni listrik...