Ini Diecast Langka Yang Ditunggu-tunggu Kehadirannya Oleh Kolektor

  • 2022/05/Dodge-challenger-ta-1970-4.jpg
  • 2022/05/Dodge-challenger-ta-1970-5.jpg

NEW YORK, Carvaganza – Bagi para pecinta diecast, kehadiran benda seukuran 1:18 ini menjadi sebuah kabar baik dan bahan rebutan. Pasalnya, model yang dijadikan bahan adalah mobil super langka yang waktu muncul di Mecum Auction bulan Januari lalu bikin ngeces kalangan kolektor dunia. Prediksi harga sebelum lelang dilaksanakan adalah sebesar US$ 198.000 atau setara dengan Rp 3 milyar.

KEY TAKEAWAYS

  • Siapa builder diecast Dodge Challenger T/A Panther Pink 1970?

    Iwaniek dibantu oleh anaknya Anthony dan berkolaborasi dengan Cherry Bomb Collectibles.
  • Berapa harga lelang Dodge Challenger T/A 1970?

    Harga pra lelangnya bulan Januari lalu diprediksi US$ 198.000 atau kisaran Rp 3 milyar.
  • Berapa jumlah Dodge Challenger T/A Panther Pink yang diproduksi tahun 1970?

    Hanya 41 unit saja.
  • Mobil itu adalah Dodge Challenger T/A tahun 1970 Panther Pink. Ini mobil super langka yang hanya diproduksi pada tahun itu saja. Menjadi salah satu mobil yang paling diincar oleh kalangan kolektor, terutama kolektor mobil-mobil klasik Amerika. Kabarnya, tinggal 12 unit di dunia, satu di antaranya yang dilelang di Mecum Auction.

    Historinya, Dodge berpulas Panther Pink itu diluncurkan pada Januari 1970 sebagai model khusus musim semi dengan sebutan ‘Spring Special’. Warna yang dipakai pun memang warna khusus edisi High Impact Paint (HIP) yang pada tahun 1960-an dan 1970-an dipromosikan besar-besaran oleh pabrikan Dodge dan Plymouth. Warna-warna khusus itu dijadikan sebagai warna mobil regular untuk satu tahun saja. Setelah itu, warna tersebut tak dipakai lagi.

     

    Kehadiran Dodge Challenger T/A versi diecast dengan ukuran 1:18 menjadi berita emas bagi kalangan kolektor. Meski tak bisa memiliki versi aslinya, kolektor bisa mengoleksi versi mininya dengan harga jauh lebih murah, sepersepuluh dari satu persen harga asli. Warna mobil diecast buatan Cherry Bomb Collectibles itu punya cat yang sama, Panther Pink cerah. Bahkan pada bagian bawah kap mesinnya tertanam miniature mesin ‘Six Pack’, lengkap dengan tulisannya seperti yang ada pada versi utuhan asli.

    Diecast Dodge Challenger T/A 1970 Panther Pink

    Diecats Dodge Challenger T/A 1970 Panther Pink itu adalah hasil karya builder diecast kesohor Iwaniek yang dibantu oleh anaknya bernama Anthony. Mobil tersebut merupakan hasil kolaborasi pertama Cherry Bomb Collectibles dengan builder. Salah satu karya Iwaniek yang kesohor 15 tahun lalu adalah diecast Buick GS 1970 dan karyanya itu banyak ditawarkan di eBay.

    Yang bikin menarik lagi dari Dodge Challenger T/A Panther Pink ini adalah dari segi pembuatnya. Jarang sekali Iwaniek berkolaborasi dengan anaknya menghasilkan karya bersama sehingga kolab ini bisa menambah daya jual dari mobil. Iwaniek sendiri dikenal sebagai kolektor kawakan, memiliki ribuan model diecast langka dan spektakuler.

    Bersamaan dengan produksi diecast mobil super langka itu, Cherry Bomb Collectibles juga menawarkan 300 sampel Challenger R/T 1970 dengan warna Bright Red (merah terang). Lengkap dengan velg ‘dog dish’ dan rim-blow yang sangat populer pada era itu.

    Baik Panther Pink dan Bright Red mendapat spoiler Go Wing dan interior warna hitam dengan miniature tuas transmisi empat percepatan untuk Panther Pink dan transmisi otomatis 3 percepatan untuk Bright Red. Nah, kedua diecast itu sudah bisa dideliveri pada bulan Juni atau Juni tahun ini. (EKA ZULKARNAIN)

    Sumber: thedrive

    Baca juga: Ferrari Daytona SP3 Hadir Dalam Bentuk Lego Technic, Detailnya Nggak Main-Main

    Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

    Mobil Pilihan

    • Upcoming

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature