Beranda Review Ini Dia Fitur Toyota New Agya yang Tidak Dimiliki Lawannya

Ini Dia Fitur Toyota New Agya yang Tidak Dimiliki Lawannya

JAKARTA, Carvaganza.com – Toyota melakukan penyegaran pada LCGC andalannya, New Agya. Tampilan dan fiturnya kini membuat hatchback ini menjadi pemain paling up-to-date dan komplet di pasaran. Toyota melakukan ubahan dari sisi eksterior dan menambah fitur dalam kabin. Dengan kelengkapan anyar ini, apa keunggulan Agya? Fitur apa yang tak dimiliki kompetitornya?

Persaingan Low Cost Green Car dua baris agak berkurang. Segmen ini harus kehilangan satu kontestan. Kemungkinan besar Datsun tak lagi bermain dengan GO, Nissan sendiri belum angkat bicara terkait March. Mengetahui kondisi ini berarti persaingan LCGC hatchback hanya digeluti oleh Suzuki Karimun Wagon RHonda Brio Satya, dan si kembar Toyota Agya-Daihatsu Ayla. Sebagai tambahan, segmen tiga baris menyisakan Calya dan Sigra saja.

Berkurangnya lawan tentunya menguntungkan Agya yang baru saja mendapat penyegaran. Ambil contoh head unit touchscreen. Saat ini hanya Agya dan Ayla menggendong sistem multimedia dengan teknologi layar sentuh. Brio dan Karimun menggunakan HU 2DIN. Untuk Agya disediakan pada trim teratas TRD. Padahal melihat kondisi tahun lalu, Datsun membekali peranti ini di hatchback GO mereka.

Nah, ada satu fitur Agya yang tidak dimiliki siapapun di segmen LCGC bahkan di saudaranya sendiri. Itulah tombol start/stop engine. Peranti ini berfungsi sebagai alat menyalakan atau mematikan mesin tanpa perlu menggunakan anak kunci. Mempermudah cara pengoperasian yang pada dasarnya sudah imple. Dahulu ditemukan pada mobil-mobil Eropa mewah nan berkelas, kini diadopsi oleh entry level roda empat walau Cuma ada di varian teratas.

Baca juga: REVIEW: Toyota New Agya, Layakkah Jadi Pilihan Pertama?

Fitur Baru

Penggunaan kontrol AC Digital juga meramaikan pertarungan kelas bulu. Sama seperti Honda Brio Satya, Toyota mulai menerapkan pengaturan suhu kabin lewat layar dan tombol pada Agya 1.2 G. Jika melihat situasi City Car 1.2 liter, Digital Climate Control bukanlah hal baru. Ignis GX duluan mengenakan barang itu. Cukup menarik. Hatchback terjangkau saja sudah punya fitur ini, bagaimana keadaan pertarungan segmen atas di masa depan? Seharusnya semakin canggih lagi.

Toyota membekali peranti lensa guna membantu penerangan ke depan. Lazim disebut sebagai lampu proyektor. Belum LED memang, tapi setidaknya ada upaya menguatkan Agya. Suzuki sudah lebih dulu menempelkan headlamp proyektor ke Karimun Wagon R GS.

Baca juga: Toyota New Agya, Kupas Tuntas Varian Lengkapnya

Mesin

Urusan dapur pacu, disayangkan output Agya terlihat loyo. Coba bandingkan dengan Karimun untuk mesin 1.0L. Jantung hatchback Toyota hanya sanggup menghasilkan tenaga 67 PS disertai torsi puncak 89 Nm. Karimun mencatatkan angka 68 PS disokong kekuatan memuntir 90 Nm. Berlaku pula saat membandingkan pemacu daya 1.2L. Kekuatan Agya hanya mencapai 88 PS sementara Brio sanggup gelontorkan 90 PS. Juga dari sisi momen puntir, unit 1.2-liter Toyota hasilkan 108 Nm dan Honda 110 Nm. Hanya terpaut sedikit tapi begitulah keadaan di atas kertas.

New Toyota Agya terlihat lebih menarik berkat beberapa fitur anyar. Ia seakan mengadaptasi fitur dari kompetitor seperti headlamp proyektor dan AC Digital, kemudian melengkapi diri sendiri dengan Head Unit dan Start/Stop Button. Semua komponen ini kemudian menjadikan kekuatan Agya sebagai LCGC paling komplet. Bagaimana, Anda tertarik?

Baca juga: VIDEO: Lihat Semua Pembaruan Toyota New Agya 2020
Baca Juga: Fitur New Toyota Agya yang Tidak Dimiliki Kompetitor, Apa Saja?

AHMAD KARIM | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Mitsubishi Tawarkan Program Perlindungan Kendaraan Menghadapi Musim Hujan

JAKARTA, Carvaganza -- Menghadapi musim penghujan kondisi kendaraan haruslah prima. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menghadirkan program purna jual dan perawatan kendaraan...

Perhatikan 7 Hal ini Agar Perjalanan Aman Keluar Kota di Sekitar Truk

JAKARTA, Carvaganza -- Anda yang biasa melakukan perjalanan jauh atau keluar kota harus ekstra hati-hati karena banyak kendaraan berukuran besar seperti bus dan truk....

Audi R8 RWD Panther Edition Diciptakan Hanya 30 Unit Khusus Konsumen Amerika Serikat

JAKARTA, Carvaganza.com – Audi bukan brand mobil biasa di Amerika Serikat (AS). Audi cukup punya popularitas. Apalagi sportscar miliknya, Audi R8 beberapa kali tampil...

Grup Astra Berpartisipasi Pada Pelepasan Ekspor Dipimpin Presiden Joko Widodo

JAKARTA, carvaganza -  Grup Astra pada hari ini, Jumat (4/12) ikut berpartisipasi pada acara Pelepasan Ekspor dari Indonesia ke pasar global yang dipimpin Presiden...

Beli Peugeot Bulan Desember, Dapat Voucher Belanja Plus Cicilan Ringan

JAKARTA, Carvaganza -- Desember identik dengan musim liburan. Pengujung tahun 2020 juga menjadi waktu bagi para agen pemegang merek memberikan panawaran istimewa untuk konsumen,...