Beranda New Cars Toyota New Agya, Kupas Tuntas Varian Lengkapnya

Toyota New Agya, Kupas Tuntas Varian Lengkapnya

JAKARTA, Carvaganza.com – Toyota mencoba semangat baru dengan kehadiran New Agya, Kamis (19/3/2020) kemarin. PT Toyota Astra Motor (TAM) menyematkan tagline baru “Start To Never Stop”. Tujuannya agar New Agya makin memperkuat posisinya sebagai mobil pertama pilihan generasi muda di Indonesia.

Saat diperkenalkan pada 2013 lalu, bersamaan dengan kembarannya Daihatsu Ayla, Agya menjadi pionir dalam membuka pasar baru di Indonesia di segmen hatchback untuk kalangan anak muda modern. Sejak 2013 hingga Februari 2020, segmen ini telah membukukan kumulatif penjualan sebesar 841.572 unit. Dari angka itu Agya berkontribusi 33,1% dengan total penjualan 278.465 unit.

Kini New Agya tampil dengan wajah baru. Terakhir facelift pada 2017, Agya kembali diremajakan. Desain Agya bertransformasi menjadi lebih sporty dan kekinian. Beragam fitur anyar turut disematkan, memaksimalkan fungsionalitas.

Total ada 6 tipe yang ditawarkan, 1.0L (2 tipe) dan 1.2L (4 tipe). Banyaknya ubahan, hatchback ini pun mengalami kenaikan harga mulai dari Rp 500 ribuan sampai Rp 5 jutaan. Lantas Agya punya varian apa saja?

Baca juga: REVIEW: Toyota New Agya, Layakkah Jadi Pilihan Pertama?

Agya 1.0 G

Tipe 1.0L G merupakan opsi dasar yang mengusung mesin hanya 1.0-liter. Hadir dalam dua tipe transmisi, manual yang dibanderol Rp 143,8 juta (off the road), sementara versi otomatis di angka Rp 156,710 juta. Oh ya, tipe AT ini baru ada sekarang. Sebelumnya Toyota tidak menyediakan tipe ini.

Meski varian terbawah, ura sporty begitu ketara pada Agya. Bumpernya didesain ulang, membuat grille semakin besar dengan bentuk trapesium. Bagian itu diberikan bingkai menonjol, yang dipadukan rumah foglamp bentuk kotak. Ubahan lain terletak di belakang. Semua itu dilengkapi pilihan warna bodi baru. Toyota menambah Orange Metallic, sambil menyegarkan dua kelir sebelumnya, yakni Silver Metallic dan Yellow.

Peremajaan turut mencakup interior. Jok dibalut pelapis fabric baru, termasuk trim pintu. Urusan kenyamanan di dalam kabin, model kenop AC putarnya direvisi. Sedangkan perangkat hiburan berupa headunit 2DIN. Makin menarik, lantaran pengemudi disuguhkan panel instrumen dengan aksen merah anyar.

Mesin masih menganut model lama. Tak ada perubahan diterapkan. Berkode 1KR-FE 3 silinder VVT-i. Tenaga 67 PS yang keluar di putaran 6.000 rpm. Torsinya sendiri 89,2 Nm di 4.400 rpm. Cukup untuk mendorong mobil bertubuh mungil, yang dapat mengangkut hingga 5 penumpang.

Baca juga: VIDEO: Lihat Semua Pembaruan Toyota New Agya 2020

Agya 1.2 G

Sebagai varian tengah, Agya 1.2L G juga ditawarkan dalam dua pilihan transmisi. Opsi manual mengalami kenaikan harga dari sebelumnya, kini menjadi Rp 148,1 juta. Begitu pula otomatis, dibanderol Rp 161,640 juta. Transformasi eksterior sama seperti yang diimplementasikan pada varian 1.0 G. Namun, sektor penerangan makin elegan dengan New Black Paint. Kemudian pelek alloy berukuran 14-inci didesain dengan palang terasa lebih dinamis.

Ia dikombinasikan new side body moulding. Hal baru lainnya yang dapat membantu pengemudi adalah spion retractable. Lewat satu tekanan pada tombol, perangkat yang berfungsi untuk melihat kondisi di belakang mobil itu bisa melipat secara otomatis.

Kondisi sama terjadi pada kabin. Transformasi serupa dengan model 1.0 G. Namun, ada tambahan pengatur suhu kabin. Tak lagi berupa kenop putar, melainkan sudah digital dengan tombol. Layarnya menampilkan indikator level putaran kipas dan suhu. Walau begitu, pengaturan arah semburan tidak tersedia.

Bagaimana dengan jantung mekanis? Masih menggunakan mesin 3NR-FE dual VVT-i. Konfigurasi 4-silinder kapasitas 1.2-liter. Ia mampu menghasilkan daya 88 PS di 6.000 rpm dan momen unter 107 pada putaran 4.200 rpm.

Baca juga: Toyota New Agya Meluncur, Makin Sporty dan Ada Fitur Baru

Agya 1.2 G TRD

Varian ini menjadi varian tertinggi dan tampilannya sangat sporty. Gaya baru New Agya mendapat perangkat TRD (Toyota Racing Development). TRD S Front Spoiler tampak apik, bak mobil balap. Begitu pula di belakang, terpasang TRD S Black Rear Spoiler yang kontras dengan bodi, dan berpadu dengan high mount stop lamp. Fungsinya membantu aliran udara agar lebih baik. Sisanya, sama dengan varian 1.2 G.

Ada perbedaan signifikan pada versi TRD pada perangkat pendukung. Bila sebelumnya mengandalkan kunci konvensional untuk mengakses kabin, atau mengontrol mesin, kini sudah keyless. Bahasa sederhananya, proses menyalakan dan mematikan dapur pacu tak lagi memerlukan kunci. Karena tersedia Start/Stop Button di ujung kanan dasbor yang tinggal pencet.

Kemudian infotainment didukung layar sentuh yang bisa dikoneksikan ke smartphone, lewat Bluetooth, USB atau AUX. Imbuhan lainnya pada interior sama seperti 1.2 G, termasuk pula jantung mekanis.

Bagaimana dengan harga? Varian TRD ini dipatok Rp 153,445 juta untuk opsi transmisi manual, dan Rp 169,290 juta pada otomatis. Nah yang mana cocok dengan gaya dan kantong Anda?

Baca Juga: New Toyota Agya Meluncur, Ini Varian Lengkapnya

MUHAMMAD HAFID | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

video

VIDEO: Mobil Toyota Paling Buas Muncul Di Trek Le Mans

SARTHE, Prancis, Carvaganza.com – Akhirnya hypercar hybrid Toyota GR Super Sport diperkenalkan untuk pertama kalinya ke publik. Padahal ini mobil sudah dijadikan bahan pemberitaan...

Velozity Chapter V – Kapur Gelar Kopdar Kemanusiaan Donor Darah

KARAWANG, Carvaganza.com -  Di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, sesama manusia harus meningkatkan saling kepedulian. Wabah Corona telah menimbulkan dampak terhadap ragam sektor...

Lengkapi Versi Hybrid, Honda CR-V PHEV Mendebut Di Pameran Beijing

BEIJING, Carvaganza.com – Ketika Indonesia masih sibuk dengan pandemi COVID-19, Cina sudah berencana menggelar pameran off-line otomotif. Bukan lagi secara virtual, melainkan sebuah kegiatan...

Karena PSBB, Daihatsu Perkecil Jumlah Karyawan Masuk Kantor

JAKARTA, Carvaganza.com – Pabrikan Daihatsu menerapkan kebijakan baru untuk menanggapi Pergub DKI mengenai penerapan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pergub DKI Jakarta itu...

TEST DRIVE: Renault Kwid Climber, Kesan yang Membekas

JAKARTA, Carvaganza.com -  Saya memarkir Renault Kwid Climber di salah satu kedai kopi di bilangan Fatmawati, Jakarta dan memilih meja di area terbuka tidak...