Hypercar 1.400 hp Hongqi S9, Siap Tulis Ulang Sejarah Otomotif Cina

SHANGHAI, Carvaganza – Shanghai Auto Show 2021 yang sedang berlangsung saat ini menampilkan banyak sekali peluncuran mobil baru. Bukan hanya untuk pasar domestik Cina, tapi banyak juga yang melakukan global debut. Salah satunya Hongqi S9, hypercar buatan Cina bertenaga 1.400 hp.

Hongqi S9 adalah karya produsen mobil FAW yang di Indonesia lebih terkenal dengan kendaraan niaganya. FAW berkolaborasi dengan Silk EV, rumah desain asal Italia sekaligus perusahaan teknologi yang bertugas untuk menggambar bentuk kendaraan serta mengembangkan sistem penggerak listriknya.

Hongqi S9

Mobil yang versi konsepnya ditampilkan pada Frankfurt Motor Show 2019 ini disebut oleh mereka sebagai kombinasi antara teknologi dan seni, penyatuan unsur klasik dan inovasi, gabungan antara Timur dan Barat. Maksudnya, sentuhan desain rumah desain asal Italia memang kental terasa. Siluet tubuhnya yang indah lebih mirip mobil Eropa ketimbang mobil Cina. Desainnya membuatnya pantas disandingkan sejajar dengan produsen hypercar mewah lain seperti Ferrari ataupun Pagani.

Bukan sesumbar, desain mobil ini dipunggawai Walter de Silva, orang yang sama yang bertanggung jawab terhadap desain keseluruhan Audi R8. Apalagi, mobil ini kini dibalur cat berwarna merah merona yang sangat dekat dengan warna kebanggaan Ferrari.

Performa membuktikan

Terlalu berlebihan menyamakan mobil ini dengan brand ikonik nan legendaris seperti Ferrari? Biar performa yang membuktikan. Karena Hongqi S9 dibekali mesin yang akan sanggup melesatkan dirinya melesat dari posisi diam sampai menyentuh 100 km/jam dalam 1,9 detik saja! Tak berhenti sampai disitu, ia pun masih terus dapat melaju hingga kecepatan maksimum 400 km/jam. Peformanya dihasilkan oleh mesin hybrid, penggabungan mesin supercharged V8 dengan motor elektrik yang keduanya meghasilkan tenaga puncak 1.400 hp.

Desain menawan khas Italia itu tadi berkontribusi terhadap performanya secara aerodinamis. Jadi bukan Cuma sebagai penyedap rasa saja. Belum lagi mobil ini punya variable geometry spoiler dan rem inovatif dari material carbon fiber. Desain lampu utamanya lebih unik lagi Karena terintegrasi dengan lubang udara tempat masuknya angin untuk mendinginkan mesin Hongqi S9. Belum lagi interiornya yang dilengkapi berbagai teknologi dan fitur mutakhir.

Sebagai kendaraan yang istimewa, Silk-FAW ingin memberikan kesan yang lebih istimewa lagi bagi pemiliknya. Makanya Hongqi S9 hanya akan dibuat 99 unit saja untuk dijual ke seluruh dunia mulai awal tahun 2022 mendatang. Menurut FAW, Hongqi S9 menjadi pintu masuk bagi deretan produk elektrik lain dari Hongqi S Series di masa akan datang. RIZKI SATRIA

Artikel yang direkomendasikan untuk anda