Healing ke Yogyakarta Naik Hyundai STARGAZER Part-2: Performa Superior dan Sarat Fitur Berguna

Travelogue Hyundai Stargazer

YOGYAKARTA, Carvaganza - Hyundai STARGAZER menyajikan banyak fitur penunjang selama perjalanan. Semua membuat aktivitas berkendara keluar kota tetap enak dan mengasyikkan. Sangat terasa kala menempuh lebih dari 1.400 kilometer perjalanan Jakarta - Yogyakarta - Jakarta. Tak hanya memberi rasa nyaman, tapi juga aman. Semua dirancang atas kebutuhan sebuah mobil keluarga.

Kami sudah menceritakan bagaimana STARGAZER mampu menunjang segala keperluan perjalanan panjang. Khususnya akomodasi dan kepraktisan kabin. Khusus varian Prime yang berkonfigurasi 6-seater, memberi banyak sajian kenyamanan. Semua jok berbalut material kulit enak diduduki serta banyak area penyimpanan untuk meletakkan barang. Sekarang giliran performa dan ragam fitur canggih. Tak hanya berguna saat perjalanan luar kota, tapi asyik juga ketika menikmati berkeliling Yogyakarta.


Travelogue Hyundai Stargazer

Fitur Berkelas

Destinasi di Yogyakarta seolah tak ada habisnya. Andai punya banyak waktu, tentu ingin menyambangi semua. Pusat kota sudah tentu menjadi tujuan utama. Sebut saja Tugu Yogyakarta, Alun-alun, Keraton, Titik Nol Yogyakarta dan hiruk-pikuk Jalan Malioboro. Kami arahkan juga laju STARGAZER ke pesisir Pantai Selatan. Menikmati keindahan Pantai Parangtritis serta Parangkusumo.

Baca Juga: Healing ke Yogyakarta Naik Hyundai STARGAZER Part-1: Eksplorasi Kenyamanan Sang Bintang Baru Keluarga

Dalam perjalanan, ragam fitur STARGAZER sangatlah berguna. Contoh kecil namun sangat penting saat ini, menghubungkan smartphone ke head unit. Untuk pengguna Android maupun iOS sangatlah mudah. Karena sudah ada Android Auto dan Apple CarPlay. Sebelum beranjak jalan tentu sambungkan terlebih dahulu. Itupun tanpa perlu kabel alias wireless. Seketika pengaturan smartphone bisa dilakukan via monitor layar sentuh berukuran 8 inci. Terpenting tentu saja mengatur peta digital serta musik sebagai sarana hiburan. 

Varian Prime dilengkapi peranti canggih Hyundai SmartSense. Ini merupakan paket asistensi berkendara yang meningkatkan keselamatan maupun kenyamanan. Satu fitur paling berguna saat berada di tengah keramaian lalu lintas adalah Blind-spot Collision-avoidance Assist (BCA). Ketika sedang menyetir, pasti ada titik buta yang tak dapat terdeteksi mata. BCA memonitor daerah itu dan memberi lampu peringatan di spion luar apabila ada objek dalam area blind spot. Begitu ada potensi benturan, sistem akan memfungsikan pengereman darurat.

Travelogue Hyundai Stargazer

Rem otomatis juga dapat bekerja di area depan dan belakang. Ada fitur Forward Collision-avoidance Assist (FCA) yang memantau terus bagian depan. Jika terdeteksi kendaraan lain atau ada pejalan kaki menyeberang dan pengemudi tidak mengurangi kecepatan, muncul suara peringatan. Kalau tidak bereaksi maka rem akan bekerja secara otomatis. Lalu Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist (RCCA) untuk bagian belakang. Ini sangat menolong ketika keluar parkir dalam keadaan mundur. Objek di belakang sulit terdeteksi, maka timbul peringatan dan bisa mengerem sendiri.

Dalam Hyundai SmartSense juga termasuk fitur Lane Keeping Assist (LKA) dan Lane Following Assist (LFA). Singkatnya, ketika sistem aktif mobil seolah terkendali sendiri agar selalu dalam lajurnya. Ya, sangat berguna saat di jalan tol. Kamera akan terus melacak, mendeteksi dan memantau posisi kendaraan supaya tetap di lajur awal. Demi menghindari kelalaian juga seperti mengantuk atau teledor. Begitu mobil mulai melenceng keluar lajur, otomatis timbul suara peringatan, setir bergetar dan otomatis bergerak sendiri mengembalikan posisi mobil. Bahkan bisa sambil lepas tangan dari kemudi. Asalkan tidak berlama-lama sebab tetap butuh kewaspadaan serius dari pengemudi.

Selebihnya, Hyundai STARGAZER dilengkapi peranti keselamatan standar yang sudah komplet. Mulai dari 6 titik airbag (pengemudi, penumpang, samping dan tirai). Sistem aktif Anti-lock Braking System (ABS), Brake Assistant System (BAS), Electronic Stability Control (ESC), Vehicle Stability Management (VSM), Hill-Start Assist Control (HAC) dan masih banyak lainnya.

Baca Juga: Hyundai Kasih Pelatihan Mobil Listrik Kepada Aparat Negara Jelang G20

Makin menarik kehadiran Bluelink. Merupakan teknologi konektivitas yang menghubungkan mobil dan pemilik melalui aplikasi. Mulai dari membuka kunci, menyalakan mesin hingga mengatur AC semudah jentikan jari di smartphone. Berbagai informasi kendaraan juga bisa didapat. Misal mengetahui lokasi mobil berada. Terdapat tombol Bluelink mengarahkan ke call center untuk road assistance. Di sebelahnya terdapat tombol SOS bila dalam keadaan darurat. Dalam perjalanan jauh keluar kota mampu memberi rasa tenang juga.

Potensi Performa

Jelas performa Hyundai STARGAZER teruji dalam perjalanan kali ini. Mesin Smartstream 4-silinder 1.5 liter tak hanya bertenaga, tapi juga efisien. Menyusuri jalan tol Trans Jawa memang menjadi sarana tepat untuk meluapkan kemampuannya. Namun bukan hal yang bijaksana karena wajib mematuhi peraturan batas kecepatan. Daya dihasilkan 115 PS dan torsi maksimum 143,8 Nm termasuk paling besar di kelasnya. Tidak butuh usaha berat dalam mengembangkan setiap percepatan. Apalagi didukung girboks IVT yang punya respons cekatan. Perpindahannya bisa diatur manual via tuas transmisi. Eksplorasi tenaga dan torsi bisa dilakukan sesuai kebutuhan.

Travelogue Hyundai Stargazer

Disediakan Drive Mode yang tombolnya berada di sebelah tuas. Pilihannya ada Eco, Normal, Sport dan Smart. Seusai kebutuhan, setiap mode memiliki perbedaan respons throttle dan momen percepatan. Yang menarik Smart. Dalam opsi ini pengaturan berlangsung otomatis sesuai karakter berkendara. Misal jika berjalan konstan, maka mode masuk ke Normal. Begitu pedal gas diinjak agresif, seketika menjadi Sport.   

Melintasi tol Trans Jawa yang panjang, lebih nikmat cruising santai bersama STARGAZER. Didukung fitur cruise control, atur kecepatan diinginkan dan lepas pedal gas. Mesin meraung rendah, kecepatan 100 km/jam hanya butuh putaran mesin 2.000 rpm. Ini yang membuat efisien bahan bakarnya tinggi. Rata-rata konsumsi di MID dengan mudah menunjukkan 18 km/liter. Untuk rute kombinasi tertera 13,7 km/liter. 

Dikombinasikan fitur Lane Keeping Assist (LKA), semakin menambah rileks dari balik kemudi. Sesekali bisa melepas sebentar tangan dari setir. Asal tidak terlalu lama dan harus tetap fokus ke jalan. Ditambah lagi suspensi superior mampu meredam berbagai kondisi permukaan jalan. Bantingan empuk tapi rebound-nya mantap. Sambungan jembatan yang terkadang mengejutkan, tidak membuat pengendalian menjadi liar. Kestabilan juga patut diapresiasi. Kecepatan tinggi tidak terasa melayang. Lalu sistem Column-Motor Driven Power Steering (MDPS) membuat kemudi semakin berbobot. 

Berakhir pekan di Yogyakarta tak hanya menyegarkan semangat kembali. Semua semakin sempurna bersama Hyundai STARGAZER sebagai pelengkap teman perjalanan. Kami dibuat terbuai dengan kenyamanannya dan disuguhkan banyak teknologi pintar.
(ANINDIYO PRADHONO)

Baca Juga: Ini Dia Generasi Baru Hyundai Grandeur, Sedan Mewah Sekelas S-Class

Pelajari lebih lanjut tentang Hyundai Stargazer

  • Tampak Depan Bawah Hyundai Stargazer
  • Tampak samping Stargazer
  • Tampak Depan Hyundai Stargazer
  • Tampak atas Stargazer
  • Hyundai Stargazer Front Side View
  • Tampak depan medium Hyundai Stargazer
  • Hyundai Stargazer Front Cross Side View
Hyundai Stargazer
Rp 247,2 - 316,2 Juta Cicilan mulai dari : Rp 5,64 Juta

Mobil Hyundai Lainnya

  • Hyundai Creta
    Hyundai Creta
  • Hyundai Santa Fe
    Hyundai Santa Fe
  • Hyundai Stargazer
    Hyundai Stargazer
  • Hyundai Ioniq 5
    Hyundai Ioniq 5
  • Hyundai Palisade
    Hyundai Palisade
  • Hyundai Stargazer X
    Hyundai Stargazer X
  • Hyundai Staria
    Hyundai Staria
  • Hyundai i20
    Hyundai i20
  • Hyundai Ioniq 6
    Hyundai Ioniq 6
  • Hyundai Kona
    Hyundai Kona

Don't Miss

Featured Articles

Read All

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Hyundai Pilihan

  • Upcoming

Pilihan mobil untuk Anda

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature