Beranda Updates GIICOMVEC 2020 Siap Dukung Pertumbuhan Industri Otomotif

GIICOMVEC 2020 Siap Dukung Pertumbuhan Industri Otomotif

JAKARTA, Carvaganza.com – Meski kondisi ekonomi tak terlalu menggembirakan, Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020 menjadi ajang para produsen kendaraan komersial unjuk tampil resmi dibuka. Gelaran di tahun kedua ini tetap mengambil tempat di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. Digelar selama 4 hari pada 5-8 Maret 2020.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sebagai asosiasi pabrikan kendaraan di Indonesia mengatakan ajang ini punya arti penting. Pameran menjadi salah satu cara dalam mendukung pertumbuhan industri kendaraan komersial di Tanah Air. Tahun lalu, pertumbuhan segmen komersial cukup bak meski kondisi berat. Tahun ini, kondisi yang sama diperkirakan akan terulang. Diharapkan adanya GIICOMVEC, perkembangan di sektor ini dapat kembali meningkat.

“Perjalanan tahun lalu cukup berat. Namun, tahun ini kami optimis akan menguat,” ucap Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi saat pembukaan di Jakarta, Kamis (5/3/2020).

Walau digelar setiap dua tahun sekali. GIICOMVEC masih mendapat kepercayaan yang besar dari para produsen. Tercatat, pada gelaran kali ini ada lima produk dan inovasi baru dari pabrikan bakal diluncurkan. Tentunya, mereka bakal makin meramaikan event bertaraf internasional itu.

Lebih dari 10 brand besar turut berpartisipasi dari merek Cina, Jepang, sampai Jerman. Seperti DFSK, FAW, Hino, Isuzu, Daihatsu, hingga Mercedes Benz dan lainnya. Beberapa merek bahkan sudah mengonfirmasi bakal meluncurkan produk anyar di perhelatan ini. Antara lain Hino, Mitsubishi, DFSK, dan Suzuki.

Dukungan Industri

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita hadir dalam acara pembukaan. GIICOMVEC 2020 mendapat apresiasi dari pemerintah. Agus mengungkapkan GIICOMVEC merupakan komitmen dari Gaikindo untuk mendukung industri otomotif, khususnya kendaraan komersial.

Ia meminta agar semua sektor yang terlibat dalam industri otomotif agar terus bergerak. Meskipun kondisi saat ini terbilang sulit, ditambah adanya wabah COVID-19. Ia mengatakan kerja keras dibutuhkan karena industri otomotif pada tahun ini ditargetkan meningkat. “Industri otomotif ditargetkan untuk tumbuh 6 persen untuk 2020,” katanya.

Salah satu sektor yang diharapkan bisa digenjot adalah aktivitas ekspor dan industri komponen lokal. Untuk ekspor, pemerintah masih tetap berpegang pada misi mencapai angka 1 juta unit. Sementara komponen lokal saat ini masih berada di level yang terbilang kecil, bila dibandingkan negara tetangga seperti Thailand.

“Industri komponen di Indonesia ini masih kecil. Sekitar 700, sedangkan di Thailand sudah 1.600 perusahaan,” kata Menperin.

Kampanye B30 dan ODOL

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perindustrian turut mengungkapkan terkait Biodiesel 30 persen (B30) dan ODOL (Over Dimension Over Load). Hal ini pun sejalan dengan gelaran GIICOMVEC yang fokus menyajikan produk sesuai regulasi pemerintah, dan menjaga keselamatan berkendara.

B30 sendiri dikatakan menjadi inovasi yang membanggakan. Pasalnya, Indonesia menjadi negara pertama yang mengimplementasikannya. Hal ini pun dinilai dapat memberikan keuntungan, yakni penyerapan biodiesel dalam negeri yang cukup besar. Tentu ia juga berdampak pada penurunan impor bahan bakar fosil, sehingga dapat menghemat pengeluaran.

“Program B30 ini pada 2020 akan mampu menyerap biodiesel dalam negeri sebesar 9,6 juta kiloliter. Sehingga mengurangi impor bahan bakar fosil,” jelas Menperin Agus Gumiwang.

Untuk ODOL, pemerintah tetap pada jalurnya dengan mengaktifkan kebijakan itu pada 1 Januari 2023. Tujuannya untuk meningkatkan keselamatan di jalan. Penundaan yang terjadi dikatakan akibat adanya tekanan ekonomi global yang masih berat. Termasuk pula permintaan produsen yang membutuhkan waktu untuk menyesuaikan produknya.

Baca Juga: GIICOMVEC 2020 Dibuka, Diharapkan Bantu Genjot Industri Otomotif

MUHAMMAD HAFID | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Banyak Permintaan Shipping, Bisnis Logisly Catat Pertumbuhan Selama Pandemi

JAKARTA, Carvaganza.com – Tahun 2020 telah berjalan menjadi periode yang sulit dari segi bisnis, khususnya karena pandemi COVID-19 yang terjadi. Banyak bisnis yang jatuh...

SPYSHOT: BMW Siapkan X8 Jadi Model SUV Termahal?

MUNICH, Carvaganza.com – BMW pernah menyatakan tidak berencana untuk membuat model SUV flagship, di atas X7 saat peluncurannya. Namun sepertinya rencana telah berubah, setelah...

Perbandingan Angka Performa Mercedes-AMG GLE 63 VS Maserati Levante Trofeo

JAKARTA, carvaganza.com -  Dulu kecepatan boleh saja didominasi oleh supercars atau performance car. Namun jaman telah berubah. Penguasa kecepatan sekarang bukan lagi muscle atau...

Bulan Oktober, Ada Karimun Wagon R Edisi Khusus akan Dirilis Suzuki

JAKARTA, Carvaganza.com - Menjadi peluncuran pamungkas tahun ini, Suzuki Indonesia siap lansir Karimun Wagon R Limited Edition. Jenis hatchback LCGC diramal berubah minor di...

Honda Civic Type R Berjaya Balap 24 Jam di Nurbrugring

NURBURG, Carvaganza.com – Akhir pekan lalu digelar ajang balap ketahanan Nurburgring 24 Hour di Jerman. Berbagai kelas balap turing disatukan dalam satu rangkaian seri...