FV Frangivento Sorpasso, Supercar Bengis Asal Italia dengan Asisten Pribadi

TORINO, Carvaganza – Perubahan jaman membawa industri otomotif bergeser ke arah yang lebih efisien dan ramah lingkungan. Namun di saat ramai-ramai tumbuh perusahaan start up membuat mobil listrik, perusahaan asal Italia ini masih tetap mempertahankan tradisi supercar bermesin bengis. FV Frangivento Automobili baru saja merilis dua supercar terbarunya.

Kalau Anda belum kenal FV Frangivento, tak perlu malu. Wajar saja karena manufaktur supercar asal Italia ini memang bukan produsen mobil populer. Bahkan kalau Anda ketik namanya di Google, yang muncul cuma akun Instagram resminya saja. Tak punya situs resmi, FV Frangivento bahkan tak tedaftar di Wikipedia.

FV Frangivento Asfane

 

Meskipun perusahaan kecil, namun sebetulnya FV Frangivento punya karya-karya yang tak bisa dipandang sebelah mata. Contohnya hypercar perdananya yang meluncur tahun 2019, Asfanè DieciDieci. Arti Asfanè dalam dialek Piedmontese (bahasa yang dipakai masyarakat Italia bagian Utara) adalah ‘tidak mungkin’. Sedangkan DieciDieci artinya ‘sepuluh sepuluh’ yang merujuk ke output performa mobil itu. Mungkin maksud nama mobil itu, tak ada yang tak mungkin untuk bisa menghasilkan hypercar bertenaga 1.010 hp.

Didirikan pada 2015 oleh pengusaha Iyalia Paolo Mancini dan desainer Giorgio Pirolo, perusahaan ini punya rekanan perusahaan-perusahaan besar di industri ini seperti Pirellu, Sparco, Brembo hingga OZ Racing. Jadi seharusnya kualitas Asfanè DieciDieci tak perlu diragukan lagi bukan?

Apalagi yang bikin mobil itu semakin menarik, performa buasnya didukung oleh dua motor elektrik. Tak kalah menarik, desain mobil ini yang sangat berbeda dari mobil pada umumnya. Desainnya yang tak biasa ini cocok untuk mereka yang tak ingin terlihat biasa pula. Malah kalau dilihat-lihat Asfanè DieciDieci punya bentuk layaknya mobil Tamiya yang super agresif.

FV Frangivento Sorpasso Stradale

Cukup pengantar tentang FV Frangivento Automobili, sekarang kita bahas kedua mobil barunya, Sorpasso Stradale dan Sorpasso GTXX. Keduanya sebetulnya sama hanya beda varian saja. Varian Strdale punya spesifikasi output 610 hp sedangkan GTXX bertenaga 850 hp.

Tenaga sebesar itu dihasilkan mesin V10 tanpa bantuan induksi turbo maupun motor elektrik. Konfigurasi mesin yang menjanjikan kemurnian berkendara supercar bermesin bensin. Akselerasi 0-100 km / jam Sorpassi GTXX diklaim hanya 2,9 detik saja dan terus dapat melaju hingga kecepatan maksimum 345 km / jam. Wow!

 

Bukan hanya bisa ngebut kencang, tapi desainnya dari luar saja juga sudah menunjukkan performanya itu. Dibalur cat berwarna Abu-abu Hèrmes untuk versi Stradale dan tema two-tone yang agresif untuk varian GTXX, desain Sorpasso terinspirasi dari dunia balap terutama balap GT3. Makanya mobil ini punya paket aerodinamika berupa sayap berukuran besar di bagian belakang.

Sementara itu interiornya didesain dengan material kulit berkelas oleh Mario Levi Group dan Alcantara. Kabin yang minimalis tetap terlihat mewah berkat sentuhan detail berteknologi tinggi. Ya, mobil ini dihadirkan dengan fitur asisten pribadi yang bisa diajak bicara.

FV Frangivento Sorpasso Stradale

Teknologi artifical intelligence oleh Sistemvo diadopsi berikut dengan Avatar Driving Asistant yang dapat diajak berkomunikasi bak Jarvis di film Marvel The Avengers. Tampilan Avatar ini bisa Anda pesan khusus sesuai dengan keinginan Anda.

Personalisasi tak hanya bisa dilakukan pada Avatar semata. Tetapi sampai ke seluruh kendaraan. Mereka menawarkan dua program personalisasi, yakni Programma Sviluppo dan Programma Ego yang memungkinkan Anda berkonsultasi dengan tim desainer Frangivento saat mendesain eksterior dan interior mobil pesanan Anda. Tak berhenti sampai di situ, Anda bahkan bisa mengganti nama mobil ini. Khusus varian GTXX, konsumen bisa mengganti ‘XX’ dengan nomer maupun huruf pilihan Anda. Misalnya, Sorpasso GT10 ataupun Sorpassi GTRS (Grand Tourer Rizki Satria), terserah Anda. Menarik bukan? RIZKI SATRIA

Artikel yang direkomendasikan untuk anda