Beranda New Cars Ford GT 2020 Tingkatkan Performa demi Lawan Ferrari

Ford GT 2020 Tingkatkan Performa demi Lawan Ferrari

DETROIT, Carvaganza.com – Setelah sekitar empat tahun beredar, Ford GT untuk pertama kalinya mendapat update di tahun 2020 ini. Pada versi baru ini, GT mendapat peningkatan dari sisi performa, baik dari mesin maupun aerodinamika.

Tidak terlalu kentara apa yang berubah pada GT, khususnya dari sisi penampilan. Ford melakukan ubahan yang cukup tersembunyi, bahkan mungkin nyaris tidak terlihat untuk mereka yang tidak familiar dengan GT generasi terbaru ini.

Mulai dari mesin, Ford meningkatkan output dari unit V6 3.5 liter twin-turbo milik GT, dari bertenaga 647 hp menjadi 660 hp. Ford menerapkan koil pengapian bereneergi lebih tinggi, lalu desain piston yang dioptimalkan pendinginannya, agar bekerja lebih baik saat mencapai temperatur tinggi.

Peningkatan dari mesin disertai dengan aplkasi sistem knalpot baru dari Akrapovic sudah sebagai standar, yang sebelumnya menjadi opsi terpisah. Kanlpot baru ini diklaim berbobot 4 kilogram lebih ringan daripada versi standar sebelumnya.

Aerodinamika

Dari sisi aerodinamika, terjadi perubahan pada bentuk struktur body bagian belakang untuk aliran udara lebih baik 50% di permukaan mobil. Desain ini diikuti oleh dimensi intercooler lebih besar, demi membantu kinerja turbo saat digeber secara konsisten.

Urusan handling, GT mendapat peningkatan pada suspensi agar lebih baik perilaku dan body control saat Track Mode diaktifkan. Dengan begitu, GT bisa semakin kompetitif melawan Ferrari 488 GTB yang menjadi benchmark supercar saat ini.

Untuk opsi upgrade performa, Ford berikan GT edisi khusus yang lebih mendekati karkater mobil balap. Melalui varian GT Liquid Carbon, konsumen bisa mendapatkan panel body serat karbon yang terekspos untuk dipamerkan, berikut velg serat karbon juga menjadi standar.

Striping Racing

Opsi tambahan dari edisi ini adalah baut roda berbahan titanium, sabuk pengaman enam titik ala mobil balap, serta striping racing pada eksterior. Ford bahkan menyediakan opsi warna livery Gulf Racing Heritage untuk GT, persis mobil balap GT40 yang menangkan Le Mans di 1968 dan 1969.

Livery Gulf Racing memiliki perbedaan pada porsi perpaduan antara warna biru dan oranye, begitu juga dengan decal nomor 9 diganti menjadi 6.

Saat ini, GT generasi ketiga ini baru tersedia untuk dipesan di Amerika Serikat, tanpa rencana untuk menyediakannya ke negara lain. Bahkan karena alokasi unitnya sudah terpenuhi, produksi global supercar ini resmi akan dihentikan pada tahun 2022.

Sumber: Autocar

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto