F1: Max Vestappen Menangi Balapan Terpendek GP Belgia, Mobil Lubricants Berikan Apresiasi

F1 GP Belgia 2021

STAVELOT, Carvaganza -- Hujan deras yang berlangsung selama 3 jam lebih memaksa gelaran Formula 1 GP Belgia di Circuit de Spa-Francorchamps, Minggu (29/8/2021) urung dilaksanakan. Pembalap Red Bull Honda Racing, Max Verstappen, didaulat naik podium pertama. Tiga lap dalam kawalan safety car di saat hujan deras membuat balapan harus dihentikan demi keselamatan pembalap, sebab kondisi lintasan banyak genangan tidak memungkinkan ditambah dengan jarak pandang yang minim.

Para pembalap hanya melakukan dua lap lebih, namun kurang dari 75 persen dari seharisnya. Race Director Michael Masi akhirnya mengeluarkan bendera merah. Setelah bebetapa kali delay panitia akhirnya memutuskan balapan dihentikan. Ini menjadi balapan terpendek yang pernah terjadi sepanjang sejarah F1.

Dalam catatan resmi F1, Vestappen finish dengan catatan waktu hanya 3 menit 27,071 detik. Ia meraih setengah nilai dari seharus pemenang yaitu 12,5 poin. Posisi kedua ada George Russel (William) yang terpaut 1,995 detik dan posisi ketiga Lewis Hamilton (Mercedes) 2,601 detik kemudian.

Max Verstappen

Ini merupakan kemenangan pertama Verstappen di sirkuit Spa-Francorchamps. Sementara itu kemenangan tersebut juga kemenangan pembalap asal Belanda tersebut yang keenam serta kemenangan ketujuh tim Red Bull Racing Honda di musim F1 2021 ini.

Meski kurang menegangkan, Vertappen mengatakan senang. "Selalu luar biasa bisa berhasil menang dan meraih poin penting, tetapi hari ini tidak seperti yang diinginkan siapapun (hujan deras) terutama pada start balapan yang ke-50 kami dengan Honda. Saya pikir sangat penting bisa raih pole position kemarin dan meskipun sangat disayangkan (saya) tidak melakukan beberapa lap balap yang tepat, karena saya sangat suka datang ke trek ini namun itu tidak memungkinkan dalam kondisi seperti ini," kata pembalap bernomor 33 tersebut.

Balapan GP Belgia kali ini Red Bull Racing sekaligus ingin memberikan perayaan 50 kali Honda start balapan. Hal ini didukung pula melalui terobosan baru pelumas mesin yang dikembangkan oleh Mobil 1 bekerja sama dengan Honda Research & Development dan Red Bull Racing Honda. Pelumas mesin Mobil 1 RB16B yang baru dirancang khusus untuk unit daya Honda yang baru, membantu menghasilkan tenaga maksimum tanpa mengorbankan perlindungan atau efisiensi bahan bakar.

Kemenangan Red Bull Racing Honda dan Max Verstappen ini disambut Rommy Averdy Saat sebagai Mobil Consumer Brand General Manager PT ExxonMobil Lubricants Indonesia. Ia mengatakan meski kondisi tidak memungkinkan namun pencapaian podium Max Verstappen di F1 Belgia 2021 ini layak diapresiasi.

"Selamat kepada Verstappen yang akhirnya kembali meraih podium kemenangan di sirkuit Spa-Francorchamps. Kami sangat bangga dan berharap kemenangan ini terus dilanjutkan di seri berikutnya di F1 Belanda dan menunjukkan pelumas mesin Mobil 1 bekerja optimal di RB16B," katanya.

Baca juga: Demi Balapan Lebih Seru, F1 Beri Penghargaan Khusus Pembalap Paling Sering Overtake

F1 GP Belgia 2021

Rommy juga menyampaikan bahwa pelumas yang digunakan oleh tim Red Bull Racing juga tersedia di pasar Indonesia. Rangkaian produk Mobil Super ini telah dilengkapi dengan spesifikasi standar industri terkini API SP. Ada Mobil Super All in One Protection yang memberikan perlindungan mesin kendaraan dari suhu yang semakin panas yang dapat diatasi oleh Full synthetic dengan Heat Activated Anti-wear Molecules.

Kemudian Mobil Super Friction Fighter dilengkapi dengan lapisan perlindungan tambahan dari Friction Fighter Molecules memberikan kesempatan untuk lebih banyak perjalanan saat mesin terlindungi dari keausan. Sedangkan Mobil Super Everyday Protection dengan Extengine Molecules, membuat usia kendaraan lebih panjang untuk lebih banyak tujuan bersama keluarga.

Kemenangan ini membuat Verstappen kini hanya terpaut 3 point dari pimpinan klasemen, Lewsi Hamilton. Pembalap Mercedes asal Inggris itu mengemas nilai 202.5 sedangkan Verstappen 199.5 poin. Posisi ketiga klasemen sementara ditempati Lando Norris (McLaren Mercedes) dengan 113, diikuti Valtteri Bottas (Mercedes) 108 poin, dan Sergio Perez (Red Bull Racing Honda) 104 poin. Jadwal ketat kembali dihadapi para pembalap. Mereka akan bertarung di seri ke-13, GP Belanda, yang berlangsung di Circuit Zandvoort, pada 5 September 2021 mendatang. (RAJU)

F1 klasemen

Baca juga:  Ini 10 Mobil F1 Termahal yang Pernah Dilelang

Mobil Honda Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature