F1 Azerbaijan Resmi Ditunda, Musim 2020 Semakin Mundur

BAKU, Carvaganza.com – Kabar tak mengenakkan itu akhirnya datang juga. Setelah menyampaikan pertimbangannya untuk gelar F1 sesuai jadwal, Grand Prix Azerbaijan 2020 akhirnya resmi dinyatakan ditunda penyelenggaraannya. Dengan begitu, mulainya musim balap 2020 akan semakin mundur lebih jauh lagi.

Motorsport melaporkan, ditundanya seri Azerbaijan menbuat sekarang sudah ada delapan seri F1 2020 yang terkena dampak wabah virus Corona. Dengan status ditunda (postponed), maka panitia penyelenggara masih memungkinkan opsi menggeser jadwal balapan ke lain waktu.

Awalnya, Azerbaijan akan digelar pada 7 Juni 2020, di sirkuit jalan raya ibukota Baku. Keputusan ini diambil hanya sehari setelah pihak Azerbaijan mengumumkan niatnya untuk mempertimbangkan kembali penyelenggaraan balapan.

Dinyatakan bahwa keputusan ini menjadi efek langsung dari pandemi virus Corona yang berlangsung dalam skala global. Azerbaijan kini menyusul Australia, Bahrain, Vietnam, China, Spanyol, Belanda dan Monako yang menunda dan bahkan membatalkan gelaran F1 masing-masing tahun ini.


Pernyataan


“Penundaan disepakati setelah diskusi ekstensif dengan Formula 1 serta Federation Interantionale de l’Automobile (FIA) dan Pemerintah Republik Azerbaijan,” kata panitia penyelenggara pada pernyataan resminya.

“Ini menjadi akibat langsung dari pandemi global COVID-19 yang sedang berlangsung dan sepenuhnya didasarkan pada panduan ahli yang diberikan kepada kami oleh otoritas terkait. Dalam mencapai kesimpulan ini, perhatian utama BCC adalah kesehatan dan kesejahteraan rakyat Azerbaijan serta semua penggemar F1, staf dan peserta kejuaraan yang berkunjung," tambah pernyataan tersebut.

“BCC sama kecewanya seperti para penggemar karena tidak dapat menyaksikan puncak balap motorsport di jalanan Baku pada Juni ini. Untuk itu, kami akan terus bekerja sama dengan Formula 1, FIA dan Pemerintah Republik Azerbaijan untuk memantau situasi dengan maksud untuk mengumumkan tanggal balapan baru di musim 2020 nanti.”

Foto: www.fiaformula2.com

Resiko Besar


Jika kondisi belum membaik, balapan di Baku dapat menimbulkan risiko besar dalam penyebaran virus Corona, apalagi dengan digelar di tengah kota. Selain itu, pertimbangan lain adalah waktu untuk membangun fasilitas sirkuit yang sudah harus dipersiapkan segera.

Balapan F1 di Baku sudah digelar sejak tahun 2016 lalu, yang awalnya digelar sebagai Grand Prix Eropa. Dengan mundurnya jadwal Azerbaijan, maka F1 akan dimulai pada musim panas melalui seri Kanada. Itu juga jika tidak ada perkembangan selanjutnya terkait wabah COVID-19.

Tidak hanya untuk F1, ditundanya seri Azerbaijan ini juga berlaku untuk supporting race pada seri ini, yaitu Formula 2 dan Formula 3.

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda