Beranda Updates ExxonMobil Siap Jadi Pemain Besar Pelumas Mobil dan Motor di Tanah Air

ExxonMobil Siap Jadi Pemain Besar Pelumas Mobil dan Motor di Tanah Air

JAKARTA, Carvaganza — PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI) mematok target menguasai pasar dan menjadi pemain besar pelumas baik mobil maupun motor di Indonesia. Salah satu langkahnya adalah mengakuisisi Federal Lubricants. Langkah ini diharapkan bisa memperluas pasar mereka di Tanah Air.

Dengan akuisisi ini, EMLI melakukan produksi di fasilitas milik Federal Karyatama. Dengan kata lain pabrik Federal Karyatama di Cilegon, Banten, saat ini sudah memproduksi pelumas merek Mobil dan juga Feferal Oil. Disebutkan kapasitas produksi mencapai 700 ribu barrel per tahun. Saat ini EMLI masih dilakukan pemindahan produksi secara bertahap merek Mobil dari yang sebelumnya dilakukan di pabrik ExxonMobil yang berlokasi di Jurong, Singapura. Hal ini ditandai dengan seremoni penuangan pertama produk pelumas Mobil Super Moto pada Februari 2020.

Bergabungnya dua nama ini membuat jangkauan keduanya kian luas. Selain pelumas Mobil untuk kendaraan roda empat, mereka juga punya Federal Oil yang punya nama kuat di segmen roda dua.

Formula Rahasia

Mengenai produk, PT EMLI menyebutkan mereka terus mengembangkan formula agar sesuai dengan kebutuhan mobil atau sepeda motor yang sudah menggunakan teknologi modern. Tujuannya untuk mendukung kinerja mesin kendaraan agar lebih maksimal. “Kami tidak bisa membagikan formula apa yang kami gunakan, yang jelas sudah disesuaikan dengan kondisi Indonesia,” kata Patrick Adhiatmadja selaku Head of Indonesia Lubricants Market Indonesia saat webinar dengan media, Rabu (9/9/2020).

Ia mengatakan di pabrik Cilegon, Federal sudah punya laboratorium sendiri dan menjadi bagian dari laboratorium network ExxonMobil. Masukan-masukan tentang formula menjadi standar untuk digunakan di wilayah tropis seperti Indonesia.
Produk-produk ExxonMobil Lubricants Indonesia juga sudah memenuhi standar EPA ada SNI. Kalau di motor itu ada JASO. Bagi ExxonMobil, semua ini tidak terputus untuk mendukung performa kendaraan.

Dampak Pandemi

Terkait pandemi Covid-19, PT EMLI mengakui jika tantangan untuk bisnis pelumas juga termasuk berat. Namun pandemi justru membuat PT EMLI jadi lebih dekat dengan konsumen dan bengkel-bengkel yang menjadi jaringan diler mereka. Hal ini terlihat dari beragam inovasi program yang dihadirkan Mobil dan Federal Oil bagi konsumen setia dan pengguna kendaraan roda empat dan roda dua di Indonesia.

Seperti pelayanan servis di rumah, program berhadiah, launching produk baru, edukasi dan seminar mengenai teknologi pelumas melalui media-media digital, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna menjaga keselamatan dan keamanan berbagai pihak yang terlibat.

“Kami terus melakukan berbagai upaya dan penyesuaian diri dengan adaptasi kebiasaan baru ini. Agar dapat terus mempertahankan eksistensi di pasar otomotif Indonesia. Upaya integrasi jaringan yang kami lakukan sejak 2018 berjalan sesuai rencana. Dan memberikan dampak positif bagi efektifitas dan efisiensi waktu, biaya, serta sejumlah aktivitas operasional lainnya dalam mendistribusikan produk kami ke pasar,” ujar Patrick Adhiatmadja.

Di tengah pandemi yang belum juga berakhir Marketing Director PT EMLI, Pablo Conrad, mengatakan, pihaknya akan terus berupaya menghadirkan program-program pemasaran dengan memaksimalkan pemanfaatan media digital.

“Pandemi ini tidak menghalangi kami untuk tetap terhubung dengan konsumen kami di Indonesia. Kami terus berupaya menghadirkan program-program pemasaran dengan memaksimalkan pemanfaatan media digital, yang hasilnya kami rasakan sangat positif. Kami berharap dan tetap optimis pemulihan perekonomian global dapat segera normal kembali, khususnya di Indonesia,” kata dia.

Saat ini PT EMLI telah menjangkau lebih dari 10 juta konsumen di Indonesia dengan merek Federal Oil, dan lebih dari 15 ribu bengkel independen yang dilayani melalui jaringan distributor di seluruh Indonesia dan terus berupaya melakukan integrasi jaringan distribusi penjualan yang berfokus pada area-area potensial, meliputi wilayah-wilayah di Jawa, Bali, dan Sumatera.

VALDO PRAHARA

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Lima Crossover Yang Bisa Dijadikan Alternatif Selain Honda HR-V

JAKARTA, carvaganza.com – Pasar SUV/crossover kompak memang sedang digandrungi. Tingginya permintaan membuat pabrikan membanjiri pasar. Pertarungan di segmen ini pun semakin memanas. Di pasar...

Pilih Renault Triber atau Suzuki Ignis? Ini Masing-Masing Kelebihannya

JAKARTA, carvaganza.com – Untuk punya mobil SUV bergaya tangguh memang cukup merogoh kocek. Tapi kami memilihkan, ada dua mobil kompak bergaya ala SUV. Memang...

Enggak Kapok-Kapok Pabrikan Cina Jiplak Chevrolet Corvette, Mesinnya PHEV

BEIJING, carvaganza.com – Chevrolet Corvette C1 tahun 1958 adalah salah satu mobil yang paling diburu kolektor. Mobil klasik favorit yang memiliki desain yang tak...

DFSK Klaim 3 Keunggulan Super Cab, Benarkah?

JAKARTA, Carvaganza -- Di tengah pandemi COVID-19, permintaan kendaraan komersial ternyata tetap tinggi. PT Sokonindo Automobile, sebagai pemegang merek DFSK di Indonesia mengandalkan DFSK...

Covid-19 Berlanjut, Toyota Kembali Donasikan Kijang Innova Ambulans

BEKASI, Carvaganza -- Pandemi COVID-19, belum juga menunjukkan tanda-tanda mereda. Berbagai pihak terus melakukan upaya termasuk menyalurkan donasi guna membantu penanggulangan wabah corona. Setelah...