Edisi Terbatas TT RS Rayakan 40 Tahun Audi quattro

INGOLSTADT, Carvaganza.com – Bicara soal merk Audi rasanya susah kalau tidak menyertai kata quattro, baik itu teknologi penggerak semua rodanya atau model sportscar lawanya. Awal munculnya identitas quattro adalah saat mobil sport Audi berjaya di ajang reli di tahun 1980-an. Dan kini, nama quattro telah hadir selama 40 tahun di dunia otomotif, mendampingi Audi.

Untuk momen spesial ini, Audi merayakannya dengan merilis edisi terbatas. Selebrasi simbolis ini dilakukan melalui Audi TT RS ‘40 years of quattro’, yang diproduksi hanya 40 unit. Dan edisi khusus ini hanya tersedia untuk pasar di Jerman. Audi memberikan serangkaian sentuhan khusus pada TT RS edisi khusus ini.

Livery dan body kit menjadi highlight TT RS varian ini. Mulai dari livery Alpine white yang mewarnai body, dengan sentuhan decal Audi Sport di kap mesin, shoulder lines, atap dan fascia belakang. Livery ini diadopsi dari Audi Sport quattro S1 yang mengantarkan Walter Rohrl meraih kemenangan pada ajang hillclimb Pikes Peak tahun 1987.

Livery sporty disertai dengan permainan body kit tambahan yang membuat penampilannya semakin kental rasa motorsport. Audi menerapkan body kit bukan hanya sekadar pasang dari stok aksesoris yang ada. Tapi, body kit dikembangkan di wind tunner untuk berikan efek performa yang signifikan, termasuk tingkatkan handling. Paket body kit yang diberikan meliputi bumper depan yang lebih agresif dan aerodinamis, canard di samping bumper, splitter depan, side sill, sayap belakang, serta diffuser besar. Bagian kap mesin juga dapat lubang pendingin untuk mendukung performa mesin.

Spion luar ikut diberi sentuhan warna hitam yang lebih sporty, lalu tutup tangki bahan baakar ala mobil balap dengan logo TT. Velg alloy putih berdiameter 20 inci menyesuaikan warna body, yang menaungi kaliper rem berwarna merah. Terdapat sejumlah logo ’40 years of quattro’ di kaca samping dekat pintu.

Ubahan atau sentuhan eksklusif quattro ikut hadir pada interior mobil ini. Untuk edisi anniversary ini, Audi memberikan material Alcantara hitam pada trim pintu dan setir RS yang sporty, dengan marker putih di arah jam 12. Sementara pada armrest di tengah diberikan balutan kulit hitam dengan jahitan putih, yang ada juga pada armrest pintu.

Penanda eksklusivitas ‘40 years of quattro’ masih bisa ditemui pada sandaran jok RS, yang memadukan material Nappa leather dan Alcantara. Di bagian tengah jok diberikan aksen honeycomb lewat jahitan putih. Detail menarik lainnya adalah logo anniversary pada tuas transmisi, karpet, serta decal senada eksterior pada konsol tengah. Audi menyediakan opsi strut cross brace untuk menggantikan jok penumpang belakang, untuk pangkas bobot 16 kg dan menambah rigiditas chassis.

Dari seluruh keistimewaan pada TT RS edisi terbatas ini, Audi tidak melakukan ubahan pada mesin lima silinder 2,5 liter TFSI turbo bawaan. Mesin tetap memiliki kombinasi tenaga 394 hp dan torsi 480 Nm, yang dihubungkan transmisi otomatis dual-clutch S tronic 7-speed. Penggerak AWD permanen quattro memungkinkan akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 3,7 detik.

40 unit TT RS ’40 years of quattro’ bisa dimiliki dengan banderol mulai € 114.040 atau sebanding dengan Rp 1,965 miliar. Harga tersebut diklaim sudah menyamai harga dari Audi RS6 yang menjadi salah satu ikon Audi saat ini. TT RS edisi terbatas ini akan mulai tersedia pada bulan ini, tentunya hanya di Jerman.

Sumber: Carscoops



WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda