Beranda Updates Dijual Supercar Langka Koleksi Sultan Brunei, Hanya 9 Unit Di Dunia

Dijual Supercar Langka Koleksi Sultan Brunei, Hanya 9 Unit Di Dunia

Foto: www.autoevolution.com & www.thedrive.com

MIAMI, Carvaganza.com – Sultan Brunei Hassanal Bolkiah pada waktu mudanya memang doyan mengoleksi mobil. Barisan koleksi mobil-mobil mewahnya bisa ditonton di Youtube, namun sang Sultan sendiri tidak pernah memamerkan secara terbuka bahwa ia adalah kolektor kendaraan. Apalagi dalam beberapa tahun terakhir, Sultan memilih hidup sederhana dan menjauhkan diri dari segala kemewahan.

Ada salah satu koleksinya yang telah mendarat di Miami, Amerika Serikat, dan akan dijual. Salah satu koleksi yang beruntung keluar dari koleksi premium Sang Sultan adalah supercar Cizeta V16 T 1963. Keunikan dari supercar tersebut adalah empat lampu depannya yang pop-up keluar.

Awalnya mobil tersebut diberi nama Cizeta-Moroder V16T karena pionir musik elektrik Giorgio Moroder pernah terlibat di masa awal pengembangan mobil tersebut. Tapi Moroder akhirnya keluar, lalu namanya dicabut tak lama setelah mobil debut ke publik.

Baca juga: Aston Martin Klasik Dijual di Facebook, Punya Kejutan Dahsyat

Seperti dikutip dari www.thedrive.com, mobil dengan nomor chassis 101 ini sudah dibeli oleh dealer supercar vintage Curated asal Miami enam bulan lalu. Setelah pengecekan, supercar ini bakal dijual dalam waktu dekat. Populasinya di dunia hanya sembilan unit saja, dan memang hanya diproduksi dengan jumlah itu, warna pilihannya pun hanya biru.

Hubungan dengan Lamborghini
Jantung pacunya mengandalkan rear-mid engine V16 6.000 CC yang menghasilkan tenaga 540 hp pada 8000 rpm dan torsi puncak 542 Nm. Mesin 16 valve sistem injeksi itu didesain oleh Oliviero Pedrazzi yang dipasok oleh bahan bakar dari tangka BBM berkapasitas 140 liter. Nah, jika mobil ini jatuh ke tangan pemilik baru, sang pemilik harus punya mekanik handal dan profesional untuk merawat purna jualnya.

Tenaga yang dihasilkan engine itu disalurkan oleh girboks ZF 5 percepatan ke roda belakang. Memakai chassis tubular spaceframe dengan suspensi double-wishbone yang terinspirasi dari mobil-mobil balap pada masanya.

Baca juga: Ditemukan Lambo Tak Bertuan di Tengah Gurun Las Vegas

Baca juga: Mobil Honda Type R Terjual Rp 1,3 Milyar, Apa Istimewanya?

Cizeta memiliki kisah hubungan yang erat dengan Lamborghini. Mobil didesain oleh Claudio Zampolli yang juga ikut terlibat dalam pengembangan Lamborghini Miura. Ia juga ikut mengembangkan jaringan dealer Lamborghini di AS. Namun gambar pertama V16T sempat dikerjakan oleh Marcelo Gandini, yang mendesain Lambo Miura, Countach dan versi terakhir Diablo.

Dalam hal dimensi, Cizeta lebih lebar tiga inci dibandingkan Ferrari Testarossa dan memiliki kesamaan dengan Lamborghini di eranya. Yang membuatnya sangat spesial adalah empat lampu depannya yang bermodel pop-up (timbul keluar).

Mobil Keenam
Nama pabrikan Cizeta Automobili juga diambil dari inisial Zampolli yakni CZ. Hampir secara keseluruhan, mobil itu dibuat dengan tangan oleh mantan engineer Ferrari dan Lambo di pabrik Cizeta di Modena, Italia. Finishing interiornya dikerjakan oleh Bruno Paratelli, yang juga mengerjakan interior Lambo waktu itu.

Baca juga: Modif Nissan GT-R Godzilla 2.0, Siap Ditantang Offroad

Pernah dipamerkan di Geneva Motor Show 1993 dan dipakai sebagai foto utama untuk dibagikan kepada media oleh pabrikan. Sultan Brunei memesan Cizeta kepada dealer Hong Seh Motors di Singapura. Mobil yang dipesan adalah mobil keenam yang dirilis dari pabrik.

Kabarnya, Sultan Bolkiah tak pernah mendaftarkan Cizeta dan tak pernah membawanya ke Brunei, tak seperti mobil-mobil koleksinya yang lain. Malah disimpan di Singapura. Hong Seh mengirim Cizeta ini ke Curated di Miami bulan Juli lalu. Pada odometer, baru tercatat 900 km. Belum diketahui berapa harga jual untuk kendaraan tersebut dan sudahkah ada yang mengajukan penawaran.

EKA ZULKARNAIN

 

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

TEST DRIVE: Nissan Kicks e-Power, Bagaimana Teknologi Cerdasnya Bekerja? (Bagian 3)

JAKARTA, Carvaganza.com - Sampai mana Nissan Kicks e-Power dengan satu tangki bahan bakarnya bisa melaju? Apakah fitur-fitur cerdasnya dapat membantu Crossover baru ini menjelajah...

TEST DRIVE: Nissan Kicks e-Power, Maximum Trip Ke Timur Jawa (Bagian 2)

JAKARTA, Carvaganza.com - Dalam pengujian Maximum Power bersama Nissan Kicks e-Power, kami mencoba mencari jawaban atas pertanyaan; Apakah benar ia adalah crossover terhebat? Atau...

Toyota Virtual Expo, Beli Mobil Berhadiah Kalung dan Emas

JAKARTA, Carvaganza -- Toyota makin gencar melakukan strategi pemasaran lewat digital selama masa pandemi Covid-19. Kali ini, Toyota menggelar Toyota Virtual Expo berskala nasional...

Mercedes-Benz GLA & GLB Terbaru Meluncur, Lengkapi Line-Up SUV di Indonesia

JAKARTA, Carvaganza.com – Keluarga model SUV kompak Mercedes-Benz di Indonesia semakin lengkap, dengan resmi hadirnya dua model baru. Generasi baru Mercedes-Benz GLA telah meluncur...

Tesla Kembangkan Baterai Baru Demi Mobil Listrik Murah

SAN CARLOS, Carvaganza.com – Sebagai salah satu pionir di pasar otomotif elektrifikasi, Tesla Motors mengumumkan sedang mengembangkan teknologi baru. Inovasi yang tengah dikembangkan ini...