Beranda Hot Topics Aston Martin Klasik Dijual di Facebook, Punya Kejutan Dahsyat

Aston Martin Klasik Dijual di Facebook, Punya Kejutan Dahsyat

Foto: www.thedrive.com

MELBOURNE, Carvaganza.com – Ngomongin soal mobil klasik itu emang mengasyikkan. Selalu jadi topik pembicaraan di kalangan car enthusiast. Baru-baru ini sebuah Aston Martin klasik menjadi viral di Australia. Gara-garanya, mobil vintage yang bisa punya harga selangit itu dijual via marketplace Facebook. What? Kok bisa mobil yang ditaksir berharga ratusan ribu dollar AS jika dijual apa adanya itu, dijual di marketplace FB?

Biasanya mobil yang dijual di situs itu, palingan mobil seken yang harganya recehan, atau aksesoris kendaraan yang harganya enggak mahal-mahal amat. Makanya bikin kaget kalangan enthusiast, terutama para kolektor.

Apalagi mobil Aston Martin DB4 produksi tahun 1960 itu sudah terparkir selama 30 tahun. Selidik punya selidik, yang bikin kaget lagi adalah mobil tersebut dulunya punya Sir David Brown, seorang bangsawan, konglomerat dan industrialis asal Inggris yang pernah menyelamatkan Aston Martin dari kebangkrutan.

Nah nama DB itu sendiri diambil dari penyingkatan nama David Brown. Kalau dilihat dari bentuk lampu belakang triple beraksen krom dan model tahun 1960, kemungkinan model produksi Seri III atau IV.

Baca juga: Mercedes-Benz 300 SL Roadster Berdebu Ini Dijual Rp 17,2 Miliar

5 Tahun Di Tangan Brown

Seperti dikutip dari web www.thedrive.com, yang memosting mobil mewah vintage ini adalah Octane Australia yang bertindak sebagai penjual. Menurut mereka, mobil diduga pernah lima tahun di tangan Brown yang kemudian diimpor ke Australia tahun 1962. Sebelum jatuh ke tangan pemiliknya yang sekarang, Aston Martin klasik itu pernah di tangan dua orang lainnya. Nah, oleh pemiliknya yang sekarang ‘dikandangkan’ di garasi sejak tahun 1990 dengan total kilometer baru 153.600 km.

Kondisinya sekarang memang sedikit mengkhawatirkan, tapi kerusakannya masih ringan. Hanya usang dimakan waktu, seperti catnya sedikit memudar. Meski umurnya sudah 60 tahun, para juru lelang menaksir kalau sudah direstorasi, Aston Martin bisa dilelang dengan harga kisaran US$ 1 juta alias sekitar Rp 14 milyar.

Baca juga: Debut SUV Sukses, Aston Martin Siapkan DBX Versi 7-Seater

Baca juga: Ketemu di Gudang, Ford Falcon Umur 47 Tahun Laku Rp 3,1 Miliar

Sir David Brown (kiri berkacamata) di pabrik Aston Martin.

Dari sejumlah foto yang terkumpul, sudah sangat jelas sang Aston membutuhkan banyak sentuhan. Bodinya mengalami sedikit korosi, bagian interior dan bagasi terlihat kotor dan kusam. Belum lagi bagian mesin yang harus dipoles lagi. Banyak sekali yang memang mesti dikerjakan. Dan yang bikin heran, kenapa tidak ditawarkan ke rumah lelang atau ditawarkan kepada kolektor saja untuk direstorasi.

Kisah David Brown

Cerita tentang David Brown membeli perusahaan Aston Martin sangat unik. Suatu pagi di akhir tahun 1946, ketika Ia sedang membaca koran, Ia dibuat penasaran oleh sebuah iklan “Bisnis Mobil Kelas Atas’ di harian The Times. Harga yang diminta di iklan itu adalah 30 ribu poundsterling. Sir Brown pun mengontak pengiklannya yang ternyata adalah perusahaan mobil Aston Martin.

Baca juga: VIDEO: Saat COVID-19, Ditemukan Harta Karun 300 Mobil Langka di New York

Sir David Brown. Foto: www.classicdriver.com

Beberapa hari kemudian, Brown berkunjung ke kantor Aston Martin di Feltham dan sempat mencoba mobil prototipe Atom. Dari situ, Ia bernegosiasi dengan pihak Aston Martin sehingga tercapai kesepakatan pada Februari 1947 untuk membeli pabrikan seharga 20.500 pound.

Hasil dari penjualan itu adalah Atom akhirnya resmi diproduksi dengan didesain ulang terlebih dahulu dari yang tadinya sedan dengan atap keras menjadi convertible. Namanya dirubah jadi Aston Martin 2-Litre Sport, atau lazim disebut Aston Martin DB1.

Baca juga: Sepeda Hasil Kolaborasi Pabrikan Supercar Ini Pantas Dikoleksi

EKA ZULKARNAIN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

TEST DRIVE: Nissan Kicks e-Power, Bagaimana Teknologi Cerdasnya Bekerja? (Bagian 3)

JAKARTA, Carvaganza.com - Sampai mana Nissan Kicks e-Power dengan satu tangki bahan bakarnya bisa melaju? Apakah fitur-fitur cerdasnya dapat membantu Crossover baru ini menjelajah...

TEST DRIVE: Nissan Kicks e-Power, Maximum Trip Ke Timur Jawa (Bagian 2)

JAKARTA, Carvaganza.com - Dalam pengujian Maximum Power bersama Nissan Kicks e-Power, kami mencoba mencari jawaban atas pertanyaan; Apakah benar ia adalah crossover terhebat? Atau...

Toyota Virtual Expo, Beli Mobil Berhadiah Kalung dan Emas

JAKARTA, Carvaganza -- Toyota makin gencar melakukan strategi pemasaran lewat digital selama masa pandemi Covid-19. Kali ini, Toyota menggelar Toyota Virtual Expo berskala nasional...

Mercedes-Benz GLA & GLB Terbaru Meluncur, Lengkapi Line-Up SUV di Indonesia

JAKARTA, Carvaganza.com – Keluarga model SUV kompak Mercedes-Benz di Indonesia semakin lengkap, dengan resmi hadirnya dua model baru. Generasi baru Mercedes-Benz GLA telah meluncur...

Tesla Kembangkan Baterai Baru Demi Mobil Listrik Murah

SAN CARLOS, Carvaganza.com – Sebagai salah satu pionir di pasar otomotif elektrifikasi, Tesla Motors mengumumkan sedang mengembangkan teknologi baru. Inovasi yang tengah dikembangkan ini...