Mobil Honda Type R Terjual Rp 1,3 Milyar, Apa Istimewanya?

HONG KONG, Carvaganza.com -  Mobil langka memang sulit dicarikan padanan harganya. Makin old, malah semakin mahal. Tapi harga mobil langka dan klasik itu bukan hanya didominasi oleh brand-brand Eropa, misalnya Ferrari, Lambo, Jaguar, Mercedes-Benz dan lain-lain. Meskipun memang, umumnya harga mobil-mobil langka Jepang lebih rendah dibandingkan brand Eropa.

Kali ini pabrikan Jepang yang bermain. Bulan lalu, satu unit Honda Civic Si di Amerika yang umurnya sudah 20 tahun terjual dengan harga US$ 50.000 (kisaran Rp 700 juta). Gilanya lagi, satu bulan kemudian sebuah Honda Civic tahun 2000 terjual dengan harga US$ 90.000 atau sekitar Rp 1,3 milyar. Fantastis.

Honda Civic tua macam apa yang bisa terjual dengan harga segitu. Mobil Honda gitu loh dengan harga selangit. Naah ternyata ada di Hong Kong. Itupun setelah ditelusuri ada faktor-faktor yang membuat harga tinggi mobil Honda itu bisa masuk akal.

Baca juga: Paket Modifikasi Mugen untuk Honda Civic Type R, Bukan Sekadar Gaya



Keistimewaan Honda Civic Type R Mugen
Yang pertama, ini bukan Civic biasa. Ini Type R dan bukan sekadar Type R. Yakni Type R ultimate yang diproduksi sangat terbatas dan dikerjakan secara manual dengan tangan (handbuilt). Orang sering menyebutnya Type R FN2 di mana FN2 adalah kode bodi untuk pasar Eropa, sedangkan untuk pasar Asia FD2. Mobil masuk kategori hatchback ini  sudah mendapatkan upgrade di bagian camshaft, piston, exhaust stainless steel dan penyempurnaan pada intake. Bahkan mapping ECU bisa dicustom sesuai dengan gaya mengemudi pemiliknya.

Baca juga: Honda Civic Type R Specifications & Features

Velg Honda Civic Type R Mugen FN2 ini memakai velg forging (tempa) berbobot ringan, kaliper rem monoblock empat piston dan setelan suspensinya berbeda. Bagian eksterior juga dibuat terlihat lebih agresif. Bumper depan dan belakang memakai desain lebih berani, spoiler lebih besar serta terpasang logo Mugen. Untuk kelir, memakai cat wajib warna Championship White.

Baca juga: Honda Civic Type R Tambah 2 Varian, Lebih Kencang & Eksklusif

Dikutip dari website www.thedrive.com, kalau hasilan tenaga kudanya hanya dilihat dari kacamata standar mobil modern memang kecil. Hanya 237 hp, begitu juga angka produksinya. Hanya dibuat 20 unit saja. Nah yang ada di foto ini adalah unit dengan nomor terakhir, Nomor 21.



Loh kok diproduksi 20 unit, tapi nomornya 21? Ini ada ceritanya lagi. Karena #13 dianggap angka keramat, Honda tak pernah membuat Mugen Type R #13. Jadi angkanya lompat dari #12 ke #14. Odometer Honda Type R Mugen FN2 #21 ini baru diangka 11.000 mil atau 17.702,7 km. Dijual oleh dealer Contempo Concept di Hong Kong dengan harga US$ 90.000 atau jika dikonversikan ke dollar Hong Kong 688.000 HKD. Contempo Concept sendiri merupakan speed shop dan dealer terkenal di Hong Kong yang khusus menyediakan mobil-mobil unik dan mahal.



EKA ZULKARNAIN

 

Artikel yang direkomendasikan untuk anda