Beranda Updates Dari W115 Sampai GLS Terbaru, Pabrik Mercedes-Benz Sudah Produksi Selama 50 Tahun

Dari W115 Sampai GLS Terbaru, Pabrik Mercedes-Benz Sudah Produksi Selama 50 Tahun

JAKARTA, Carvaganza.com – Mercedes-Benz merayakan momen spesialnya di tahun 2020 ini, khususnya di Indonesia, melalui perayaan 50 tahun. Sudah setengah abad merek Mercedes-Benz hadir di industri dan pasar otomotif Indonesia. Salah satu milestone yang dirayakan adalah 50 tahun sudah pabrik di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat menjadi fasilitas perakitan kendaraan Mercedes-Benz.

Dimulai pada thaun 1970, pabrik di Wanaherang menjadi bagian penting dari sejarah panjang Mercedes-Benz di Tanah Air. Perayaan digelar di pabrik yang berlokasi di Jalan Mercedes-Benz tersebut, oleh para karyawan dan perwakilan manajemen. Rangkaian model Mercedes-Benz yang dirakit di Indonesia, ikut dipamerkan dalam acara perayaan ini, yaitu GLE 450 4Matic dan GLS 450 4Matic.

Saat ini, ada setidaknya enam model unggulan Mercedes-Benz yang dirakit lokal alias CKD (Completely Knocked-Down) dari Wanaherang. Model-model tersebut adalah C-Class, E-Class, S-Class, lalu barisan SUV mewah GLC, GLE, dan GLS. Three Pointed Star menjadi pionir di segmen mobil mewah di Indonesia, sejak Mercedes-Benz 200 diproduksi pada tahun 1973 lalu.

“Tahun ini merupakan tahun yang sangat spesial dari berbagai aspek, akan tetapi satu hal yang harus kita ingat adalah: Mercedes-Benz merayakan 50 tahun kehadirannya di Indonesia. Selama 50 tahun, Mercedes-Benz telah memproduksi serangkaian produk kendaraan luxury di Indonesia, untuk Indonesia,” terang Patrick Schwind, President Director PT Mercedes-Benz Indonesia.

“Kami telah menunjukkan dan membuktikan bahwa kami mampu untuk merakit dan memproduksi kendaraan luxury berkualitas tinggi di Indonesia, serta memberikan kesenangan kepada pelanggan kami dengan kendaraan mobil penumpang yang dirakit secara khusus oleh kami.”

Perjalanan sejarah Mercedes-Benz di Indonesia bermula di tahun 1970. PT. German Motors Manufacturing berdiri sebagai fasilitas manufaktur dan perakitan baru untuk produk Daimler-Benz yang berlokasi di Tanjung Priok. Peresmian PT. German Motor Manufacturing secara resmi menandai dimulainya era baru Mercedes-Benz di Indonesia. Produksi dimulai tahun 1973, oleh tiga model kendaraan penumpang; Mercedes-Benz 200, 240 D, dan W115.

Memasuki usia emas, Mercedes-Benz telah memproduksi serangkaian produk-produk unggulan yang telah menjadi primadona di pasar mobil luxury di Indonesia seperti dimulai dari segmen sedan seperti W123 Series dan S-Class (W126 Series), hingga G-Class (W463) beserta model SUV seperti ML-Class (W166 Series) dan GL-Class (X166).

Pabrik Mercedes-Benz didirikan pada tahun 1978 di area seluas 42 hektar di daerah Wanaherang, Bogor, Jawa Barat. Pada tahun 2009, pabrik Mercedes-Benz Indonesia dinyatakan sebagai produsen otomotif dengan sertifikasi Eco-industri dari TÜV Rheinland, untuk memastikan tujuan dan prinsip terkait lingkungan saat proses produksinya.

“Saya ucapkan rasa terima kasih saya kepada seluruh karyawan Mercedes-Benz Indonesia; karena kontribusi mereka kepada perusahaan selama bertahun-tahun ini sangatlah berharga. Semua hasil pencapaian yang luar biasa selama ini tak lepas dari kerjasama kita sebagai tim solid dan saya menantikan masa depan yang sukses untuk pabrik perakitan kami di Wanaherang,” tambah Patrick.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Honda HR-V 1.5L Special Edition Jadi Hadiah Indonesia’s Next Top Model 2020

JAKARTA, Carvaganza -- Banyak cara untuk mengenalkan merek dan membuatnya diingat orang. Salah satu yang sering dilakukan para pemegang mereka adalah menjadi sponsor atau...

Honda Resmi Kenalkan City Hatchback, Bakal Gantikan Jazz?

BANGKOK, Carvaganza -- Satu model baru Honda melakukan debut dunia. Lewat Honda Automobile (Thailand) Co., Ltd. All New Honda City Hatchback -- bersama New Honda...

Mobil Sultan, Mercedes-Benz S-Class Terbaru Punya Versi Maybach

STUTTGART, Carvaganza.com – Belum lama lalu, Mercedes-Benz baru saja melansir generasi terbaru untuk S-Class yang semakin canggih dan mewah. Sebagai flagship sedan, tentunya S-Class...

Semakin Mahal, BMW Segera Stop Jual Varian Diesel di Inggris

MUNICH, Carvaganza.com – Segmen dan pasar diesel akan segera ditinggalkan oleh BMW dalam waktu dekat. Baru-baru ini, BMW Group mengumumkan akan menyudahi produksi dan...

Mobil Tanpa Sopir Di Cina Keliling Jualan Ayam Goreng KFC

JAKARTA, Carvaganza.com – Banyak yang beranggapan kalau pandemi Coronavirus bikin perkembangan mobil otonom ikutan digembleng belakangan ini. Tentu saja perkembangan teknologi masih sepenuhnya diarahkan...