Beranda Updates Daihatsu Ayla Facelift Segera Diperkenalkan Pekan Depan

Daihatsu Ayla Facelift Segera Diperkenalkan Pekan Depan

Foto: Facebook Astra Daihatsu Medan

JAKARTA, Carvaganza.com – Setelah Toyota Agya, kini giliran kembarannya Daihatsu Ayla yang diinformasiakan akan meluncur. Ya aneh juga jika dua saudara kembar hanya satu yang mendapat refreshment. Beberapa hari terakhir juga terlihat foto Ayla baru beredar di dunia maya. Kepastikannya dikonfirmasi undangan yang dikirimkan PT Astra Daihatsu Motor ke redaksi Carvaganza. Peluncuran dilakukan pekan depan, tepatnya 19 Maret.

Dengan status facelift, ubahan paling banyak dilakukan pada eksterior. Ayla kini memiliki grille lebih besar. Foto yang beredar melihatkan kisi-kisi dilabur cat hitam bersama garis horizontal. Pada tipe tertinggi diberi pelindung bumper bawah. Di atasnya tersisip sepasang panel kromium mirip bumerang sebagai pemanis lampu kabut.

Kabarnya sorot mata kini sudah memakai lampu LED proyektor di tipe atas. Tak ketinggalan Daytime Running Lught (DRL). Beralih ke samping, terpasang side skirt senada warna tubuh. Pelek belang dua warna dipasang sebagai pembaruan. Ukurannya 15-inci dengan motif delapan palang. Ada talang air yang mungkin sebagai opsional atau hanya di varian tertinggi.

Lalu diburitan, bentuk lampu belakang sedikit berbeda. Terlihat dipasangi garis LED dan tambahan reflektor di pintu belakang. Sepasang sensor parkir jua tersedia. Logo Daihatsu sesuai regulasi LCGC pun terpasang. Namun sebetulnya Anda bisa mengganti pakai lencana berbentuk S yang banyak dipakai Sigra di jalanan. Di pasar aftermarket banyak dijumpai. Bahkan beberapa diler juga menyediakan sebagai perangkat aksesori.

Baca juga: Ini Tampilan Toyota Agya Facelift, Segera Meluncurkan Bulan Ini

Kabin dan Mesin

Di kabin, tatanan dasbor berikut jok tak banyak berubah. Namun kini ada layar monitor 2DIN 7 inci sebagai pusat hiburan. Zaman sekarang teknologi head unit sudah banyak berkembang untuk multikonektivitas. Jadi Anda bisa menghubungkan dengan perangkat seluler, gawai termasuk USB. Lalu di varian atas menggunakan keyless dan tombol start stop demi kepraktisan berkendara.

Saat ini Daihatsu menawarkan 16 varian pada model 2019. Harganya dimulai dari Rp 101 juta sampai Rp 155,3 juta. Kemungkinan banderol naik tipis. Wajar, lantaran adanya inflasi dan tarif BBN naik. Seperti model lama, Ayla terbaru ini tetap memberi dua opsi mesin. Yang pertama 1KR-DE 3-silinder 1.0-liter 12 katup. Tenaganya 65 PS di 6.000 rpm dan torsi 86 Nm pada 3.600 rpm.

Selanjutnya kedua, mesin 4-silinder berkode 3NR-VE, berkapasitas 1.2-liter persis dengan Toyota Agya. Teknologinya lebih maju dibanding 1KR-DE sebab pakai sistem Dual VVT-i, membuat pembakaran lebih optimal. Ouput dihasilkan 88 PS di 6.000 rpm plus torsi puncak 108 Nm di 4.200 rpm. Opsi penyaluran tenaga tersedia transmisi manual lima percepatan serta otomatis empat speed.

Baca juga: Turnamen Bulutangkis Daihatsu Astec Open 2020 Diawali dari Medan

Penjualan Februari

Kehadiran Ayla yang lebih segar tentunya dibutuhkan Daihatsu untuk menambah jumlah penjualannya. Model ini memang bukan penyumbang angka penjualan terbanyak. Ia masih kalah dari Xenia, Terios, Gran Max, atau Sigra. Pada Februari 2020 alu, retail sales Daihatsu yang mencapai 28.240 unit dengan raihan pangsa pasar 17,8% dari volume retail sales nasional 158.898 unit. Sedangkan pada sisi whole sales, Daihatsu meraih capaian sebesar 29.951 unit dengan pangsa pasar 18,7% dari volume whole sales nasional 159.997 unit.

Dengan demikian penjualan retail sales Daihatsu periode 2 bulanan hingga Februari didominasi Sigra dengan 8.312 unit, diikuti Gran Max Pick-Up (5.761 unit), Terios (4.346 unit), Xenia (3.404 unit), Ayla (3.302 unit), dan Gran Max Minibus (2.364 unit). Untuk model Daihatsu lainnya, yakni Luxio dan Sirion, mencapai 751 unit.

Komitmen Daihatsu untuk selalu memperkuat jaringan penjualan dan purna jual agar pelanggan mudah untuk memiliki dan merawat mobil Daihatsu merupakan salah satu faktor penentu pencapaian ini.

“Melihat pencapaian penjualan retail Daihatsu dua bulanan yang cukup baik, kami optimis dengan kondisi yang lebih baik ke depannya, dengan tetap mewaspadai perkembangan kondisi ekonomi, dan merebaknya wabah Covid-19 yang terjadi secara global, termasuk Indonesia,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Baca juga: Daihatsu Ayla Facelift Meluncur 19 Maret 2020

ANJAR LEKSANA | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Enggak Kapok-Kapok Pabrikan Cina Jiplak Chevrolet Corvette, Mesinnya PHEV

BEIJING, carvaganza.com – Chevrolet Corvette C1 tahun 1958 adalah salah satu mobil yang paling diburu kolektor. Mobil klasik favorit yang memiliki desain yang tak...

Pemilik Jeep Wrangler Yang Nyangkut Di Bibir Jurang Buka Suara

CALIFORNIA, carvaganza.com – Masih ingat kan empat hari lalu Carvaganza menurunkan tulisan soal Jeep Wrangler nyangkut di bibir jurang di trek motor trail? Kejadiannya...

CSR Mitsubishi, Buka Perpustakaan dan Balai Pertemuan di Ternate

Ternate, Carvaganza - Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mengadakan seremoni pembukaan perpustakaan dan balai pertemuan anak di Ternate, Maluku Utara. Bermitra dengan lembaga swadaya masyarakat...

Ini Dia Tampilan Generasi Baru Isuzu mu-X 2021

TOKYO, Carvaganza.com - Isuzu mu-X direncanakan beregenerasi tahun depan. Model terbarunya diduga tengah digarap pabrikan. Nah, gambar paten membongkar visual tubuh secara utuh. Diunggah...

Penuhi Kebutuhan Masa Pandemi, Isuzu mu-X Jadi Ambulans

JAKARTA, Carvaganza -- Belum pulihnya kondisi ekonomi akibat pandemi Covid-19 membuat daya beli masyarakat turun. Astra Isuzu membuat startegi dengan menyasar segmen-segmen pelanggan yang...