Beranda Interview Chief Engineer VW: Reputasi Nurburgring Terlalu Dilebih-Lebihkan

Chief Engineer VW: Reputasi Nurburgring Terlalu Dilebih-Lebihkan

Foto: www.autocar.co.uk

JAKARTA, Carvaganza.com — Nama Nurburgring bukanlah nama yang asing di telinga kalangan car enthusiast. Sirkuit yang terletak di kota Nurburg, Jerman ini, sudah menjadi langganan trek untuk uji coba kendaraan dan juga untuk kegiatan motorsport. Disebut-sebut sebagai trek paling berbahaya di dunia karena layoutnya sehingga mendapat julukan “Green Hell”.

Trek tua ini memegang peranan sangat penting bagi industri otomotif dunia. Bagi enthusiast, setiap lap times yang dicatat oleh pabrikan akan menjadi bahan diskusi yang ramai di halaman online. Ragam komentar pro dan kontra bisa berlangsung berhari-hari.

Tapi kalau Anda tanyakan kepada pabrikan Volkswagen (VW), jawabannya bisa bikin kaget. Chief teknologi VW Matthias Rabe bikin pengakuan yang mengejutkan dalam Autocar Confessional yang diterbitkan oleh website autocar.com.

Menurut Rabe reputasi Nurburgring sebagai sirkuit terlalu dilebih-lebihkan. “Bukan Nurburgringnya saja, tapi juga balance yang terbaik antara sirkuit dan jalanan pedesaan yang mengarah ke sirkuit itu sendiri,” ujarnya seperti ditulis oleh Autocar.

Dr. Matthias Rabe

Tujuan Pengembangan

Menurutnya, kendaraan VW Golf GTI yang terbaru direkayasa bukan hanya agar enak dikendarai pada saat di trek, tapi yang lebih penting juga di jalan raya. Ia mengatakan, “tujuan utama dari dihadirkannya VW All New GTI ini adalah agar desain dan rekayasa engineering ini memuaskan Anda dalam perjalanan pulang dari Nurburgring.” Jadi dengan kata lain, menurut anggapan Rabe, pengembangan yang hanya difokuskan pada performa mobil di Nurburgring tidak terlalu penting bagi Golf GTI.

Padahal, kalau kita masih ingat empat tahun lalu VW pernah membawa Golf GTI Clubsport S untuk memecahkan rekor lap time production car penggerak roda depan. Mereka sukses mencatat lap time 7 menit, 47,19 detik.

Lokasi Tes Favorit

Lantas apa benar kehebatan Nurburgring itu terlalu dilebih-lebihkan? Itu tergantung sudut pandang. Faktanya setiap tahun, Sirkuit Nurburgring ramai disewa oleh pabrikan mancanegara untuk rangkaian uji coba pengembangan mobil, termasuk untuk pengembangan Golf GTI terbaru dan varian R.

Trek yang memiliki total panjang 25,95 km ini telah menjadi ‘Mekahnya’ pabrikan, supplier, pembalap dan enthusiast. Bahkan kabarnya, pandemi Corona tidak menyurutkan pabrikan dan juga pembalap untuk melakukan pengujian mobil di sini. Apalagi Nurburgring adalah trek yang sarat dengan sejarah yang begitu panjang.

Laptime di Nurburgring akan selalu menjadi bahan obrolan panjang dan ramai di online kalangan petrol head dan enthusiast. Video-video on-board Nurburgring di channel media sosial seperti Youtube dan Facebook selalu mendapat viewers tinggi, apapun model mobilnya.

Nah sekarang silahkan saja menilai sendiri reputasi Green Hell.

EKA ZULKARNAIN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

video

VIDEO: Hyundai Elantra N Kegep Digeber Di Nurburgring

NURBURGRING, carvaganza.com -  The old Nurburgring adalah salah satu sirkuit paling ‘sadis’ dalam sejarah motorsport dunia. Panjangnya lebih dari 20 km dengan ragam perubahan...

Sebelum Hummer EV Ada, Lebih Seabad Lalu GMC Produksi Truk Listrik

DETROIT, carvaganza.com – Udah tau kan General Motors Truck Company (GMC) kemarin ini merilis Hummer bermesin listrik? Pabrikan sudah mengonfirmasi bahwa kendaraan tersebut bakal...

Sosok Hypercar Misterius Bugatti Di Tes di Sirkuit

MOLSHEIM, Carvaganza.com – Selama lebih dari satu dekade terakhir, Bugatti dikenal sebagai pabrikan yang menetapkan rekor kecepatan tertinggi untuk sebuah mobil. Tampaknya, Bugatti tidak...

Toyota Jadi Brand Otomotif Paling Kesohor Di Dunia, Di atas BMW dan Mercedes

CALIFORNIA, carvaganza.com -  Kita sudah bercokol cukup lama di dunia otomotif, tapi tahu kah apa brand mobil paling terkenal di dunia? Artinya, nama brand...

SPYSHOT: Susul Taycan, Porsche Macan Versi Listrik Mulai Diuji

STUTTGART, Carvaganza.com – Suksesnya Taycan sebagai pionir mobil full electric dari Porsche mendorong mereka semakin seriusi segmen baru ini. Salah satu strateginya adalah dengan...