Beranda Updates BMW M3 Meluncur Akhir Tahun, 510 HP dan Gunakan AWD

BMW M3 Meluncur Akhir Tahun, 510 HP dan Gunakan AWD

JAKARTA, Carvaganza.com – Tak lama lagi BMW M3 terbaru akan hadir. Generasi keenam ini direncanakan tampil ke publik pada semester kedua ini. Spy shot uji coba dengan kamuflase, render, dan banyak lagi mewarnai kabar kedatangannya. Tapi ada hal menarik Seri-3 versi kencang ini. Ia dikabarkan akan mendapat rombakan mekanis dibandingkan generasi sebelum. Salah satunya menggunakan all-wheel drive (AWD). Ini adalah kali pertama kali sistem ini digunakan pada sedan kompak performa racikan M.

Untuk Seri 3 biasa, atau non M, kapabilitas penggerak empat roda sudah eksis sejak generasi kedua. Awalnya membawa imbuhan “iX” pada nomenklatur, berlanjut dengan sebutan xDrive pada BMW terkini. Namun kalau melihat sejarah lansiran divisi Motorsport, belum pernah ada cerita M3 menggendong sistem AWD. Kini, penyaluran daya ke empat roda sudah dikonfirmasi hadir pada generasi penerus M3 dan M4.

BMW memang harus punya nilai lebih jika ingin bertarung di kelas sedan kencang ini. Lawan mereka tak sembarangan. Sebut saja Mercedes-AMG C 63, Audi RS4 Avant, dan Alfa Romeo Giulia Quadrofoglio.

Markus Flasch, Bos BMW M, pernah menjelaskan rumor AWD kepada Road & Track. “Penerus M3 akan menjadi tantangan tersendiri karena kami memiliki lebih banyak varian powertrain dari biasanya. Kami menawarkan all-wheel drive serta rear-wheel drive. Kami juga menawarkan manual dan otomatis,” papar Flasch.

Peranti penggerak empat roda ini mengenakan konfigurasi M XDrive pada M5 termutakhir. Tentu bukan untuk offroad, melainkan memudahkan kontrol mobil dari ekstraksi tenaga berlimpah. Sistem ini pun tetap memungkinkan rasa mengemudi bak M3 tradisional, sebab tambahan putaran di roda depan dapat diputus sesuai keinginan pengemudi.

Baca Juga: Review BMW 320i Touring, Mewah dan Serba Guna

Spyshot BMW M3

Mesin

Nanti ia bertugas sebagai distributor tenaga sebuah pemacu daya anyar – yang digunakan di X3M dan X4M. Ialah unit 3.0 liter enam silinder Twin Turbo berkode S58. Diturunkan dari SUV kompak untuk menggerakan sebuah sedan. Terdengar menjanjikan, output mencapai 487 PS pada 6.250 rpm dan torsi fantastis 600 Nm memuncak sejak 2.600 rpm. Belum lagi saat nanti meluncur varian Competition, catatan tenaga mampu menorehkan angka 517 PS.

Untuk membahagiakan para enthusiast, disediakan opsi transmisi manual nan menggugah. Tapi perlu diketahui, model manual ini tidak akan dikawinkan dengan penggerak empat roda. Sistem AWD hanya bekerja sama dengan girboks otomatis konvensional – kemungkinan terbesar 8 percepatan M Steptronic.

Render BMW M3

Desain

Terkait upgrade visual, ekspektasikan bodikit agresif di sekujur tubuh. Sebagaimana M, wajar bila memainkan rongga udara besar, diffuser gahar, side-skirt sampai rear spoiler. Namun ada satu hal masih menjadi misteri: wajah. Dapat dipastikan radiator grille ekstra besar mendominasi moncong M4. Konon wajah itu juga menjadi identitas anyar M3, membedakan dari model standar membumi.

Wajah berbeda tidak akan membuat komposisi mendasar interior ikut berubah. Sesuai basis pembangun, interior dipastikan mirip Seri 3 G20. Sistem infotainment iDrive 7.0 menjadi pusat kendali fungsi kendaraan dan sarana hiburan. Namun ciri khas M tentu akan mendekorasi kabin, mulai dari material jok, jahitan dan detail ornament lain.

Sumber: Auto Express, Motor1

Baca Juga: BMW M3 Diyakini Meluncur Tahun ini, Menjadi M3 AWD Pertama dalam Sejarah

AHMAD KARIM | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Asuransi Astra Donasi Ribuan Masker Ramah Tuli dan Sembako di 24 Kota

JAKARTA, Carvaganza -- Asuransi Astra menyalurkan bantuan sebanyak 6.400 masker dan 1.100 paket sembako hasil kampanye sosial #MaskerTemanTuli. Masker-masker ramah Tuli tersebut dijahit langsung...

Lucid Air, Sedan Listrik yang Ingin Jegal Tesla Model S

NEWARK, Carvaganza.com – Sejak awal kehadirannya, Tesla Model S telah menjadi benchmark performa dan kecepatan di segmen mobil listrik. Berbagai pabrikan mencoba hadirkan pesaingnya,...

Versi Facelift 2020, Kia Picanto Punya Varian Crossover

SEOUL, Carvaganza.com – Kia Picanto generasi terbaru sudah beredar selama tiga tahun terakhir. Dari periode tersebut, kini sudah waktunya Picanto mengalami penyegaran. Kia Motors...

Banyak Permintaan Shipping, Bisnis Logisly Catat Pertumbuhan Selama Pandemi

JAKARTA, Carvaganza.com – Tahun 2020 telah berjalan menjadi periode yang sulit dari segi bisnis, khususnya karena pandemi COVID-19 yang terjadi. Banyak bisnis yang jatuh...

SPYSHOT: BMW Siapkan X8 Jadi Model SUV Termahal?

MUNICH, Carvaganza.com – BMW pernah menyatakan tidak berencana untuk membuat model SUV flagship, di atas X7 saat peluncurannya. Namun sepertinya rencana telah berubah, setelah...