Beranda New Cars REVIEW: BMW 320i Touring, Mewah dan Serba Guna

REVIEW: BMW 320i Touring, Mewah dan Serba Guna

JAKARTA, Carvaganza.com – Selama ini kita lebih banyak disuguhi mobil berjenis multi purpose vehicle (MPV), city car, atau yang lagi naik daun sport utility vehicle (SUV) dan crossover. Padahal ada satu jenis mobil yang praktis untuk banyak hal. Istilah yang digunakan untuk model ini ada beberapa macam. Ada yang menyebut estate, wagon, avant, atau touring yang dipakai BMW.

Meski sudah ada sejak 1987, BMW Indonesia untuk kali pertama menjual jenis mobil wagon ini di Tanah Air. BMW 320i Touring M Sport diperkenalkan secara resmi pekan lalu. Harganya? Lumayan yaitu Rp 1,29 miliar. Sontak ia bertarung dengan rival Mercedes-Benz C200 Estate seharga Rp 1,23 miliar. Semua berstatus off the road. Lainnya ada Audi A4 Avant, dan Volvo V60.

Jodie O’Tania, Director of Communication BMW Group Indonesia mengatakan320i Touring ini diboyong langsung CBU dari Jerman. Model baru ini hanya tersedia 25 unit saja untuk tahun ini.

“Semua transaksi hanya bisa dilakukan secara online. Sementara ini stok kami aman dan sudah tiba di Indonesia. Di sini pasar mobil wagon sangat niche (kecil) dengan selera konsumen berbeda. Dan kami juga menjaga keunikan lewatan batasan unit, sehingga bukan menjadi mobil pasaran,” kata Jodie O’Tania, Director of Communication BMW Group Indonesia.

Seperti disinggung Jodie, walau saat ini tengah terjadi wabah COVID-19 dan keterbatasan ruang gerak, bisnis harus terus dijalankan. Kini pecinta mobil lansiran BMW bisa membelinya lewat e-commerce populer.

Tampilan

Secara tampilan, BMW 320i Touring memiliki garis-garis tajam dan permukaan berkontur. Semua dibikin sebagai visual dari kendaraan dinamis, kemudian memancarkan aura elegan dan atletis. Seperti pada BMW Seri-3 sedan baru. Rancang bangun ujung depan pakai kisi-kisi besar, lampu kembar ramping dan apron depan yang menjorok. Penampilan sporty ditekankan oleh lekukan mencolok.

Lampu depan LED jadi standar di BMW Seri 3 Touring baru. Kalau dirasa kurang, tersedia opsi lampu LED Adaptif dengan BMW Laserlight. Sehingga tidak menyilaukan pengendara lain. Pancaran cahaya bisa menjangkau jarak 530 meter.

Karena touring, ada ubahan bodi yang dilakukan. Dimensi eksterior dibuat lebih besar. Misal panjang bertambah 76 milimeter menjadi 4.709 mm, dengan lebar hingga 1.827 mm dan tinggi 1.470 mm. Jarak sumbu roda diperpanjang 41 mm menjadi 2.851 mm. Trek lebar ini, kata pabrikan, berkontribusi memberi handling mobil yang tangkas nan gesit.

Dari sisi samping dari all-new BMW 320i Touring M Sport lebih disempurnakan dengan velg alloy-ringan 19 inci BMW Individual Double-spoke style 793 I Bi-colour orbit grey matt. Ukuran ban run-flat tyres yang digunakan 225/40 R19 – 255/35 R19. Kendaraan ini juga memiliki rem M Sport dengan kaliper empat piston di depan dan kaliper dua piston di bagian belakang, sementara kaliper yang dicat biru ini diembos dengan logo BMW M, semakin memperkuat kesan sporty.

Interior

Cerminan kendaraan premium sudah pasti tercermin dalam kabin. Teknologi mutakhir banyak disisipkan. BMW menyediakan Operating System 7.0 sebagai pusat kontrol sistem kontrol dan tampilan. Sesuai fungsi digital serta kebutuhan pengemudi, BMW Live Cockpit Profesional terhubung dengan cluster instrument 12,3 inci.

Lalu display kontrol 10,25 inci serta dukungan sebaran audio besutan Harman Kardon. Untuk operasi intuitif, Anda dapat memilih dari fungsi layar sentuh control display, iDrive controller, tombol roda kemudi, kontrol suara dan kontrol gerakan.

Desain bangku terbaru dibilang bisa menambah kenyamanan selama perjalanan jarak jauh. Ruang bahu di bagian depan kabin diperbesar secara signifikan. Dan kendaraan baru ini tawarkan ruang kepala lebih banyak dibandingkan pendahulunya. Selain itu, kompartemen belakang berikan penumpang ruang kaki ekstra. Plus kemudahan masuk serta keluar lebih optimal.

Tak ketinggalan imbuhan privasi dengan Roller-sunblind. Bangku belakang mengakomodasi tiga kursi anak. Dua di antaranya dapat dipasang ISOFIX serta dilengkapi sistem pendingin udara 3-zona otomatis. Terlebih lagi, Panoramic glass-roof juga meningkatkan rasa lapang bagi semua penumpang.

Mesin

All-new BMW 320i Touring M Sport ini dilengkapi dengan mesin generasi terbaru. Energi kinetik keseluruhan berasal dari pembakaran enjin double overhead camshaft (DOHC) 1.989 cc plus induksi turbo. Daya optimal tersuguh 184 PS pada 5.000 rpm hingga 6.000 rpm. Dorongan momen puntir maksimal 300 Nm tersedia di rentang 1.350 rpm – 4.000 rpm.

Mesin empat silinder segaris itu sanggup melesatkan mobil sampai kecepatan maksimal 235 km/jam. Untuk gerak dari 0-100 km/jam hanya 7,5 detik saja. Transmisi hanya tersedia matik delapan speed steptronic. Kemampuan konsumsi bahan bakar boleh jadi andalan. BMW mengklaim konsumsi kombinasi mencapai 17 liter/km.

Sebenarnya ada pilihan mesin diesel. Namun BMW memilih hanya memasarkan satu model mesin saja untuk pasar Indonesia.

Nilai tambah lain dari klaim peningkatan kelincahan 320i Touring. Itu lantaran struktur tubuh dan teknologi sasis. Kekakuan bodi naik sekitar 25 persen secara keseluruhan dan hingga 50 persen di beberapa panel. Kendaraan wagon lansiran BMW ini mengantongi pusat gravitasi rendah. Sehingga memberi distribusi berat 50:50, meski dimensi eksterior meningkat.

Fitur Keamanan

Wagon 320i Touring standar dibekali banyak peranti keselamatan. Misalnya speed limit info system, lane departure warning, collision and pedestrian warning with city braking function. Termasuk sensor pendeteksi pesepeda. Pilihan lain seperti active cruise control with stop & go function, driving assistant with lane change warning. Lanjut rear collision warning and crossing traffic warning. Semua itu tersedia bagi Anda.

Oh ya, kemampuan kabinnya jadi andalan. Kapasitas 500 liter di belakang. Jika kursi diilpat bisa ditingkatkan menjadi 1.510 liter.

Jadi, 320i Touring menyasar eksekutif yang suka kendaraan anti-mainstrem dengan segala performa mesin kuat. Di Tokopedia, harga on the road Jakarta menjadi Rp 1,46 miliar. Termasuk di dalamnya BMW Service Inclusive, yang membebaskan semua biaya perawatan kendaraan 5 tahun atau 60.000 km.

Juga mencakup garansi 36 bulan tanpa keterbatasan jarak tempuh. Ban kendaraan ini juga dilindungi oleh BMW Group Tire Coverage selama dua tahun. Namun syarat dan ketentuan berlaku.

Baca juga: Tersedia Terbatas, BMW 320i Touring Dijual Online Rp 1,29 Miliar di Indonesia

ANJAR LEKSANA | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Perbandingan Angka Performa Mercedes-AMG GLE 63 VS Maserati Levante Trofeo

JAKARTA, carvaganza.com -  Dulu kecepatan boleh saja didominasi oleh supercars atau performance car. Namun jaman telah berubah. Penguasa kecepatan sekarang bukan lagi muscle atau...

Bulan Oktober, Ada Karimun Wagon R Edisi Khusus akan Dirilis Suzuki

JAKARTA, Carvaganza.com - Menjadi peluncuran pamungkas tahun ini, Suzuki Indonesia siap lansir Karimun Wagon R Limited Edition. Jenis hatchback LCGC diramal berubah minor di...

Honda Civic Type R Berjaya Balap 24 Jam di Nurbrugring

NURBURG, Carvaganza.com – Akhir pekan lalu digelar ajang balap ketahanan Nurburgring 24 Hour di Jerman. Berbagai kelas balap turing disatukan dalam satu rangkaian seri...

Supercar BAC Mono Bakal Dijual TDA Luxury Toys, Harga Hampir Rp 3 Miliar

JAKARTA, Carvaganza -- Pandemi COVID-19 boleh jadi masih mewabah di Tanah Air. Namun industri otomotif terus bergerak. Seperti halnya TDA Luxury Toys yang akan...

Eksklusif dengan Atap Terbuka, MINI Cabrio Sidewalk Edition Meluncur

JAKARTA, Carvaganza.com – Tidak bosannya MINI Indonesia merilis rangkaian model edisi terbatas sepanjang tahun ini. Di penghujung bulan September 2020, MINI kembali merilis model...