Beranda Updates Belum Jual Mobil Listrik di Indonesia, Ini Alasan Honda

Belum Jual Mobil Listrik di Indonesia, Ini Alasan Honda

JAKARTA, Carvaganza.com – Sebagai salah satu pabrikan terbesar di Indonesia saat ini, Honda belum memiliki model mobil listrik dalam line up mereka. Di saat beberapa merek lain sudah aktif tawarkan mobil listrik di pasar, Honda justru masih membaca dan menunggu saat yang tepat.

PT Honda Prospect Motor (HPM) mengaku masih mempelajari regulasi kendaraan elektrifikasi dari pemerintah, sekaligus menunggu rilisnya penunjuk teknis (Juknis). Meski begitu, Honda saat ini sudah memiliki serangkaian model elektrifikasi di psaar global, yang bukan tidak mungkin akan dihadirkan ke Indonesia juga.

Terakhir kali Honda memasarkan mobil berelektrifikasi adalah melalui CR-Z, yang merupakan hatchback berteknologi hybrid. Tapi itu bukan model terakhir yang akan Honda pasarkan ke Indonesia.

“Dari TMS (Tokyo Motor Show) saya sudah ngomong, teknologi elektrifikasi itu harus benar-benar dipelajari baik-baik ya, harus cocok dengan kebutuhan konsumen seperti apa. Sekarang kita lagi tunggu Juknisnya, lagi digarap terus, tahun ini sih selesai,” ungkap Yusak Billy, Business Innovation and Marketing Sales Director PT HPM, Rabu (19/2/2020) malam.

“Line up kami sudah punya semua; hybrid, plug-in, fuel cell, battery, ada semua. Semua sudah dilihat dan dicoba waktu di Jepang, jadi kalau  itu keluar action kami tetap lah ya. Target secara global kan 2030 kan 2/3 elektrifikasi, honda secara global ya, 2030 tuh 2/3 pasar elektrifikasi,” kata Yusak.

CR-Z terakhir kali dipasarkan di Indonesia pada tahun 2017, menyusul produksinya yang dihentikan pada tahun 2016. Sampai saat ini, Honda belum lagi memasarkan mobil berteknologi elektrifikasi di Indonesia, meski ada sejumlah pilihan model di luar sana.

Yusak menegaskan, meski Honda terlihat tidak ada aksi terhadap hadirnya mobil listrik di pasar Indonesia, bukan berarti mereka diam saja. Honda tetap aktif memantau segala perkembangan di dalam GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), terkait kendaraan elektrifikasi.

Honda Clarity Fuel Cell

“Kita di dalam GAIKINDO juga termasuk anggota kan, jadi tahu terus setiap perkembangan seperti apa, bukannya sudah lagi naik perkembangannya kita diam kan nggak,” tambah Yusak yang hadir di sela test drive New Civic Hatchback RS.

Honda akan memasarkan lagi mobil berlektrifikasi jika waktu sudah dirasa tepat, serta model yang ditawarkan cocok untuk konsumen di Indonesia. Saat ini Honda sudah pasarkan mobil berelektrifikasi seperti Clarity, Everus VE1, Accord, Fit, NSX, termasuk Honda e yang berteknologi full electric.

Ditanya soal format mobil listrik apa yang cocok untuk dipasarkan di Indonesia, Yusak menyebut hybrid yang lebih baik dan cocok. Menurutnya, hybrid paling cocok untuk memperkenalkan dan menjembatani (bridging) peralihan dari powertrain konvensional ke elektrifikasi.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Belum Resmi Dijual, Mercedes Maybach GLS600 Sudah Sampai Ke Tangan Ludacris

Sudah bukan rahasia lagi, Ludacris sangat gemar mengoleksi mobil. Garasi rumah selebriti pemegang paspor Gabon dan Amerika Serikat itu dihuni mobil-mobil mewah seperti Lamborghini,...

Xpander Rally Team Siap Terjun di Kejuaraan Sprint Rally di Meikarta

JAKARTA, Carvaganza -- Xpander Rally Team (XRT) menyambut optimis pelaksanaan Meikarta Sprint Rally Drifting & Slalom Series 2020 yang akan diadakan di Meikarta, Cikarang,...

Hennessey VelociRaptor V8 Bronco, Predator Purba Bertenaga 758 HP

Kalau di Indonesia sekarang lagi ramai membicarakan Suzuki Jimny generasi terbaru. Kuota terbatas membuat mobil ini diburu para kolektor dan penggemar mobil bergaya offroad....

Gara-Gara Kaca Belakang, Ribuan Ferrari 812 Superfast Kena Recall

MARANELLO, Carvaganza.com – Ferrari 812 Superfast merupakan model Ferrari dengan mesin V12 terganas di line up saat ini. Unutk bisa menikmati performa maksimalnya, mobil...

5 Mobil Jerman Jadul Yang Layak Dikoleksi Kalau Punya Duit

Mobil Jerman. Istilah itu identik dengan kemewahan, nyaman, bertenaga, mahal dan kalau sudah tua dibilang ringkih. Tidak semua benar. Terutama poin terakhir. Mobil tua,...