Beranda Features Begini Desain Mobil Listrik Masa Depan BMW Bergaya Retro

Begini Desain Mobil Listrik Masa Depan BMW Bergaya Retro

MUNICH, Carvaganza – Era EV atau mobil listrik kini tak terbendung lagi. Dan lagi siapa yang bisa membendung guliran teknologi otomotif. Sejak dulu berevolusi terus. Tesla sebagai pelopor EV paling komersil terus mengembangkan line-up model terbaiknya. Bahkan sedang mengembangkan SUV listrik pertamanya. Semua pabrikan mobil tampaknya sedang menyongsong fase baru.

Sebetulnya, kehadiran mobil listrik bukan sejak 20 tahun lalu atau satu dasawarsa terakhir. Sudah sejak tahun 1800-an. Dari catatan yang digali oleh Carvaganza, adalah Robert Anderson yang tercatat sebagai orang pertama yang mengembangkan mobil listrik crude pertama sekitar tahun 1832. Jadi sudah lama sekali.

Pabrikan BMW asal Bavaria bahkan sudah mengembangkan EV pertama tahun 1972 melalui BMW 1602 coupe. Mobil yang hanya dibuat dua unit itu, khusus dikembangkan untuk ajang Olimpiade Munchen yang digelar dengan tahun yang sama mobil dirilis. Tampilannya simpel dengan warna eksterior orange khas BMW yang sama dengan versi mesin konvensional. Pada bagian pintunya tertulis BMW Elektro-Antrieb Munchen 1972 di bagian pintunya.

BMW 1602 Elektro-Antrieb mengandalkan motor listrik  bertenaga 42 hp untuk menyalurkan dayanya ke roda belakang. Mobil EV klasik ini sanggup berakselerasi dari titik 0-48 km/jam dalam 8 detik, dan memiliki kecepatan tertinggi di angka 100 km/jam.

Foto: www.carexpert.com.au

Mobil listrik itu yang menginspirasi desainer industri David Obendorfer membuat BMW 02 Reminiscence Concept. Idenya dari BMW 1602. Desain mobil menganut gaya desain penuh nostalgia untuk menjadi reinterpretasi modern. Banyak pihak menilai 02 Reminiscence sanggup menggambarkan fitur desain terbaik tahun 70-an secara sempurna.

Karya-Karya David Obendorfer
David telah mendapatkan banyak perhatian di mancanegara atas proyek desain otomotifnya yang terinspirasi gaya retro. Setelah lulus dari MOME Universitas Seni dan Desain Moholy-Nagy di Budapest, ia bekerja di perusahaan Officina Italiana Design. Sibuk merancang kapal pesiar untuk model Riva dan Sanlorenzo selama lebih dari satu dekade.

Keterlibatannya dalam otomotif di mulai ketika ia menciptakan konsep Renault 4 Revival dan Fiat 127. Kedua mobil menjadi pembicaraan dunia. Lewat karya inilah, David terdorong untuk terus memproduksi “konsep mobil virtual yang menceritakan kisah masa lalu dalam bahasa kontemporer”.

Tak hanya itu, David juga memiliki beberapa rancangan varian lain yang tak kalah unik. Misalnya Fiat 500 Coupé, BMW CS Vintage Concept, Volkswagen T1 Revival dan minivan Citroen Anniversary Tipe H Citroen yang juga tersedia untuk dibeli sebagai perangkat bodi kit opsional.

Fiat 127 Concept

BMW 02 Reminiscence Concept langsung mengingatkan pada sosok 1602 yang mengusung ide sebagai kendaraan konsep EV. Secara simbolis ia berhasil melakukan evolusi untuk model visioner BMW era 70-an, dan membawa desain BMW 2002/1602 Series menuju ke abad 21.

Bagian fascia BMW 02 Reminiscence Concept mirip dengan aslinya. Mengambil style shark-nose (hidung hiu) yang menjadi tipikal BMW tahun 70-an. Headlamp LED bundar dan lampu sein memanjang dipadukan oleh bahan padat yang membentuk grille ganda ala BMW 2002/1602. Dapat berfungsi meningkatkan aerodinamika. Bagian bumper memiliki rongga udara tengah, splitter kit yang menonjol, dan dua rongga aero di samping yang mengikuti bentuk fender. Begitu juga dengan bagian buritan yang menampilkan lampu bulat.

Bagian Interior Mobil Konsep
Konsep desain retro pun menjalar ke bagian interior. Walau tak bisa dibandingkan antara interior orisinal bawaan 1602, namun ada satu kesamaan yakni tampilan sederhana dan tak rumit khas kendaraan era 70’s. Nampak jelas jika ruang kabin tak memiliki permainan garis selayaknya mobil terkini, hanya terisi material bernuansa lembut dengan warna kalem yang sedap dipandang. David hanya menggabungkan pendekatan minimalis melalui elemen-elemen modern dari jajaran model BMW saat ini. Panel dashboard memiliki tampilan yang bersih, hanya terdapat layar sentuh dengan sistem infotainment BMW iDrive terbaru.

Mobil konsep ini memiliki visual dimensi panjang 4.510 mm, lebar 1.805 mm  dan tinggi 1.400 mm. Wheelbasenya 2.730mm. Sedikit lebih besar dari model BMW Seri 2 generasi F22. Meskipun sepenuhnya listrik, tetap mempertahankan proporsi penggerak roda belakang. Bermesin depan konvensional dengan overhang depan sangat pendek, velg besar, dan gaya bodi coupe dua-pintu. Garis atapnya terinspirasi coupe tahun 70-an dengan kaca depan dan belakang berukuran besar.

Karena tidak ada tuas apapun, konsol tengah memiliki banyak ruang untuk dua cupholder, penyimpanan praktis dan sandaran tangan. Sentuhan menarik lainnya adalah bentuk bangku yang terlihat menyatu dengan trim interior di sekitarnya.

David berhasil memasukkan banyak elemen retro di dalamnya. Ia juga berhasil menjaga proporsi yang cukup seksi untuk menjadi sebuah sedan EV versi produksi. Meski begitu, karyanya ini merupakan karya independen dan tidak terkait dengan pabrikan BMW.

Vox

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Bingung Pilih Toyota Calya Atau Daihatsu Sigra? Simak Ulasan Ini!

Menjelang liburan akhir tahun biasanya tren penjualan mobil naik, mengikuti kebutuhan mudik. Andai keperluan dan ketersediaan finansial berada di segmen LCGC. Ada dua opsi...

Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition vs Suzuki XL7 Alpha, Pilih Mana?

Edisi terbatas sering menjadi senjata pabrikan otomotif untuk memikat pelanggan. Lantaran tak banyak dijual, memberikan kesan eksklusif. Salah satunya Xpander Cross Rockford Fosgate Black...

Hypercar Elektrik, Pininfarina Battista Tawarkan Isi Baterai Gratis Selama Lima Tahun

Geneva Motor Show 2019 menjadi saksi lahirnya hypercar elektrik berwujud cantik, Pininfarina Battista. Diklaim sebagai mobil paling bertenaga yang pernah didesain dan diciptakan di...

Rutin Ganti Pelumas Mobil Lubricants, Menangkan Ratusan Hadiah Langsung

TANGERANG, Carvaganza -- Perawatan mesin secara rutin dan berkala menjadi salah satu cara untuk menjaga mesin kendaraan Anda tetap awet dan prima. Perhatikan beberapa...

Bugatti Bolide, Hypercar Ekstrem 1.824 Hp yang Siap Pecahkan Rekor

MOLSHEIM, Carvaganza.com - Sosok hypercar misterius yang baru-baru ini Bugatti tes di Paul Ricard, Perancis akhirnya resmi diungkap ke publik. Adalah Bugatti Bolide, nama...