Beranda Updates Balap Formula Khusus Wanita Batal Digelar Tahun Ini

Balap Formula Khusus Wanita Batal Digelar Tahun Ini

LONDON, Carvaganza.com – Di saat sejumlah ajang balapan dunia mulai bersiap untuk memulai kejuaraan musim ini, satu kejuaraan justru mengumumkan pembatalan musim 2020. Karena serangkaian kondisi tidak mendukung, W Series memutuskan untuk tidak menggelar balapan sama sekali tahun ini.

W Series adalah kejuaraan balap single seater khusus wanita, untuk menjadi jenjang penjajakan menuju Formula 1. Tahun lalu merupakan musim debut kejuaraan yang diracik langsung oleh FIA, demi menjadi lahan pembuktian kemampuan para pembalap wanita di dunia.

Yang disayangkan para peserta adalah bahwa mulai tahun ini W Series sudah memberikan poin superlicense kepada pembalap. Poin superlicense inilah yang dibutuhkan para pembalap untuk memenuhi persyaratan naik kelas ke F1.

“Keputusan kami untuk tidak menggelar balapan di sirkuit sampai 2021 adalah salah satu yang tidak diambil dengan mudah,” jelas Catherine Bond, CEO W Series.

“Sekarang kami telah mengambil keputusan yang sangat sulit tetapi pada akhirnya tidak dapat dihindari.. kami akan fokuskan energi kami dengan jelas pada 2021 ketika kami akan melanjutkan program balap on-track kami yang lebih besar dan lebih baik daripada sebelumnya.”

Pada tahun debutnya, W Series digelar dengan jadwal mengikuti kalender balap DTM alias Kejuaraan Touring Car Jerman. Diikuti oleh 20 peserta, W Series dilombakan menggunakan basis mobil balap spek Formula 3 terbaru. Tahun pertama tersebut berhasil dijuarai oleh Jamie Chadwick asal Inggris, yang kini menjadi pembalap pengembangan Williams F1.

Pada tahun ini, awalnya W Series dijadwalkan akan mengikuti beberapa seri F1. Selain karena pandemi COVID-19, kejuaraan dibatalkan juga karena kesulitan menyesuaikan jadwal baru sejumlah balapan primer yang digelar di Eropa.

“Ini adalah kekecewaan besar untuk kami semua bahwa karena kesulitan yang diakibatkan COVID-19 ajang ini tidak bisa digelar, tapi kami menantikan keseruan balapan di tahun 2021 saat W Series kembali,” lanjut Bond.

Tahun ini W Series awalnya akan mendapat tambahan seri di luar Eropa, yaitu di Meksiko dan Amerika Serikat. Setiap tahun, W Series direncanakan akan digelar dengan skala yang semakin besar.

W Series akan membuat para pembalapnya tetap aktif meski musim dibatalkan. Melanjutkan yang sudah dilangsungkan selama pandemi, W Series akan gelar kembali seri balap virtual khusus. Setidaknya cara ini bisa tetap memotivasi para pembalap menyambut musim depan.

Sumber: GrandPrix 247

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Elon Musk Jadi Orang Terkaya Kedua Di Dunia, Tesla Semakin Bersinar

JAKARTA, carvaganza – Ragam terobosan yang dilakukan oleh Elon Musk telah menempatkan dirinya sebagai orang terkaya di dunia kedua. Kekayaannya sekarang mengalahkan Bill Gates,...

ROAD TEST: MINI JCW 3 Door 2020, Hot Hatch Tanpa Basa-Basi

JAKARTA, Carvaganza.com - Bicara soal merek BMW, kita pasti akan langsung terpikir soal pabrikan premium yang lebih kuat karakter kesenangan berkendaranya dibandingkan para rival....

Ingin Tampil Beda? Ini Aksesoris yang Bikin MG ZS Anda Makin Gaya

JAKARTA, Carvaganza -- MG Motor Indonesia mengandalkan MG ZS sebagai salah satu jajaran produk yang ditawarkan untuk konsumen Indonesia. SUV ini punya desain menarik...

Cerita Dibalik 15 Mobil Legendaris Yang Pernah Dikoleksi Elvis Presley Sebelum Wafat

JAKARTA, Carvaganza.com – Elvis Aaron Presley, bukanlah penyanyi dan aktor biasa. Lahir di Tupelo, Missisippi, Amerika Serikat (AS) pada 8 Januari 1935, di masanya...

Belum Mampu Beli Bugatti? Jangan Ciut, Ada Versi Juniornya

MOLSHEIM, carvaganza.com – Bugatti itu brand mobil yang super mahal. Unit yang dibangun tak banyak dan pembelinya pun berasal dari piramida paling puncak. Tapi...