Beranda Updates Balap Formula Khusus Wanita Batal Digelar Tahun Ini

Balap Formula Khusus Wanita Batal Digelar Tahun Ini

LONDON, Carvaganza.com – Di saat sejumlah ajang balapan dunia mulai bersiap untuk memulai kejuaraan musim ini, satu kejuaraan justru mengumumkan pembatalan musim 2020. Karena serangkaian kondisi tidak mendukung, W Series memutuskan untuk tidak menggelar balapan sama sekali tahun ini.

W Series adalah kejuaraan balap single seater khusus wanita, untuk menjadi jenjang penjajakan menuju Formula 1. Tahun lalu merupakan musim debut kejuaraan yang diracik langsung oleh FIA, demi menjadi lahan pembuktian kemampuan para pembalap wanita di dunia.

Yang disayangkan para peserta adalah bahwa mulai tahun ini W Series sudah memberikan poin superlicense kepada pembalap. Poin superlicense inilah yang dibutuhkan para pembalap untuk memenuhi persyaratan naik kelas ke F1.

“Keputusan kami untuk tidak menggelar balapan di sirkuit sampai 2021 adalah salah satu yang tidak diambil dengan mudah,” jelas Catherine Bond, CEO W Series.

“Sekarang kami telah mengambil keputusan yang sangat sulit tetapi pada akhirnya tidak dapat dihindari.. kami akan fokuskan energi kami dengan jelas pada 2021 ketika kami akan melanjutkan program balap on-track kami yang lebih besar dan lebih baik daripada sebelumnya.”

Pada tahun debutnya, W Series digelar dengan jadwal mengikuti kalender balap DTM alias Kejuaraan Touring Car Jerman. Diikuti oleh 20 peserta, W Series dilombakan menggunakan basis mobil balap spek Formula 3 terbaru. Tahun pertama tersebut berhasil dijuarai oleh Jamie Chadwick asal Inggris, yang kini menjadi pembalap pengembangan Williams F1.

Pada tahun ini, awalnya W Series dijadwalkan akan mengikuti beberapa seri F1. Selain karena pandemi COVID-19, kejuaraan dibatalkan juga karena kesulitan menyesuaikan jadwal baru sejumlah balapan primer yang digelar di Eropa.

“Ini adalah kekecewaan besar untuk kami semua bahwa karena kesulitan yang diakibatkan COVID-19 ajang ini tidak bisa digelar, tapi kami menantikan keseruan balapan di tahun 2021 saat W Series kembali,” lanjut Bond.

Tahun ini W Series awalnya akan mendapat tambahan seri di luar Eropa, yaitu di Meksiko dan Amerika Serikat. Setiap tahun, W Series direncanakan akan digelar dengan skala yang semakin besar.

W Series akan membuat para pembalapnya tetap aktif meski musim dibatalkan. Melanjutkan yang sudah dilangsungkan selama pandemi, W Series akan gelar kembali seri balap virtual khusus. Setidaknya cara ini bisa tetap memotivasi para pembalap menyambut musim depan.

Sumber: GrandPrix 247

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

TEST DRIVE: Nissan Kicks e-Power, Maximum Trip Ke Timur Jawa (Bagian 2)

JAKARTA, Carvaganza.com - Dalam pengujian Maximum Power bersama Nissan Kicks e-Power, kami mencoba mencari jawaban atas pertanyaan; Apakah benar ia adalah crossover terhebat? Atau...

Toyota Virtual Expo, Beli Mobil Berhadiah Kalung dan Emas

JAKARTA, Carvaganza -- Toyota makin gencar melakukan strategi pemasaran lewat digital selama masa pandemi Covid-19. Kali ini, Toyota menggelar Toyota Virtual Expo berskala nasional...

Mercedes-Benz GLA & GLB Terbaru Meluncur, Lengkapi Line-Up SUV di Indonesia

JAKARTA, Carvaganza.com – Keluarga model SUV kompak Mercedes-Benz di Indonesia semakin lengkap, dengan resmi hadirnya dua model baru. Generasi baru Mercedes-Benz GLA telah meluncur...

Tesla Kembangkan Baterai Baru Demi Mobil Listrik Murah

SAN CARLOS, Carvaganza.com – Sebagai salah satu pionir di pasar otomotif elektrifikasi, Tesla Motors mengumumkan sedang mengembangkan teknologi baru. Inovasi yang tengah dikembangkan ini...

TEST DRIVE: Nissan Kicks e-Power, Maximum Trip Ke Timur Jawa (Bagian 1)

JAKARTA, Carvaganza.com - Nissan Indonesia kini punya strategi baru. Tahun lalu, di Hong Kong, rencana besar mereka untuk Indonesia di 2020 adalah merilis model...