Beranda New Cars Audi Q8, Strong Contender

Audi Q8, Strong Contender

AUDI menghadirkan Q8 untuk pasar Eropa dan akan menjadi senjata khusus dalam melawan BMW X6 dan Mercedes-Benz GLE Coupe. Audi Q8 dirancang untuk menawarkan paket sebagai kendaraan yang serba guna, sporty, sekaligus elegan dengan memadukan kedinamisan di sisi penampilan mewahnya. Lahir pertama kalinya menggunakan nama Q8, Audi menerapkan desain SUV Coupe yang memiliki garis atap belakang melandai.

Q8 mengandalkan sistem all-wheel steering dan penggerak quattro yang membuat SUV ini menjanjikan pengendalian dan traksi terbaik. Bila dibandingkan dengan X6, dimensi Q8 memang lebih bongsor. Ia lebih panjang 90 mm, lebih lebar 11 mm dan lebih tinggi 8 mm ketimbang X6. Sedangkan jarak sumbu roda Q8 mencapai 3 meter, sedangkan X6 2.933 mm.

Mengendepankan grille Singleframe dengan desain oktagonal, Audi Q8 merupakan wajah baru di keluarga Q. Warna frame yang didominasi abu-abu memberikan kesan garang. Selain itu tarikan garis atap yang melengkung hingga pilar D membuatnya seperti menyatu dengan rumah roda yang dijejali velg ukuran 22 inci. Sistem pencahayaan sudah menggunakan teknologi LED dengan opsi Matrix HD LED, dengan lampu belakang mendapat aksen hitam seperti Quattro.

Audi menggunakan suspensi dengan damper control sebagai standar. Sebagai opsi, Anda juga bisa menggantinya dengan suspensi udara yang memiliki pilihan setingan Comfort atau Sport. Ketinggiannya bisa bertambah 90 mm dari ground clearance yang mencapai 254 mm.

Audi memang punya reputasi sebagai pabrikan dengan teknologi canggih dan itu juga terlihat dari Q8. Tak hanya sistem quattro yang membagi tenaga 60 persen ke roda belakang dan 40 persen ke roda depan, lingkar kemudi juga dilengkapi progressive steering. Rasio kemudi secara otomatis meningkat ketika berbelok. Opsi fitur all-wheel steering memungkinkan roda belakang ikut berbelok sebanyak lima derajat.

Audi Q8 juga menyematkan teknologi mild hybrid alias MHEV. Roda dikoneksikan dengan sistem kelistrikan berkekuatan 48 volt melalui baterai lithium ion serta starter belt alternator. Baterai itu menyimpan tenaga hingga 12 kW dalam setiap pengereman. Tenaga yang terkumpul memungkinkan SUV ini untuk meluncur saat mesin mati secara otomatis dan dalam kondisi start-stop.

Interior pun tak luput dari taburan teknologi. Audi Q8 menggunakan perangkat layar sentuh MMI berukuran 10,1 inci untuk infotainment dan sistem navigasi. Sedangkan untuk indikator pemanas dan penyejuk kabin menggunakan layar 8,6 inci. Pemanja telinga di dalam kabin diladeni oleh perangkat audio Bang & Olufsen Advance Sound System yang bisa memberikan efek 3D pada seluruh penumpang.

Mesin 3.0 liter menjadi opsi utama dengan pilihan varian 55 TFSI dengan tenaga 335 hp. Sedangkan varian diesel 50 TDI menawarkan 282 hp. Rencananya Audi akan memberikan pilihan mesin diesel lain, 45 TDI bertenaga 228 hp.

Spesifikasi Audi Q8

Layout: SUV, 5 pintu, 5 penumpang, AWD
Mesin: 3.0L TFSI V6-turbo/ 335 hp @ 4200 rpm/ 500 Nm  @1370-5000 rpm
PxLxT: 4990 x 2000 x 1710 mm
Transmisi: A/T 8-kecepatan quattro
Wheelbase: 3000 mm
Bobot kosong: N/A
Tangki BBM: 65L
Rekomendasi BBM: RON 98

VALDO PRAHARA

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Ini Spesifikasi dan Perbedaan 3 Varian Suzuki XL7

JAKARTA, Carvaganza.com – Suzuki akhirnya ikut bermain di segmen sport utility vehicle (SUV). Kehadiran mereka ditandai dengan peluncuran Suzuki XL7. Tak hanya tampilan, XL7...

Scuto Nano Ceramic+ Raih Gelar Best Car Salon

JAKARTA, Carvaganza.com -- Scuto Indonesia meraih penghargaan bergengsi Superbrands Indonesia 2020. Kategori yang dimenangkan adalah Best Car Salon sebagaimana perusahaan mereka bergerak, di bidang...

TEST DRIVE: Mitsubishi Xpander Cross, Adventure di Lombok

LOMBOK, Carvaganza.com – “Don’t Stop Me Now!”, judul lagu milik Queen yang legendaris dipakai sebagai tagline Mitsubishi Xpander Cross, seolah menjadi pesan bahwa Xpander...

Suzuki XL7, Apa Sih Bedanya dengan Ertiga?

JAKARTA, Carvaganza.com – Kehadiran Suzuki All New XL7 jadi perbincangan hangat di dunia otomotif Tanah Air. Kehadirannya menyemarakkan pasar Low SUV lewat XL7. Strateginya...

REVIEW: Mini Cooper Clubman 2020, Funky Premium Hatchback

JAKARTA, Carvaganza.com -- MINI menjadi salah satu nama ikonik di dunia otomotif. Dibangun akibat dampak krisis Suez di akhir tahun 1950-an. Kondisi ini menyebabkan...