Beranda New Cars Audi Q5 Facelift Meluncur, Proporsi Tampang Keren dan Teknologi Canggih

Audi Q5 Facelift Meluncur, Proporsi Tampang Keren dan Teknologi Canggih

INGOLSTADT, Carvaganza.com – Seiring waktu, produk Audi semakin tampil dengan desain yang impresif. Mulai dari sedan, hatchback, tidak terkecuali crossover dan SUV-nya. Kini Audi menunjukkan interpretasi desain terbarunya pada New Q5 yang telah mengalami facelift.

Banyak penyegaran dan perubahan yang dibawa oleh Audi pada Q5 baru ini, baik di luar maupun dalam. Model yang diproduksi dari pabrik San Jose, Meksiko ini, akan mulai dipasarkan pada semester kedua 2020. Degan banderol mulai € 48.700 atau Rp 791 jutaan, apa saja yang disajikan dari Q5 versi facelift?

Eksterior

Pada tampang luarnya, terjadi ubahan yang membuatnya lebih tegas. Wajahnya terutama, intake samping pada bumper, yang juga menjadi rumah foglamp tak lagi memanjang seperti sebelumnya. Posisinya menjadi lebih tinggi, sehingga tampak lebih besar. Bentuknya juga dibuat lebih menonjol dengan bingkai trapesium. Berkatnya, grille terlihat ikut membesar dengan corak honeycomb. Sementara sektor penerangan makin tajam dengan daytime running light (DRL) yang dijadikan alis.

Profil samping tak banyak berubah. Velg tersedia dalam beberapa pilihan, dengan ukuran 17 inci melekat pada varian standar, sementara varian teratas dan S dengan 18 inci. Audi pun menyuguhkan opsi ukuran 19, 20 dan 21 inci bagi penggemarnya. Desainnya masih sama, berupa palang tebal menyerupai beliung.

Pada sisi bodi hadir sentuhan garnish gelap, yang menciptakan ilusi seolah ground clearance Q5 meningkat. Di belakang, cluster lampu baru dengan sisipan diffuser dengan sirip horizontal dan terdapat dua opsi desain disematkan. Pada varian atas diimbuhkan elemen chrome. Kemudian pilihan warna bodi diperbanyak, yang totalnya menjadi 12 warna dengan dua kelir baru; hijau dan biru ultra.

Teknologi terkini dibenamkan. Lampu OLED generasi anyar untuk tail light, dengan cahaya yang dihasilkan lebih jelas, dan memungkinkan desainer memiliki keleluasaan mendesain motif lampu. Menariknya, konsumen disuguhkan tiga pilihan corak grafis lampu belakang.

Tidak hanya itu, perangkat dilengkapi sensor jarak. Ketika mendeteksi kendaraan di belakang datang terlalu dekat, seluruh segmen lampu langsung menyala, sehingga pengemudi lain lebih menyadari keberadaan Q5 di depan. Sementara lampu depan masih memakai LED dengan teknologi high beam adaptif, sehingga tak menyilaukan pengendara lain yang berpapasan.

Mesin

Jantung mekanis menganut versi diesel berkonfigurasi empat silinder 2,0 liter. Mampu menyuguhkan tenaga tertinggi 201 hp dan torsi 400 Nm. Bobot mesin dikurangi 22,5 kg dengan penggunaan material aluminium, yang tentunya memengaruhi efisiensi dan performa. Q5 dapat melesat dari nol ke 100 km/jam dalam 7,6 detik, dengan kecepatan puncak 222 km/jam. Bertenaga namun efisien, berkat sistem mild hybrid Audi.

Transmisi S tronic 7-speed yang dipadukan penggerak quattro all-wheel. Tenaga disalurkan ke roda depan ketika berkendara normal. Sistem langsung mengubah ke seluruh roda ketika dibutuhkan, seperti melewati jalan licin. Kabarnya bakal ada opsi dapur pacu lain disuguhkan. Termasuk dua varian TDI empat silinder yang lebih bertenaga. Lainnya, ada penenggak bensin V6 dan TFSI empat silinder 2,0 liter. Termasuk pula TFSI-e dengan plug-in hybrid.

Interior

Nuansanya tak berbeda dengan model terdahulu. Pelanggan bisa memilih dari tiga trim tersedia: base, design selection dan S Line. Paket itu termasuk fitur cahaya ambient untuk membentuk mood dalam kabin. Fitur pun ditingkatkan, seperti head unit MMI baru. Tak ada tombol maupun kenop putar di konsol tengah untuk mengaturnya, digantikan kompartemen penyimpanan.

Head unit itu mengaplikasikan generasi ketiga Modular Infotainment Platform yang lebih pintar dan cepat. Berukuran 10,1 inci, mampu terkoneksi dengan smartphone dan dapat menampilkan navigasi MMI. Ini dipadukan panel instrumen digital 12,3 inci dengan tiga susunan grafis. Untuk mengontrolnya bisa melalui paddle-shift di setir. Tak ketinggalan head-up display (HUD) tersaji secara opsional.

Bertubuh bongsor, Q5 facelift memanjang 19 mm menjadi 4.680 mm. Sementara lebar dan tinggi masih sama, begitu juga wheelbase. Ruang kabin terasa lapang apalagi bila ditambahkan opsi jok belakang yang bisa digeser dan dilipat. Bila memilih setingan ini, kargo yang dimuat mencapai 550 liter sampai 1.550 liter. Mengakses area ini mudah berkat power tailgate. Sayangnya fungsi itu juga opsional, yang artinya pelanggan harus menambah biaya agar dapat menikmatinya.

Kenyamanan ditunjang suspensi yang bisa diatur dalam empat mode. Setelannya dapat disesuaikan untuk kenyamanan terbaik hingga manuver lincah yang stabil. Ketinggian komponen peredaman yang mempengaruhi ground clearance juga bisa diatur dalam lima tingkatan. Sementara fitur keselamatan dan pendukung pengemudian mumpuni. Perangkat pencegah kecelakaan lengkap. Cruise control adaptif, Hill Descent Assistant, Lane Keeping Assist dan Predictive Efficiency Assist.

Sumber: Netcarshow

MUHAMMAD HAFID | WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Porsche Rilis 3 Varian Baru Panamera, Apa Saja Ubahannya?

STUTTGART, carvaganza.com – Porsche baru saja mengumumkan tiga varian baru Panamera model tahun 2021. Kehadiran ketiganya menambah line-up big size sedan Bavaria yang sudah...

5 Mobil Beroda Tiga Paling Unik Di Dunia Yang Legal Digunakan Di Jalan Raya

JAKARTA, Carvaganza -- Siapa sangka, ternyata selama ini banyak sekali mobil dengan wujud aneh yang pernah diperbolehkan seliweran di jalan raya. Begini, mobil wajib...

Dua Model Sekaligus, Mitsubishi Luncurkan Xpander dan Xpander Cross Edisi Terbatas

JAKARTA, Carvaganza.com – Menjaga momentum pasar di tengah masa pandemi yang sudah memasuki kuartal terakhir tahun ini, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia...

10 Model Nissan Dipasangi Fitur NSS 360 Sebagai Standar

TOKYO, carvaganza.com -  Pabrikan mobil asal Jepang, Nissan, mengumumkan bahwa fitur teknologi keselamatan Nissan Safety Shield 360 (NSS) bakal menjadi fitur standar di 10...

Pabrikan Sportscar Perancis Ini Ingin Jadi Ferrari Versi Mini

PARIS, Carvaganza.com – Setiap pabrikan otomotif punya cara dan strateginya sendiri untuk menegaskan eksistensinya di tengah pasar. Apalagi, kalau merek yang dibawa sempat lama...