Asik, Shock Mobil Ohlins DFV Sudah Resmi Dijual Ohlins Indonesia

JAKARTA, Carvaganza – Ohlins Indonesia kini resmi menjual shockbreaker seri terbaru untuk mobil. Shockbreaker terbaru ini bertipe DFV (Dual Flow Valve). Produk baru ini merupakan suspensi yang mengusung model coilover dan memiliki sejumlah pengaturan untuk menyesuaikan kebutuhan mobil. Pengaturan tersebut berupa tinggi – rendah dan keras atau lembutnya bantingan.

Ohlins DFV ini sebenarnya sudah diluncurkan untuk global pada 2014 silam. Namun, baru kali ini secara resmi dipasarkan untuk pecinta roda empat di Indonesia. Fakta lain, sebenarnya shockbreaker ini sudah dipasarkan juga oleh RFT Motorsport. Bengkel balap milik Rizal Sungkar di kawasan Pondok Cabe, Tangerang, sejak 2016.

“Sebenarnya kita sudah pasarkan sejak 2016, cuma memang masih di dunia balap dan customer saja. Mulai saat ini barulah resmi dipasarkan ke publik oleh Ohlins Indonesia,” ucap Rizal saat dihubungi via telepon. Senin (5/9/2020).

Coilover ini sudah melewati berbagai pengujian hingga ke dunia balap international. Klaim Ohlins adalah shockbreaker ini memiliki daya tahan yang hebat dengan teknologi mutakhir. Hal ini juga dibuktikan oleh Rizal pada mobil balapnya.



“Selama setahun saya coba pada Honda Jazz yang digunakan buat mobil balap touring, hasilnya emang comfort dan rigid,” tegas Rizal.

Ditambahkan olehnya, shockbreaker ini juga digunakan pada mobil hariannya yaitu Mitsubishi Evo X. “Mobil harian juga saya pasangkan coilover ini, efek besarnya yaitu tidak adanya body roll untuk sebuah mobi standar. Itu luar biasa,” tambahnya.


Teknologi Ohlins DFV


Ohlins DFV (Dual Flow Valve) merupakan suspensi yang memiliki katup ganda dengan karateristik yang sama pada rebound dan kompresi. Model ini membuat aliran oli pada damper shock secara konsisten mengalir ke kedua arah.

Inilah yang diklaim oleh Ohlins bahwa kinerja suspensi ini lebih efisien. Teknologi DFV juga diklaim dapat menyerap guncangan dan memberikan grip yang maksimal saat mobil diajak bermanuver. “Simpelnya, handling mobil lebih luar biasa dan traksi tidak hilang saat melalui jalur bumpy,” tambah Rizal.

Ohlins mengklaim, suspensi ini juga cocok untuk mobil harian. Bahkan mobil tersebut sudah bisa dengan mudah melibas trek balap tanpa perlu diatur kembali.


Lokasi Penjualan


Sokbreaker ini sudah tersedia untuk segala jenis dan tipe mobil. Mulai dari kelas menengah hingga kelas atas, sebagai contoh pada mobil Honda Jazz yang digunakan Rizal Sungkar tim balap Banteng Motorsport.

“Shockbreaker ini dijual mulai dari Rp 40 juta sampai Rp 55 juta. Harga ini di luar biaya pemasangan. Untuk jasa bongkar pasang, customer dikenakan biaya Rp 2 juta-an,” ujar Eddy Saputra, Direktur PT. Sena Autopart Indonesia selaku distributor resmi shockbreaker Ohlins Indonesia pada release yang dikirimkan ke Carvaganza.

Setiap pembelian Ohlins DFV di diler resmi di Indonesia, Serial number shockbreakernya pasti terdaftar dan mendapat garansi 3 tahun. Untuk pembelian bisa didapatkan di RFT Motorsport atau di Authorized dealer Ohlins Indonesia yang belokasi di Jl. Cikini Raya No.70, Jakarta Pusat.

VALDO PRAHARA

Artikel yang direkomendasikan untuk anda