Beranda Updates Apex AP-0, Sportscar Listrik Bertenaga 649 HP

Apex AP-0, Sportscar Listrik Bertenaga 649 HP

HONG KONG, Carvaganza.com – Gagal melakukan debutnya di pameran Geneva Motor Show 2020, para pabrikan melakuan cara lain untuk mengenalkan mobil terbarunya. Seperti pabrikan satu ini, Apex. Mereka meluncurkan mobil sport elektrik bernama Apex AP-0 di London, Inggris. Masih tahap pengenalan, Apex AP-0 direncanakan masuk jalur produksi pada 2020. Produknya akan dipasarkan di Amerika Serikat dan negara lainnya.

Meski tak banyak dikenal di kalangan otomotid, APEX sebenarnya sudah punya banyak produk. Perusahaan yang berpusat di Hong Kong ini bahkan nama baru. Sebelumnya merilis AP-1 untuk pasar Hong Kong, yang menggunakan mesin Ford EcoBoost 2.3-liter yang memiliki daya 400 hp. Tapi Apex AP-0 punya platform berbeda dari AP-1.

Berjenis coupe dua penumpang, gaya desainnya sepintas mirip Koenigsegg. Banyak memakai material serat karbon pada struktur maupun bodinya. Diklaim bobotnya cuma 1.199 kg. Itupun didominasi baterai lithium-ion 90 kWh yang mencapai 550 kg alias setengahnya. Kapasitas yang besar, membuatnya sanggup melaju hingga 514 km (berdasarkan pengujian WLTP Eropa).

Ukuran tubuh tak terlalu besar. Memiliki panjang 4.378 mm, serupa Porsche 718 Cayman. Walau begitu, jarak sumbu rodanya mencapai 2.649 mm, atau lebih panjang 175 mm dari Cayman. Untuk mengoptimalkan laju dan kestabilan, ground clearance dibuat hanya seceper 93,98 mm. Pengendaliannya ditopang suspensi pushrod gaya mobil balap. Lalu penghela laju mempercayakan keramik karbon dengan caliper enam piston di roda depan.

Baca juga: Ternyata Mobil Listrik Bisa Cegah Penyebaran Virus Corona

Mesin

Jantung mekanis sedikit berbeda dengan Ev kebanyakan. Jika mobil listrik biasanya menggunakan all-wheel drive system, Apex AP-0 menggunakan motor elektrik dipercayakan hanya untuk memutar roda belakang. Konfigurasinya mampu menghasilkan 658 PS dan 578 Nm torsi. Klaim akselerasi dari posisi nol ke 100 km/jam bisa ditempuh dalam 2,3 detik, dengan kecepatan puncak 305 km/jam.

Sayang, dalam gambar yang dipublikasi resmi oleh Apex, tak memperlihatkan bagian interiornya. Masih tertutup rapat, belum dipublikasikan. Namun diungkap, bakal bergaya minimalis a la mobil balap. Tampak wajar bila melihat eksterior ekstremnya. Yang pasti, pengemudi dan penumpang bakal melewati akses pintu model gullwing, khas mobil supercar.

Baca juga: Microlino 2.0, Mobil Listrik Mungil Seharga Rp 194 Juta

Fitur

Fitur pendukung berkendara juga mumpuni. Wajah depannya disematkan sensor Lidar. Ini biasanya dipakai tak hanya untuk mencegah terjadinya insiden tak diinginkan, tapi juga sebagai pendukung navigasi otonom. Ya, Apex mengaku AP-0 turut dibenamkan sistem otonom level 3.

Bagaimana dengan harganya? Diperkirakan mencapai US$ 195 ribu atau Rp 2,920 miliar. Nantinya, mobil ini dibangun di pabrik Apex di Inggris. Setidaknya menargetkan 500 unit bakal diproduksi dalam setahun.

Sumber: Caranddriver

Baca juga: Apex AP-0, Sportscar Listrik dari Hong Kong

MUHAMMAD HAFID | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Pulih Cedera, Sean Gelael akan Kembali Balap F2 di Bahrain

RUAUDIN, Carvaganza.com – Kabar baik untuk para penggemar dan pendukung Sean Gelael. Setelah menjalani masa rehabilitasi akibat cederanya, Sean diumumkan akan siap untuk kembali...

Mercedes-Benz World Premiere E-Class LWB Khusus Pasar Cina

BEIJING, carvaganza.com – Pasar mobil di Cina adalah salah satu yang unik dalam dunia otomotif. Konsumen di sana senang dengan mobil besar dan lebar....

Lima Crossover Yang Bisa Dijadikan Alternatif Selain Honda HR-V

JAKARTA, carvaganza.com – Pasar SUV/crossover kompak memang sedang digandrungi. Tingginya permintaan membuat pabrikan membanjiri pasar. Pertarungan di segmen ini pun semakin memanas. Di pasar...

Pilih Renault Triber atau Suzuki Ignis? Ini Masing-Masing Kelebihannya

JAKARTA, carvaganza.com – Untuk punya mobil SUV bergaya tangguh memang cukup merogoh kocek. Tapi kami memilihkan, ada dua mobil kompak bergaya ala SUV. Memang...

Enggak Kapok-Kapok Pabrikan Cina Jiplak Chevrolet Corvette, Mesinnya PHEV

BEIJING, carvaganza.com – Chevrolet Corvette C1 tahun 1958 adalah salah satu mobil yang paling diburu kolektor. Mobil klasik favorit yang memiliki desain yang tak...