Beranda Updates Apa Hebatnya Turbo pada DFSK Glory 580?

Apa Hebatnya Turbo pada DFSK Glory 580?

TANGERANG, 7 Agustus 2018 – DFSK di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE, BSD, dengan mengandalkan Glory 580. City sport utility vehicle (SUV) ini salah satunya mengandalkan mesin 1.5 liter dengan turbocharged. DFSK mengklaim turbo yang terpasang di Glory 580 ini membuat kinerja mesin maksimal. Bagaimana penjelasannya?

Jika dilihat dari data spesifikasi, DFSK Glory 580 menggunakan mesin berkode SPG15T berkapasitas 1.498cc plus turbocharged. Mesin ini – baik dengan transmisi manual 6-kecepatan maupun CVT — menghasilkan tenaga 110 kW (150 hp) dan torsi 220 Nm pada 1800-4000 rpm.

Angka ini mirip dengan Glory 580 bermesin SGF18 1.798cc naturally aspirated dengan transmisi CVT. Namun lebih besar dibandingkan versi manual 5-kecepatan yang disetting memiliki tenaga 102 kW (139 hp) pada 6000 rpm dan torsi 187 Nm pada 3.600-4200 rpm.

Ricky Humisar, Head of Product Planning PT Sokonindo Automobile mengatakan perangkat turbocharger yang tertanam di sektor pacu diklaim memiliki keseimbangan sempurna antara tenaga dan optimalisasi bahan bakar yang maksimal.

Beberapa dekade silam, fitur turbocharger dimaksudkan untuk mendongkrak output mesin dan memberikan perfoma maksimal, layaknya pada mobil sport maupun mobil balap. Kini kini fungsi turbocharger mulai bergeser untuk penggunaan harian dan dapat mendukung kenyamanan berkendara.

“Khusus pada DFSK Glory 580 yang bermesin 1.5L, fitur turbocharger tak hanya berfungsi sebagai pendongkrak tenaga dan berguna untuk meningkatkan performa mesin saja, tapi juga dimaksudkan sebagai langkah untuk mengoptimalkan penggunaan bahan bakar,” kata Ricky Humisar.

Tenaga besar memang dibutuhkan untuk menggerakkan dimensi serta bobot untuk sebuah SUV. “Turbo jaman dahulu dikenal sebagi teknologi yang digunakan untuk meningkatkan tenaga mobil agar menjadi lebih kencang dan konsekuensinya bahan bakar lebih boros,” timpal Taqwa Suryo Swasono, pengamat otomotif yang juga pemilik workshop Garden Speed.

Menyesuaikan perkembangan zaman dan teknologi, turbo yang banyak digunakan di berbagai mobil baik di pabrikan Eropa, Jepang, Amerika dan Cina tidak lagi hanya untuk meningkatkan tenaga namun sudah dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Meski demikian, saat ini konsumen SUV tak hanya mempertimbangkan tenaga dalam memilih mobil. Mereka juga memperhatikan soal kenyamanan dan keamanan. “Pabrikan mobil saling berlomba untuk mengembangkan dan menerapkan teknologi terkini pada produknya. Bahkan aspek kenyamanan berkendara pun semakin disempurnakan agar pengemudi dan penumpang dapat menikmati perjalanan. Kini, tingkat kenyamanan berkendara juga menjadi salah satu faktor penting bagi konsumen dalam memilih kendaraan,” kata mantan pembalap ini.

DSFK sendiri menawarkan banyak hal. Dari segi kenyamanan, Glory 850 juta memiliki beragam fitur yang diaplikasikan mulai dari Push Start Button & Intelligent Key (L Type), 10” Smart Screen A/V System dan kabin berlapiskan kulit. Tambahan lain adalah hadirnya teknologi NVH (Noise, Vibration, Harshness) pada SVJ15T dan SVJ18T, yang mampu meredam noise secara optimal.

VADO PRAHARA | RAJU FEBRIAN

Subscribe to our newsletter

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.

Video Terbaru Youtube Carvaganza



Last Updates

video

VIDEO: Mengintip Kemewahan Rolls-Royce Cullinan di Indonesia

JAKARTA, 19 Maret 2019 – Rolls-Royce Motorcars Jakarta akhirnya resmi meluncurkan Rolls-Royce Cullinan di Indonesia, yang langsung menjadi SUV paling...

Suzuki Ertiga Sport Meluncur Hari Jumat, Ini Dia Perbedaannya

JAKARTA, 19 Maret 2019 – Suzuki telah memastikan akan meluncurkan mobil baru pada bulan ini, yaitu berupa Suzuki Ertiga Sport...

Xpander Prioritas Mitsubishi, Bagaimana Nasib Outlander Sport dan Mirage?

JAKARTA, 19 Maret 2019 – Tahun ini, Mitsubishi memastikan tidak akan membawa versi terbaru dari Mitsubishi Outlander Sport dan Mirage...

Ferrari Monza SP1 Raih Penghargaan Desain Paling Cantik di iF Design Award

MARANELLO, 19 Maret 2019 – Ferrari Monza SP1 dinobatkan sebagai mobil dengan desain paling cantik. Penghargaan Gold Award didapatkan di ajang...

Toyota Indonesia Hibahkan Mobil untuk Dukung Pendidikan Vokasi Industri

SUKABUMI, 18 Maret 2019 -- Pemerintah RI melalui Kementerian Perindusrtian telah melakukan serangkaian program pendidikan vokasi industri di wilayah Sulawesi...