5 Pilihan Low MPV 2020 dengan Diskon Terbesar

Akhir tahun adalah salah satu momen tepat beli mobil baru. Kenapa? Biasanya banyak bertebaran diskon dan promo. Penghabisan stok umum menjadi alasan agar unit cepat terjual. Sebelum berpindah tahun dan masuk lagi stok produksi terbaru. Plus lagi kondisi pandemi Covid-19, para pemegang merek belomba-lomba menjual sebanyak-banyaknya produk demi mencapai target. Low MPV 7-seater masih menjadi primadona pangsa pasar kendaraan penumpang di Indonesia. Pilihan untuk 2020 masih itu-itu saja. Peta persaingannya tetap sama, belum ada pemain baru atau fase regenerasi lagi. Tapi sajian promo berbeda-beda dalam menarik minat pembeli. Berikut kami berikan rekomendasi LMPV terbaik saat ini dengan diskon paling besar.

Mitsubishi Xpander

Diskon Mitsubishi Xpander paling kecil. Informasi didapat dari tenaga penjual di diler Mitsubishi bilangan Jakarta Utara. Untuk tipe tertinggi Ultimate dan Sport rakitan 2020 hanya kena korting Rp 10 juta. Tapi punya keuntungan lain berupa paket SMART Silver yang mendapat gratis jasa servis dan spare part selama 4 tahun atau 50 ribu kilometer. Ditambah lagi asuransi jiwa 1 tahun. Cukup menarik untuk mengurangi beban biaya perawatan. Hasil pemantauan, diskon Xpander memang tidak pernah terlampau besar. Toh animo pasar masih lumayan tinggi terhadap jagoan Mitsubishi ini. Klaim DNA SUV begitu kental dalam darah Xpander. Meski sudah Xpander Cross yang semakin gagah lagi, sifat macho Xpander tak pernah surut. Walau tabiat dasar Xpander adalah MPV, tapi punya ground clearance setinggi 205 mm. Paling jangkung di antara LMPV lain, bahkan melebihi beberapa LSUV sekalipun. Masih mampu diajak ke medan jalan kurang bersahabat. Bukan hanya tinggi. Racikan suspensinya terasa begitu enak. Harus diakui, bantingan Xpander paling nyaman di kelasnya. Shock absorber tipe dual-action mampu meredam lebih mantap. Berimplikasi juga menahan limbung saat kecepatan tinggi. Akomodasi kabin juga terbilang memuaskan. Ruang kaki dan kepala berlimpah, semua penumpang bisa duduk dengan tenang. Penempatan barang juga tak perlu rumit. Butuh ruang lebih lapang lagi, kursi baris kedua gampang terlipat rata lantai sehingga memperluas bagasi hingga 1.630 liter. Bisa juga dimanfaatkan menaruh kasur sebagai tempat beristirahat. Semua prosesi melipat tidak merepotkan sama sekali. Keunggulan lain yang tak ada di LMPV lain ialah cruise control. Terutama bila memilih tipe Ultimate, cukup aktifkan melalui tombol setir bagian kanan, kecepatan otomatis melaju konstan tanpa perlu menginjak pedal gas. Selain itu, turut menghemat pemakaian bahan bakar. Harga Mitsubishi Xpander (Desember 2020):
  • Xpander GLX MT Rp 217,8 juta
  • Xpander GLS MT Rp 234,3 juta
  • Xpander GLS AT Rp 245,3 juta
  • Xpander Exceed MT Rp 242,8 juta
  • Xpander Exceed AT Rp 253,2 juta
  • Xpander Sport MT Rp 261,2 juta
  • Xpander Sport AT Rp 271,2 juta
  • Xpander Ultimate AT Rp 275,1 juta
Baca juga: Tebar Teaser, SUV Mungil Bermesin Turbo Nissan Magnite Segera Masuk Indonesia?

Toyota Avanza

Dominasi Toyota Avanza memang mulai goyah dihantam lawan-lawannya. Namun tetap saja penjualannya tak pernah keluar dari 5 besar teratas. Walau belum ada rombakan besar sejak pertama kali meluncur sejak 2004, Avanza masih dicintai masyarakat Indonesia. Tentu berkat bukti nyata akan daya tahan, kemudahan perawatan dan resale value tinggi. Potongan harga berkisar Rp 15 juta. Informasi didapat dari tenaga penjual Plaza Toyota Gading Serpong, diskon segitu juga berlaku untuk trim Veloz 1.5. Seperti kebiasaan Toyota, banyak program menarik ditawarkan. Ada beberapa cara pemilikan seperti Deal Cermat yang cicilannya lebih hemat 30 persen dari paket reguler. Atau bisa juga langganan pemakaian via Kinto. Dan yang pasti, pelayanan setelah membeli pun pastinya memuaskan. Avanza tipe apa yang pantas dijatuhi pilihan? Kami rekomendasikan varian teratas Veloz 1.5 AT. Karena fiturnya sudah tidak malu-maluin lagi. Minus fitur safety aktif saja seperti kontrol stabilitas dan hill-start assist. Namun jangan kira Avanza terbaru hanya berubah wajah dan ditambahkan fitur. Harus dirasakan dulu untuk mengetahui pembenahan yang lain. Karena ada tiga bagian mengalami perubahan yang harus dirasakan. Pertama bagian EPS (Electronic Power Steering), suspensi dan peredaman. Pembenahannya memang tak kasat mata dan baru bisa dirasakan saat mencobanya dalam jarak panjang. Misalnya, saat berada di tol setir lebih berat ketika kecepatan beranjak tinggi. Berefek positif ke kestabilan. Ini menjawab keluhan konsumen yang merasa setir Avanza terlalu ringan sehingga kurang mantap. Sektor suspensi turut mendapat peningkatan dan efeknya cukup terasa. Peredaman semakin baik dengan gejala memantul berkurang, begitu pula ayunan pada bodi. Per berubah, spring rate dan pitch-nya disetel ulang dan diameternya lebih kecil sedikit. Shock absorber baru dan bushing-bushing diganti yang keras. Hasilnya justru lebih empuk dan mantap. Faktor tak kalah penting, adalah peredaman kabin. Insulasi berbahan aspal ditambahkan di area panel dasbor atau firewall, lorong transmisi dan di bawah dek belakang. Kebisingan kabin dikatakan berkurang 1 sampai 2 db. Tadinya di model lama sebesar 49 db, sekarang menjadi 47 db. Lebih kedap terutama menghalau suara dari kolong dan dengung gardan belakang. Harga Toyota Avanza dan Veloz (Desember 2020):
  • New Avanza 1.3 E Std MT Rp 197,7 juta
  • New Avanza 1.3 E Std AT Rp 208,9 juta
  • New Avanza 1.3 E MT Rp 200,2 juta
  • New Avanza 1.3 E AT Rp 211,4 juta
  • New Avanza 1.3 G MT Rp 218,05 juta
  • New Avanza 1.3 G AT Rp 228,75 juta
  • New Avanza 1.5 G MT Rp 230,35 juta
  • New Avanza Veloz 1.3 MT Rp 224,75 juta
  • New Avanza Veloz 1.3 AT Rp 236,55 juta
  • New Avanza Veloz 1.5 MT Rp 236,75 juta
  • New Avanza Veloz 1.5 AT Rp 248,5 juta
Baca juga: Pasar Bali Menjanjikan, HPM Resmikan Dealer Honda Cokroaminoto Denpasar

Suzuki Ertiga

Tawaran diskon Suzuki Ertiga lebih besar dua kali lipat dibanding Avanza. Kata tenaga penjual di Suzuki Indomobil Bintaro, potongan harga mencapai Rp 32 juta untuk semua tipe. Besarannya mungkin saja berbeda di diler lain. Ada cara mudah bila ingin tukar tambah mobil lama Anda. Bisa melalui divisi mobil bekas Suzuki Auto Value. Pertimbangan memilih Ertiga sepatutnya bukan berdasar pada penampilan belaka. Bila berdasar faktor kebutuhan, sudah sangat terpenuhi dari sebuah LMPV. Penggunaan platform HEARTECT yang membuat dimensi bodi bertambah panjang dan lebar, mengobati kabin sempit di Ertiga model lama. Mesin K15B dengan kapasitas 100 cc lebih besar dari K14B, membawa perubahan signifikan. Semakin powerful mulai dari putaran rendah sampai tinggi. Torsi mesin yang sudah deras sejak putaran bawah. Baru 1.500 rpm, torsi mulai terasa besar. Tidak ada gejala kekosongan daya tipikal mesin ber-cc kecil. Sehingga tidak perlu sering menurunkan gigi bagi tipe transmisi manual. Efeknya positif untuk konsumsi bahan bakar. Di dalam kota dengan rute kombinasi, mudah didapat angka 11,6 km/liter. Sedangkan saat melaju stabil di tol, tertera 19,8 km/liter di Multi Information Display (MID). Kami rekomendasi tipe tertinggi Ertiga Suzuki Sport AT. Selain body kit dan kabin bernuansa hitam yang sporty (sama seperti GX), fitur keselamatannya paling lengkap. Suzuki melengkapi dengan dua fitur penting, Electronic Stability Program (ESP) dan Hill Hold Control (HHC). Harga Suzuki Ertiga (Desember 2020):
  • Ertiga GA MT Rp 207 juta
  • Ertiga GL MT Rp 226,5 juta
  • Ertiga GL AT Rp 237 juta
  • Ertiga GX MT Rp 240,5 juta
  • Ertiga GX AT Rp 251 juta
  • Ertiga Suzuki Sport MT Rp 252 juta
  • Ertiga Suzuki Sport AT Rp 262,5 juta
Baca juga: Wuling Motors Serahkan 5 Unit Mobil Dukung Klub Sepakbola Bali United

Honda Mobilio

Sudah terhitung beberapa kali Mobilio mendapat penyegaran. Sekarang makin tua dan perlu rombakan total. Mungkin itulah yang membuatnya tidak lagi jadi penyokong penjualan Honda. Pada November 2020 saja, Mobilio terjual 562 unit. Itu di bawah torehan Honda Jazz, HR-V, Brio RS dan Brio Satya. Wajar diskon dari diler tergolong besar. Info dari sales diler Honda di BSD, LMPV berbasis Brio dikorting Rp 37 juta. Mesin L15A 4-silinder 1,5-liter salah satu keunggulan MPV 7-seater ini sejak awal meluncur. Teknologi i-VTEC pintar mengolah bahan bakar secara efisien. Sekaligus juga menopang performa terbaik diantara lawannya, dengan tenaga sebesar 120 PS. Jantung mekanis itu terhubung ke roda depan melalui transmisi manual 5-speed dan CVT. Ya, jika Anda penyuka transmisi halus seolah tanpa jeda, Mobilio satu-satunya di segmen LMPV. Impresi berkendaranya mengasyikkan khas Honda. Jelas LMPV yang paling sporty untuk dikendarai. Hanya saja jangan berharap kenyamanan suspensi maupun kabin yang kedap. Desainnya masih terlihat keren meski sudah mulai uzur. Siklus hidup yang memasuki 5 tahun, semestinya sudah menuju arah regenerasi. Kalau tertarik, varian Mobilio RS dirasa paling pas. Bergaya sporty berkat body kit. Terpenting, Vehicle Stability Assist (VSA) tersedia di tipe transmisi CVT, begitu pula Hill Start Assist (HSA). Harga Honda Mobilio (Desember 2020):
  • Mobilio S MT Rp 203,4 juta
  • Mobilio E MT Rp 224,4 juta
  • Mobilio E CVT Rp 235,8 juta
  • Mobilio RS MT Rp 248,2 juta
  • Mobilio RS CVT Rp 259 juta
Baca juga: Penjualan Daihatsu Kembali Naik di November 2020, Sigra Paling Dominan

Nissan Livina

Sampailah pada rekomendasi LMPV dengan diskon terbesar. Belakangan sering terlihat promo Sumo Sale dari Nissan. Benar adanya, diskon ditawarkan untuk Livina sebesar badan pesumo. Tak tanggung-tanggung, Rp 50 juta dipotong dari harga jual. Kalau Anda sudah berniat beli, sepertinya harus bergegas selagi masih ada stok. Nissan Livina ini menarik. Karena saling berbagi platform dengan Mitsubishi Xpander, berikut pemakaian mesin dan transmisi sama. Namun desain dibedakan, mayoritas pada bagian wajah. Banyak yang menilai, justru lebih menarik dari Xpander berkat bahasa V-Motion khas Nissan terbaru. Untuk akomodasi kabin, performa serta kenyamanan berkendara, sama seperti Xpander. Salah satu LMPV terbaik yang pantas dipilih jika mencari kualitas berkendara. Tipe VE dan VL paling direkomendasikan. Sebab sudah Hill Start Assist (HSA) yang mencegah kendaraan menggelinding saat di tanjakan. Lalu tersisip Vehicle Dynamic Control (VDC) dan Traction Control System (TCS) untuk keamanan berkendara. Pada sisi pengereman, disenjatai teknologi Antilock Brake System (ABS), Electric Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). Minus cruise control di VL, tapi jok sudah terselimuti kulit. Rasa nyaman memiliki ditunjang Nissan Care Package. Selain garansi kendaraan 100.000 km/3 tahun dan garansi suku cadang 20.000 km/12 bulan, pembeli juga mendapat gratis jasa dan suku cadang selama 50.000 km/4 tahun. Termasuk juga layanan ERA 24 jam, mobile service, jaminan ketersediaan suku cadang 1x24 jam serta mobil pengganti bila servis tidak selesai dalam satu hari. (Odi/Raju) Harga Nissan Livina (Desember 2020):
  • Livina E MT Rp 208,3 juta
  • Livina EL MT Rp 231,8 juta
  • Livina EL AT Rp 242,8 juta
  • Livina VE AT Rp 259,4 juta
  • Livina VL AT Rp 272,1 juta
Baca juga: Mekanik Isuzu Indonesia Kembali Masuk Jajaran Top Kompetisi Kelas Dunia  

Artikel yang direkomendasikan untuk anda