Beranda Features 5 Kunci Penting Pembaruan Pada Prototipe Honda Civic 2022

5 Kunci Penting Pembaruan Pada Prototipe Honda Civic 2022

JAKARTA, carvaganza –  Honda sudah merilis prototipe Honda Civic model tahun 2022. Model teranyar tersebut rencananya bakal mulai diproduksi tahun depan. Meski baru purwarupa, pabrikan sudah mendebutkannya ke publik untuk diketahui secara luas.

Dari unveiling yang dilakukan secara virtual melalui platform media social Twitch, terkuak ragam perubahan yang dilakukan. Dari mulai body style, penampilan luar, perubahan interior sampai fitur. Teknologi canggih terkini menjadi andalan untuk menjadikan mobil yang generasi pembuatannya sudah nyaris setengah abad tersebut agar selalu terdepan.

Tampak depan

Sebagai kendaraan yang modelnya sudah berumur hampir 50 tahun, kita perlu memberikan apresiasi pada pabrikan. Mampu mengikuti kebutuhan konsumen dari generasi ke generasi sejak tahun 1972. Mulai dari generasi X, generasi milenial sampai generasi Z.

Bagian nose mobil dibuat lebih lembut, tidak lagi tajam seperti sebelumnya. Perubahan pada bagian depan prototipe 2022 merupakan hasil dari pendewasaan dari desain versi sekarang. Tampaknya terinspirasi dari Honda Accord.

Kalau dulu memakai model ventilasi udara model blocked-off (tertutup) dan terkesan fake, yang sekarang justru dibikin terbuka. Lubang anginnya justru memiliki fungsi dan dibikin lebih besar,  dengan lower intake hitam glossy. Cladding plastik di bagian lubang udara bagian atas dihilangkan. Lampu depan dibuat sedikit lebih lebar dengan daytime running light LED dibalik, di bagian atas lampu utama.

Tampak belakang

Spoiler kecil yang bertengger di atas bagasi dihilangkan, diganti dengan model lidah kecil yang memanjang. Lampu belakang dibikin dengan aksen lebih gelap dan bentuknya lebih mengotak, tak seperti huruf C lagi. Desain lampu DRLnya pun berbentuk huruf L.

Profil Bodi Samping

Tampilan profil samping Honda Civic purwarupa ini sangat menonjol berkat velg baru yang dibungkus ban Michelin. Tampangnya menjadi lebih dinamis seperti habis keluar dari Honda Performance Development. Semoga sih versi produksinya juga seperti itu.

Garis potong kap mesin dibuat lebih datar. Tonjolan rumah velg (wheel arch) yang tadinya tinggi hampir menyentuh kap mesin, dibuat lebih lembut sehingga profil mobil terlihat lebih rendah dan elegan.

Pada profil panel bodi samping belakang, juga dibuat lebih tegas dan menonjol. Garis bahunya dibuat apik bertemu sampai ke lampu belakang. Mobil jadi terlihat lebih Panjang dibandingkan yang sebelumnya. Profil belakangnya jadi tidak mendongak, lebih membungkuk berkat eleman spatbor belakang dibikin tak terlalu menonjol.

Interior

Secara resmi, Honda belum merilis foto interior model purwarupa. Yang ada baru berupa render. Kemungkinan sih versi ini lebih mendekati. Kabin memang dibuat lebih minimalis dan bersih. Tapi tetap mewah dan elegan. Sedikit tombol dan pengaturan. Kalau dilihat sih Civic masih mempertahankan filosofi sebagai driver-car.

Teknologi dan keselamatan

Perubahan yang paling menonjol dari sisi teknologi adalah penyematan layar sentuh. Dibuat tegak berdiri di dashboard tengah dengan desain seperti mengambang. Ukurannya bertambah besar menjadi 9,0 inci dari versi terdahulu 7,0 inci. Modelnya jadi terlihat seperti iPad yang ditancapkan di dashboard. Civic adalah produk Honda pertama yang memberikan cluster instrument digital yang lengkap.

Dalam hal sektor keselamatan, model ahun 2020 sudah memiliki fitur lengkap yang terangkum dalam Honda Sensing. Baik fitur keselamatan aktif maupun pasif. Dan diperkiakan Civic 2022 ini bakal lebih aman. Pabrikan tidak menyebutkan fitur apa saja yang bakal ditanam, hanya bilang “ragam system keselamatan aktif dan pasif yang baru’, termasuk meng-upgrade Honda Sensing.

Agar lebih gampang membandingkan antara versi purwarupa 2022 dengan yang sekarang (model 2020), kami sajikan juga foto model tahun 2020 sesuai dengan urutan di atas.

Sumber: ragam sumber.

EKA ZULKARNAIN

 

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Versi Siap Produksi Porsche 911 GT3 2021 Terlihat Tanpa Kamuflase

STUTTGART, Carvaganza.com – Generasi terbaru 911 GT3 sepertinya sudah mendekati waktu peluncuran, dan Porsche pun sudah tidak malu-malu menunjukkan wujudnya. Dalam rangkaian spyshot terbaru,...

Belum Paham Soal Transmisi Otomatis? Ini Tips Mudahnya

Mobil dengan transmisi jenis otomatis sudah bukan hal yang aneh lagi. Meski demikian, masih banyak yang belum memahaminya. Mungkin karena memang selama ini menggunakan...

Jeep Compass Mendapat Penyegaran, Tampil Perdana Di Guangzhou Auto Show 2020

JAKARTA, Carvaganza.com – Jeep memperkenalkan versi penyegaran dari crossover compact miliknya, Compass. Mendapat sejumlah penyegaran, Jeep Compass pertama kali ditampilkan ke publik pada Guangzhou...

TEST DRIVE: Ferrari F8 Spider, Sama Kencang dan Seasik Coupe

SINGAPURA, Carvaganza.com - Sebagian besar orang mungkin akan menganggap sports car versi atap terbuka tidak se-hardcore versi coupe. Rasanya anggapan itu banyak beredar. Ferrari...

Begini Ragam Kelebihan Jika Memiliki Hyundai Kona Electric

JAKARTA, carvaganza – Hyundai Kona Electric sudah diluncurkan oleh PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) awal November kemarin di Jakarta. Sebagai mobil listrik murni listrik...