11 Sepatu Khusus Nyetir, Dari Yang Modis Sampai Tahan Api.

JAKARTA, CARVAGANZA – Mengendarai sebuah mobil bukan hanya berbicara teknis di balik mesin. Terkadang pengendara juga butuh aksesoris yang mendukung saat berada di balik kemudi agar terlihat lebih fashionable dan percaya diri. Bahkan beberapa model mobil merupakan sebuah perhiasaan untuk mempercantik saat menghadiri acara-acara formal maupun non-formal.

Hal yang dapat kita perhatikan salah satunya adalah sepatu, disamping dapat memberikan tampilan yang elegan sepatu tersebut juga harus terasa nyaman saat menginjak pedal-pedal di bawah dek mobil.

Beberapa brand merilis sepatu yang didesain khusus untuk mengendarai mobil di antarnya seperti Puma, Tom Ford dan Gucci. Kami merangkum beberapa pilihan driving shoes yang bisa anda miliki sesuai dengan gaya berpakaian saat mengemudi sportcar maupun sedan saloon Anda.

TOD’S Gommino

Tods Gommino

Gommino by Tod’s ini sudah dijual sejak 35 tahun yang lalu, dan didesain memang untuk kenyamanan berkendara. Jadi ketika Anda memilih sepatu ini, dipastikan termasuk orang-orang yang mengenal kualitasnya. Dibalut dengan bahan suede berkelir biru, Tod’s Gommino juga memiliki bahan sol tebal yang berkualitas. Sepatu ini didesain untuk di segala musim dan permukaan sehingga cocok untuk pemakaian sehari-hari. Tapi lebih keren kalau digunakan saat melakukan morning run dengan sportscar di akhir pekan.

Dune Barnacle Leather Driving Shoes Leather

Dune Barnacle Leather

Sepatu driving ini terlihat berkelas dengan material kulit dan jahitan berwarna kontras. Dune Barnacle membuat sepatu khusus untuk mengendarai mobil namun cocok pula dipadukan dengan dandanan yang elegan. Didesain di London, Dune Barnacle ini tidak seperti seperti sepatu driving kebanyakan karena terdapat tali pada permukaan sepatunya. Pada alasnya dilapisi dengan 12 buah karet yang terpisah agar lebih rigid saat menapak.

UGG Henrick Stripe

UGG Henrick

Meski brand UGG dikenal dengan sepatu boots musim dingin berdesain gemas,namun kali ini terdapat model driving shoes. UGG Henrick Stripe didesain menyesuaikan kebutuhan driving dan tidak menggunakan bahan bulu domba. Sebaliknya, UGG Hencrick Stripe menampilkan desain yang lebih casual. Kulit yang melapisi permukaan sepatu hingga ke sekitar alasnya yang dipadukan dengan sol berkelir kontras. Bisa digunakan saat acara-acara santai sambil mengendarai sebuah sedan sport.

Tom Ford York

Tom Ford York

Kalau mau memilih sepatu driving yang modis, baiknya pilih model Tom Ford. Pasalnya model York ini cukup populer di kalangan pecinta fashion. Bahkan Drake beberapa kali menggunakan sepatu model ini. Namun demi mendukung agar nyaman saat menginjak pedal gas, Tom Ford melibatkan para desainer khusus agar sepatu ini nyaman saat mengendarai mobil. Menggunakan material navy suede dan dipadukan dengan rantai emas dan didalamnya dilapisi kulit agar nyaman saat digunakan.

Herring Maranello

Herring Maranello

Herring dikenal memproduksi cukup banyak model-model sepatu driving, tapi kalau anda seorang petrolhead nama Maranello pasti akan terdengar lebih menarik. Gaya sepatu slip-on ini dipadukan dengan metarial suede berkelir kontras. Malah pada versi yang berwarna sensible blue, akan terlihat lebih cocok dengan mobil versi Gulf Racing Aqua. Kalau mau dipakai sehari-hari rasanya lebih cocok untuk Anda dengan rasa percaya diri yang tinggi, karena warnanya yang sangat mencolok.

Puma Drift Cat7

Puma Drif Cat7

Mengingat sepatu balap keluaran Puma, tentu saja kita masih ingat versi Puma Speed Cat yang eksis di era 1990-an. Sepatu tersebut mirip dengan sepatu yang digunakan oleh para pembalap Formula 1. Setelah dinyatakan tidak diproduksi lagi, Puma mengeluarkan versi Drift Cat7 yang serupa dengan Speed Cat namun lebih rendah. Solnya dibuat datar dan desain pada tumitnya dibuat bundar agar menjaga pergelangan kaki tetap tertopang dengan baik. Sepatu ini memang didesain agar terasa nyaman saat menginjak pedal gas dan rem. Terdapat beberapa pilihan warna, namun kalau versi Ferrari berkelir merah agak mencolok.

The Original Car Shoe

The Original Car Shoe

Car Shoe adalah sepatu yang paling populer di antara model-model lainnya. Pasalnya sepatu ini memang sudah eksis sejak 1963 dan sering terlihat pada gelaran otomotif Goodwood Revival, di Inggris. Pada 2001 Car Shoe menjadi bagian dari brand fashion mewah asal Italia, Prada.

Kali ini, The Original Car Shoe tampil dengan desain yang sangat elegan terdapat material suede dengan jahitan berkelir merah. Serta terdapat hiasan tali biru di sekitar lubang sepatunya. Bagian dalamnya dibalut dengan material kulit agar terasa nyaman saat digunakan. Sedangkan pada alasnya, Car Shoe melapisinya dengan sol bergaya kerikil agar tetap fleksible dan tidak licin.

Loake Herbert

Loake Herbert

Kalau sepatu ini populer karena pernah dipakai oleh legenda balap, Aryton Senna. Model Loake Herbert ini tampil pada saat Aryton Senna mengendarai Honda NSX di sirkuit Suzuka 30 tahun silam. Pada video tersebut terlihat jelas sepatu tersebut saat menginjak pedal gas dan rem Honda NSX yang diuji Senna. Namun demikian, materialnya agak berbeda dengan yang digunakan oleh Aryton Senna, kulitnya tidak mengilat. Namun tetap terlihat keren dengan material suede dan jahitan kontras berkelir putih. Pada bagian alasnya, solnya didesain bergerigi terpisah antara bagian depan dan belakang.

Gucci Webbing-Trimmed Suede Loafers

Gucci Webbing Trimmed

Sepatu balap ini dibuat oleh desainer kenamaan Italia dan menampilkan gaya Riviera di era 1950. Tampilan klasik ini juga dipadukan dengan garis khas Gucci berkelir hijau merah. Pada alasnya menggunakan sol dengan motif kerikil agar aman dan fleksible. Sepatu ini juga cocok digunakan dengan menggunakan kaos kaki atau dengan celana agak digulung.

Reiss Benton

Reiss Benton

Sepatu driving ini memiliki desain yang klasik ditambah dengan material suede kualitas premium. Selain itu, Reiss Benton juga memiliki sol yang lebih kuat dan jejak saat menapak. Reiss menggunakan tali dengan lubang berkelir metallic sehingga tidak seperti driving shoes lainnya.

Alpinestar Tech 1-Z Race Boots

Alpinestar

Mungkin Alpinestar adalah satu-satunya sepatu yang memiliki desain paling berbeda. Pasalnya model Alpinestar Tech 1-Z Race Boots ini benar-benar terlihat seperti sebuah boot untuk balap professional. Bahkan sepatu ini sudah dibekali dengan sertifikat resmi Federasi Balap Internasional (FIA). Oleh karena itu, sepatu ini diklaim juga tahan api seperti pakaian yang digunakan oleh pebalap internasional. Alpinestar Tech1-z Race Boots menggunakan material kulit kanggoro agar terasa ringan saat digunakan. ALVANDO NOYA / RS

Artikel yang direkomendasikan untuk anda