VIDEO: Ternyata Begini Suara Mesin W16 8.000 cc Bugatti Bolide, Ngeri!

MILAN, Carvaganza – Banyak dari pecinta hypercar Bugatti pasti masih ingat dengan Bolide, yang digadang-gadang sebagai mobil paling ekstrem yang pernah diproduksi oleh Bugatti. Pasalnya hypercar ini memiliki mesin dengan konfigurasi W16 berkapasitas 8.0 liter dengan suntikan quad-turbo, yang menghasilkan tenaga hingga 1.850 hp. Lalu bagaimana dengan suara yang dihasilkan oleh monster besar buatan Bugatti ini?

Kebetulan salah satu netizen, berhasil mengabadikan suara yang dihasilkan Bugatti Bolide langsung dari knalpotnya. Video tersebut diupload ke Youtube melalui aku NM2255 dan menampilkan sosok Bugatti Bolide yang tengah melakukan eksebisi di Milano Monza Motor Show. Di awal video tersebut terlihat sosok Bolide yang sangat intimidatif dengan postur dimensi yang bongsor dengan lekukan garis aerodinamis di sekujur bodinya. Apalagi salah satu yang paling menarik adalah desain lampu belakang yang membentuk huruf X dan mengapit empat lubang knalpot di tengah. 

Seketika seseorang memasuki kabin dan menyalakan mesin, sontak satu ruangan terkejut mendengar suara yang dihasilkan. Bahkan mesin Bugatti Bolide tersebut dalam kondisi idle tanpa tekanan dari pedal akselerator. Video berdurasi 5 menit 35 detik tersebut merupakan penampilan pertama dari Bugatti Bolide di hadapan publik sekaligus dengan suara knalpotnya. Bisa dibayangkan jika hypercar dengan mesin sebesar itu dipacu di sirkuit, seperti apa suara yang akan dihasilkan dari knalpotnya.

Bugatti Bolide sendiri merupakan sebuah one-off project dan mulai dikenalkan sejak Oktober 2020 lalu. Pabrikan ingin membuat sebuah mobil yang sangat berorientasi pada performa dan lintasan balap serta dibatasi oleh apapun. Dengan spesifikasi dan suara yang dihasilkan, maka Bugatti Bolide tidak akan lolos sebagai mobil jalan raya di beberapa negara, khususnya di Eropa. Maka dari itu ia tidak diciptakan untuk orang banyak dan tentu saja tanpa dibatasi oleh regulasi soal kendaraan saat ini.

Selain bodi dengan material titanium pada konstruksi dan carbon fiber yang menjadi pembungkus utama chassis, serta menghasilkan hypercar super ringan yang pernah diproduksi. Bugatti Bolide juga menyematkan panel interior yang didominasi oleh bahan carbon fiber dengan material Alcantara di beberapa sudutnya seperti door trim, dashboard dan lingkar kemudinya. 

Selain itu, pabrikan juga menyediakan layar LED persegi di balik setir yang menjadi pusat informasi pengemudi dan dapat diatur melalui lingkar kemudi dan dashboard. 

Secara teori, Bugatti mengklaim Bolide bisa menembus kecepatan 500 km/jam. Dengan output yang dihasilkan mesin, Bolide diklaim dapat berakselerasi 0-100 km/jam dalam 2,17 detik saja, lalu 0-200 km/jam dalam 4,36 detik, dan 0-300 km/jam dalam 7,37 detik. Sementara untuk 0-400 km/jam terhitung dalam 12,08 detik, dan bahkan 0-500 km/jam hanya dalam 20,16 detik.
ALVANDO NOYA / WH

Sumber: Car and Driver

Artikel yang direkomendasikan untuk anda