Honda Pakai Logo Baru Di F1 Grand Prix Perancis 2021

LE CASTELLET, Carvaganza – Sebagai salah satu pabrikan yang turut dalam gelaran balap Formula 1, Honda Racing F1 baru saja mengumumkan penyematan logo baru e:Technology pada Red Bull Racing dan Scuderia AlphaTauri. Keduanya diketahui merupakan tim balap yang mendapatkan support mesin dari Honda untuk ajang Formula 1 musim 2021. Logo baru Honda tersebut akan pertama kali digunakan pada seri F1 Grand Prix Perancis yang digelar mulai hari Jumat, 18 Juni 2021. 

Perubahan logo menjadi Honda e:Technology ini merupakan langkah Honda yang kini sudah mengacu pada teknologi elektrifikasi efisiensi. Honda juga berharap dengan langkah ini dapat mewujudkan terciptanya kehidupan masyarakat bebas karbon. Honda e:Technology sudah diaplikasikan terhadap berbagai produk Honda, mulai dari mobil, sepeda motor, hingga power products. 

Saat ini teknologi tersebut juga telah diterapkan pada komponen di power unit Honda Racing F1, seperti komponen MGU-K dan MGU-H. Sejak tahun 2015, Honda menggunakan mesin berkapasitas 1.6 liter V6 Turbo Hybrid di ajang balap Formula 1 dan terus melakukan pengembangan dan penyesuaian agar lebih maksimal. Selain itu, Honda diketahui pernah memasok mesin balapnya untuk empat tim balap di era Turbo Hybrid di Formula 1 yang dimulai dengan tim McLaren pada 2015 hingga 2017 kemudian tim Scuderia Toro Rosso di tahun 2018 hingga 2019.

Honda Red Bull

Sementara itu, Tim Red Bull Racing menjadi tim ketiga yang menggunakan mesin Honda sejak 2019 hingga sekarang dan diikuti oleh Scuderia AlphaTauri pada tahun 2020 hingga sekarang. Pada tahun 2021, Honda kembali memasok power unit ke tim Red Bull Racing dan Scuderia AlphaTauri dengan kode mesin Honda RA621H 1.6 liter V6 Turbo Hybrid. Hingga seri keenam, Honda sudah berhasil meraih tiga kemenangan di Grand Prix Emilia Romagna, Grand Prix Monaco dan Grand Prix Azerbaijan.

Tim Red Bull Racing F1 sendiri pada musim ini diperkuat oleh Max Verstappen dan Sergio Perez dan berhasil menduduki puncak klasemen sementara. Sedangkan tim Scuderia AlpaTauri diisi oleh Pierre Gasly dan pebalap muda Yuki Tsunoda yang tampil maksimal sejak pertama kali berlaga di musim 2021 ini. Selama keikutsertaannya di Formula 1, Honda telah mengikuti 461 kali balapan dengan raihan total 78 kemenangan, 200 podium, 2.711,5 point, 81 kali pole position serta 67 kali mencetak fastest lap.

Honda mengikuti ajang balap Formula 1 untuk pertama kalinya pada Grand Prix Jerman 1964. Poin pertama Honda berhasil didapat pada Grand Prix Belgia 1965 sebelum akhirnya berhasil meraih podium serta kemenangan pertamanya pada Grand Prix Meksiko 1965 yang dipersembahkan oleh pembalap asal Amerika Serikat, Richie Ginther.
ALVANDO NOYA / WH

Artikel yang direkomendasikan untuk anda