Nissan Skyline GT-R R34 Warna Langka Ini Dilelang, Tertarik?

  • Nissan Skyline GT-R V-Spec Midnight Purple II
  • Nissan Skyline GT-R V-Spec Midnight Purple II
  • Nissan Skyline GT-R V-Spec Midnight Purple II

DENVER, Carvaganza – Dari seluruh generasi model Nissan GT-R yang pernah diproduksi, generasi GT-R R34 menjadi salah satu yang paling banyak diincar oleh penggemar. Selain popularitasnya lewat franchise film Fast & Furious dan video game Gran Turismo, R34 juga punya beberapa edisi eksklusif. Salah satunya adalah versi warna Midnight Purple II yang bisa dibilang sangat langka.

Warna spesial ini pernah dibuat oleh Nissan pada Skyline GT-R R34 varian V-Spec, yang punya spesifikasi dan performa berbeda daripada GT-R standar. Nah, bagi Anda penggemar yang ingi bisa memiliki Skyline GT-R V-Spec berwarna Midnight Purple II ini, telah datang kesempatan bagus. Tapi, Anda harus berusaha lebih keras dengan datang ke Amerika Serikat terlebih dulu.

Karena unit mobil ini berada di kota Denver, Colorado, Amerika Serikat, yang terdaftar dijual pada laman Bring-a-Trailer. Masih dalam kondisi standar dan terawat GT-R V-Spec ini ditawarkan, apalagi mobil sport asal Jepang yang kerap dijuluki JDM ini terbilang langka di Amerika. Lalu apa lagi keistimewaannya selain varian dan warna?

Nissan Skyline GT-R V-Spec Midnight Purple II

Khusus untuk GT-R V-Spec berwarna Midnight Purple II ini, Nissan hanya memproduksi sebanyak 282 unit pada tahun 1999. Dan unit ini merupakan versi setir kanan, yang bukan untuk spesifikasi pasar Amerika Serikat. bicara soal mileage atau jarak yang sudah ditempuh, tercatat mobil berusia 22 tahun ini baru menyentuh 64 ribu kilometer di odometer.

Baca Juga: JDM Mania Wajib Tahu! Fakta Seputar Nissan GT-R Nismo dari Masa ke Masa

Namun untuk memilikinya, ada beberapa hal yang perlu ditangani dalam hal urusan legal. Untuk mobil yang tidak secara resmi didatangkan pabrikan ke negara tersebut, GT-R V-Spec ini belum ‘cukup umur’ untuk dianggap legal di jalanan Amerika Serikat. Karena minimal usia mobil impor yang legal untuk diperbolehkan di jalan raya adalah 25 tahun. Maka dari itu, GT-R R34 keluaran 1999 sampai 2002 belum bisa dilegalkan.

Tapi ada pengecualian, karena regulasi yang disahkan oleh NTHSA (National Traffic Highway Safety Association) memperbolehkan mobil langka yang masuk dalam kategori “Show and Display” untuk dijalankan di jalan raya. Tetapi sifatnya terbatas dengan diperbolehkan menempuh hanya 2.500 mil atau sekitar 4.000 kilometer setiap tahun, sampai usianya menyentuh 25 tahun.

Diimpor ke Colorado pada tahun 2020 lalu, GT-R V-Spec Midnight Purple II ini tetap menggendong mesin enam silinder segaris RB26DETT, 2.6 liter twin-turbo, dengan klaim pabrikan menghasilkan tenaga 276 hp. Namun tentu saja fakta di lapangan menunjukkan mesin legendaris ini bisa dimodifikasi sampai menghasilkan tenaga 1.000 hp lebih seperti 2JZ milik Toyota.

Nissan Skyline GT-R V-Spec Midnight Purple II

Beberapa informasi spesifikasi lainnya yang dicantumkan oleh Bring-a-Trailer yaitu transmisi manual 6-percepatan, ATTESA all-wheel drive, HICAS all-wheel steering, coilover suspensi dari Ohlins, dan layar LCD multifungsi 5 inci. Sistem pengeremannya dari Brembo dengan Slotted Rotors, sementara timing belt terakhir diservis pada bulan Desember 2020.

Nissan Skyline GT-R V-Spec Midnight Purple II ini dijual dengan sistem lelang online, yang saat berita ini dibuat telah mencapai harga penawaran $ 235.000 (Rp 3,384 miliar). Selain unit ini, Bring-a-Trailer juga masih menyimpan R34 GT-R V-Spec Nur, R33 Nismo R400 di antra koleksinya.
WAHYU HARIANTONO

Baca Juga: Toyota Raize 1.2L Resmi Dijual, Meluncur Lebih Cepat Dari Jadwal

Sumber: Carscoops

 

Mobil Nissan Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya