VIDEO: Podcast Carvaganza Eps. 3, Serba-Serbi Serunya Hobi Diecast

JAKARTA, Carvaganza – Untuk para penggila atau mereka yang punya hobi otomotif, rasanya hampir tidak bisa dipisahkan dengan dunia diecast. Apapun jenisnya, umumnya para pemilik hobi diecast adalah mereka yang punya kegemaran yang datang dari dunia otomotif. Seiring waktu berjalan, dunia diecast sudah berkembang luas, baik dari sisi koleksi bahkan sampai ke sisi bisnis.

Indonesia juga termasuk negara yang punya komunitas kolektor diecast yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Bahkan beberapa tahun belakangan, Indonesia menjadi tuan rumah salah satu ajang khusus diecast terakbar di dunia, Indonesi Diecast Expo (IDE). Dari event tersebut, banyak kalangan diecaster menjulukinya sebagai ajang ‘lebaran’ bagi para penggemar diecast.

Di Indonesia, salah satu diecaster alias kolektor diecast yang sangat dikenal adalah Feldani Efendy, dengan salah satu tema koleksinya yaitu “Ferrari Tumpeng”. Selain dikenal lewat koleksi diecast Ferrarinya yang serba kuning, Feldani juga menjadi salah satu sosok yang ada di belakang terselenggaranya Indonesia Diecast Expo, yang digelar sejak tahun 2014.

Terjun ke dunia koleksi diecast diawali dengan membantu seorang teman mencari item koleksi, sampai sekarang serius menjadi kolektor sendiri dan punya diecast langka sudah dirasakan olehnya. Tertarik dengan seluk-beluk dunia diecast, Carvaganza mengundang Feldani menjadi bintang tamu di edisi terbaru Podcast Carvaganza.

Mulai dari sejarah berkembangnya industri diecast, tren di kalangan kolektor, bocoran event IDE terbaru, sampai berinvestasi atau menekuni bisnis di dunia diecast diceritakan oleh Feldani. Bahkan di sela-sela perbincangan, baik host maupun bintang tamu Podcast kali ini sempai memamerkan item koleksi andalannya masing-masing.

Yang menarik, seperti di industri otomotif juga, di dunia diecast juga terjadi fenomena yang disebut mafia diecast. Potensi lahan bisnis yang tidak kalah menggiurkan turut menciptakan para mafia diecast yang punya pengaruh untuk mengendalikan harga, persediaan diecast tertentu yang tengah diburu, bahkan tren. Fenomena ini salah satunya yang ikut menciptakan dinamika tersendiri di dunia diecast, bahkan tidak hanya di Indonesia.

Tidak ketinggalan, untuk yang baru ingin ikut terjun ke dunia diecast menadi kolektor, Feldani berbagi tips juga apa saja yang perlu diperhatikan. Dengan banyaknya komunitas tersebar di seantero Indonesia, dunia diecast bisa dimanfaatkan untuk menjadi sarana penyaluran hobi dan passion, bahkan untuk mengambangkan bisnis.

Penasaran seperti apa menariknya dunia hobi diecast, langsung saja saksikan Podcast Carvaganza Episode 3 bersama Feldani Efendy. Jangan lupa juga untuk subscribe ke channel Carvaganza di YouTube.
WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda