Porsche dan Shell Bangun Stasiun Pengisian Mobil Listrik Terpanjang di Asia Tenggara

SINGAPURA, Carvaganza – Porsche Asia Pasifik dan Shell mengumumkan Kerjasama untuk membangun jaringan pengisian daya tinggi lintas batas di Asia Tenggara. Rencananya stasiun pengisian untuk mobil listrik tersebut akan dibangun di 12 titik di sepanjang jalan yang menghubungkan Malaysia dan Singapura. Hal ini dilakukan demi mendorong mobilitas kendaraan listrik di area penyebrangan perbatasan darat internasional tersebut.

“Pasar ASEAN (Asia Tenggara) memiliki potensi kuat bagi Porsche dan kami melihat peluang untuk membentuk mobilitas listrik di kawasan ini. Jaringan pengisian daya berkinerja tinggi kami di Singapura dan Malaysia akan berfungsi sebagai proyek mercusuar untuk diikuti negara lain, ”kata Matthias Becker, Wakil Presiden Wilayah Luar Negeri dan Pasar Berkembang Porsche AG.

Porsche Shell

Senada dengan pihak Porsche AG perwakilan dari Shell juga menyambut baik tentang rencana pengembangan fasilitas pengisian mobil listrik ini. Kerja sama ini dinyatakan sebagai bukti bahwa pelaku industri otomatif harus memainkan peran dalam mobilitas baru di masa depan.

“Karena semakin banyak pelanggan yang mengadopsi EV dan pemerintah berupaya memenuhi tujuan iklim mereka, kemitraan antara Porsche dan Shell adalah salah satu dari banyak contoh bagaimana para pelaku industri harus bersatu untuk memainkan peran penting guna membantu pengurangan polusi udara dari sektor transportasi dan membuka jalan bagi solusi mobilitas yang lebih bersih bagi pelanggan,” kata Amr Adel, Wakil Presiden Senior, Mobility East, Shell.

Porsche Shell

Porsche dan Shell akan membangun stasiun pengisian daya baterai untuk mobil listrik yang dilengkapi dengan pengisi daya arus searah (DC) 180 kW di enam titik. Selain itu juga akan disediakan pengisi daya yang dilengkapi dengan dua konektor CCS Tipe 2 yang memungkinkan satu kendaraan diisi daya hingga 180 kW, atau dua kendaraan mengisi daya secara bersamaan hingga masing-masing 90 kW. Penawaran tersebut akan diluncurkan secara bertahap dengan empat stasiun yang akan siap pada paruh kedua tahun 2021 juga dua stasiun tambahan pada paruh pertama tahun 2022.

Pengisi daya baru berperforma tinggi 180kW dari Shell dapat mengisi energi baterai Porsche Taycan dari nol hingga 80% kapasitas baterai dalam waktu sekitar 30 menit. Dengan modal pengisian daya tersebut, Porsche Taycan dapan melanjutkan perjalanan hingga 390 km. Shell juga menawarkan keuntungan tambahan bagi pelanggan Porsche seperti memesan poin HPC di Malaysia terlebih dahulu menggunakan aplikasi seluler mereka, dan harga preferensial untuk makanan dan minuman di toko-toko Shell Select.

Shell juga berencana untuk memperluas tawaran pengisian daya kendaraan listriknya hingga 500.000 titik pada tahun 2025 secara global. Kemitraan dengan Porsche ini merupakan bagian dari strategi Shell untuk mempercepat pembangunan layanan energi tanpa emisi untuk konsumen.
ALVANDO NOYA / RS

Artikel yang direkomendasikan untuk anda