Konsep Mobil Listrik MG Tampil Kece bergaya Roadster Old-School

LONDON, Carvaganza – Brand mobil asal Inggris, MG, akhirnya merilis gambar mobil konsep terbarunya. Konsep elektrik beratap terbuka yang dinamakan Cyberster menandakan kembalinya MG ke segmen kendaraan sport dua penumpang yang merupakan identitas aslinya sebelum dikuasai konglomerat Cina, SAIC Motor.

MG Cyberster Concept rencananya akan melakukan penampilan perdananya kepada publik pada Shanghai Motor Show tahun ini. Tampilannya futuristis dengan bentuk menyerupai mobil balap masa depan yang sering kita lihat di video game. Meski begitu kita masih bisa melihat sedikit DNA peninggalan dari roadster MGA dan MGB klasik yang dibuat MG pada 1955 dan 1980. Termasuk bentuk kedua lampu utama membulat di depan yang dikenal sebagai ‘Magic Eye’.

MG Cyberster

Jelas tetapi versi tahun 2021 ini lebih canggih. Karena sepasang lampu utama mebilay di depan didesain layaknya mata digital. Konsep serupa juga diterapkan di bagian grille dan aksen di sisi bodi. Maksudnya, ada lampu LED Strip (laser belt) yang dipasang menyala menyerupai detail aksen chrome pada mobil umumnya.

Walau punya sedikit kesaamaan dengan leluhurnya, tapi sebagai kendaraan futuristis Cyberster juga dilahirkan dengan identitasnya tersendiri. Misalnya elemen desain di bagian belakang yang kaku. Lihat saja lampu kombinasi belakang LED terintegrasi yang mencolok. Apalagi bagian kabinnya. Mobil ini memakai panel meter digital dengan scanner ibu jari sebagai fitur keamanan. Kemudian setirnya dibuat menyerupai kemudi pesawar jet. Tak terbayang kalau desain kokpit seperti ini akhirnya diwujudkan ke dalam versi produksinya.

MG Cyberster

“Cyberster adalah pernyataan tegas masa depan MG yang tak melupakan garis sejarah di masa lalu namun tetap mampu melahirkan teknologi dan desain canggih,” ujar direktur SAIC Design Advanced London, Carl Gotham. Lebih lanjut ia mengatakan, “mobil sport mengalir dalam darah MG dan Cyberster jelas konsep yang sangat menyenangan untuk kami semua.”

MG Cyberster

Meski masih dalam wujud purwarupa dan gambar yang ditampilkan ini sekedar teaser saja namun, justru membuat kita semua penasaran seperti apa spesifikasi teknis yang diusung roadster unik ini. Cyberster disebut akan menggunakan sistem konektivitas berteknologi 5G dan fitur swakendali tingkat ke-3.

Sementara itu sistem penggerak elektriknya belum ada keterangan resminya. Tetapi kabarnya mobil ini akan memakai sistem penggerak elektrik buatan SAIC yang digunakan oleh mobil konsep E-Motion sports coupe yang diperkenalkan ke publik sejak 2017 lalu. Mobil listrik ini mampu memiliki daya jelajah sejauh 800 km. MG juga belum merilis keterangan apakah nantinya mobil sport dua penumpang beratap terbuka bertenaga listrik dari masa depan ini akan diproduksi dan dipasarkan secara masal. RIZKI SATRIA

Artikel yang direkomendasikan untuk anda